4 Ide Tekstur dan Motif Acian Dinding untuk Hunian Estetik

Kamis, 15 Juni 2023 | 14:40 WIB
0
121
4 Ide Tekstur dan Motif Acian Dinding untuk Hunian Estetik
Sumber: Canva.com

Apakah Anda pernah melihat motif acian dinding yang unik dan menarik? Semen dapat digunakan untuk menciptakan tekstur pada dinding sehingga bangunan terlihat lebih indah dan tidak membosankan.

Motif ini telah banyak diaplikasikan dalam bangunan di Indonesia. Jika Anda tertarik, Anda dapat mencoba salah satu tekniknya untuk meningkatkan estetika hunian Anda.

Baca Juga: Homogeneous Tile: Keunggulan, Pemasangan, dan Perawatan

Anda dapat menerapkan tekstur ini di bagian manapun, baik pada interior maupun eksterior. Pastikan Anda menggunakan semen berkualitas agar hasilnya maksimal.

Inspirasi Tekstur dan Motif Acian Dinding Minimalis

Jika Anda belum berani menerapkan motif yang rumit, Anda dapat mencoba tekstur yang sederhana. Meskipun sederhana, hasilnya tetap indah dan cocok untuk konsep hunian minimalis.

1. Tali Air atau Sulur-Sulur

Salah satu rekomendasi motif acian dinding sederhana adalah tali air atau sulur-sulur. Motif ini dapat dibuat dengan membentuk cekungan atau menambahkan plesteran dalam garis lurus.

Bahan yang umum digunakan adalah semen dan campuran pasir dengan proporsi lebih banyak semen. Komposisi ini akan menciptakan tekstur yang kasar namun tetap terlihat klasik.

Biasanya, teknik ini dilakukan dengan bantuan garpu. Anda dapat menggunakan garpu untuk menciptakan tekstur tali air atau sulur secara horizontal. Jangan lupa memasang tali sebagai panduan agar motif tidak miring.

2. Kamprot

Tekstur kamprot telah banyak digunakan dalam bangunan. Teknik ini cukup mudah, yaitu dengan melapisi dinding menggunakan plesteran kasar. Hasilnya terlihat keren dan umum ditemui di kafe-kafe.

3. Sapuan Kuas

Teknik ini sangat sederhana. Anda hanya perlu menggunakan kuas seperti melukis di atas kanvas untuk memberikan finishing pada dinding. Untuk hasil yang rapi, gunakan semen instan atau mortar.

4. Rol

Teknik rol juga cukup mudah seperti sapuan kuas. Anda hanya perlu menggunakan campuran acian yang encer agar mudah menyerap ke permukaan rol. Kemudian, terapkan pada dinding. Meskipun hasilnya terlihat rata, tetapi tetap ada tekstur pada permukaannya.

Baca Juga: 4 Ide Tekstur Motif Acian Dinding untuk Mempercantik Hunian

Demikian inspirasi tentang ide motif dan tekstur acian dinding hunian Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.