Kewirausahaan [23] Kebenaran Tentang Skema Piramida

Begitu beberapa orang di jaringan anda kehilangan uang untuk skema piramida ini, kabar menyebar dengan cepat yang menyebabkan kehilangan reputasi.

Jumat, 19 Juli 2019 | 18:01 WIB
0
169
Kewirausahaan [23] Kebenaran Tentang Skema Piramida
ilustr: LuckScout.com

Kewirausahaan telah menjadi mode. Banyak orang ingin menjadi wirausahawan dan membutuhkan ide dan sumber daya yang dapat mereka gunakan untuk menciptakan bisnis impian mereka. Kecenderungan ini telah dieksploitasi oleh banyak perusahaan di abad yang lalu. Jenis penipuan baru yang disebut "skema piramida" telah muncul. Para pelaku penipuan ini kebanyakan bermain di benak orang-orang yang mudah tertipu yang memiliki aspirasi tinggi tetapi entah bagaimana terjebak dalam kehidupan yang kasar.

Ini disebut "peluang bisnis" tidak lebih dari trik kepercayaan yang dirancang untuk menarik investor yang tidak waspada untuk berpisah dengan uang hasil jerih payah mereka. Masalah dengan skema piramida adalah bahwa mereka bukan penipuan langsung dan oleh karena itu tidak dapat dijabarkan oleh hukum. Kadang-kadang, beberapa perusahaan muncul menawarkan daya tarik uang cepat dan menipu jutaan dalam proses. Pada artikel ini, kita akan melihat skema piramida lebih dekat.

Tanda-Tanda Skema Piramida

  • Tidak Ada Penjualan Ritel di Luar Jaringan: Skema piramida dianggap sebagai bisnis yang sah. Mereka mengklaim memiliki semacam produk terobosan yang belum diakui oleh masyarakat arus utama tetapi akan segera. Namun, sebagai investor, orang harus memahami bahwa produk yang baik tidak hanya menjual dalam satu lingkaran tertutup. Produk yang bagus memiliki jaringan distribusi yang luas yang dijual di banyak titik distribusi. Skema piramida, di sisi lain, memiliki produk yang buruk. Produk-produk buruk tidak menjual di pasar yang bersaing dan karenanya membutuhkan penjualan pribadi dalam jaringan individu.
  • Produk Over Priced: Skema piramida sering melibatkan produk yang bukan arus utama. Mereka akan selalu memiliki beberapa teknologi yang mereka yakini lebih baik daripada pasar tetapi belum didengar oleh masyarakat luas. Produk mereka lebih dari harga dibandingkan dengan produk lain. Inilah yang membuat mereka payah.
  • Penekanan pada Perekrutan Distributor Baru: Dalam skema piramida, produk seringkali hanya alasan untuk meyakinkan orang bahwa bisnis itu sah. Produk tidak masalah sama sekali. Perusahaan menghasilkan uang ketika merekrut distributor baru yang membayar mereka. Karena alasan inilah perusahaan-perusahaan ini akan selalu mencari distributor baru. Perusahaan normal memerlukan sejumlah distributor setelah itu mereka percaya bahwa jaringan distribusi mereka jenuh.

Bagaimana Skema Piramida Merekrut Orang

  • Memulihkan Uang Anda Sendiri: Skema piramida tumbuh seperti zombie. Sampai seseorang belum menginvestasikan uangnya sendiri, mereka dapat menggunakan sejumlah akal sehat saat membuat keputusan. Namun, begitu mereka membayar dalam uang, mereka menyadari bahwa mereka ada dalam sup. Orang-orang ini biasanya terjebak dengan persediaan yang sulit dijual. Sekarang mereka sadar bahwa menjadi wirausahawan tidak semudah membeli keanggotaan! Mereka kemudian melanjutkan untuk melanggengkan teori bodoh yang lebih besar, mencoba menggunakan tipuan yang sama yang digunakan untuk membujuk mereka dan skema itu melanggengkan dirinya sendiri.
  • Fokus pada Lapisan Atas: Bentuk penting dari skema piramida pemasaran adalah fokus pada lapisan atas orang-orang yang berinvestasi dalam skema ini. Memang benar bahwa beberapa dari orang-orang ini memang menghasilkan banyak uang. Namun, piramida adalah struktur berat bawah. Jumlah orang di atas adalah sangat kecil 0,5% hingga 1% sedangkan sebagian besar terjebak di bagian bawah. Karena itu, fokus pada individu-individu tertentu menyesatkan.
  • Percaya: Skema piramida tidak akan bekerja dengan baik jika mereka dijual kepada anda oleh orang asing. Skema ini sebagian besar dijual oleh teman, keluarga dan orang yang dekat dan sayang. Mereka menambah kredibilitas pada proposal. Untuk alasan ini, orang akhirnya membeli klaim ini tidak peduli seberapa jauh mereka terlihat ketika dipikir-pikir.

Kebenaran tentang Skema Piramida

  • Investasi: Skema piramida tidak mendapatkan skema kaya cepat. Mereka membutuhkan banyak investasi dan kerja keras. Sering kali, biaya peluang yang melekat pada investasi membuat skema tersebut tidak dapat digunakan lagi. Investor menghitung keuntungan atau kerugian mereka berdasarkan biaya tidak langsung yang mereka keluarkan dan sama sekali tidak memperhitungkan kehilangan peluang.
  • Biaya Waktu: Skema piramida mengharuskan orang untuk bekerja berjam-jam tambahan setelah pekerjaan harian mereka. Mereka tidak dibayar untuk bekerja dengan jam tambahan ini. Jika mereka memperhitungkan jumlah jam kerja mereka dan mempertimbangkan tingkat upah normal, mereka akan melihat bahwa pendapatan yang dihasilkan dari skema ini sangat kecil dan tidak sepadan dengan usaha.
  • Biaya Lainnya: Skema piramida biasanya melibatkan seminar jaringan mahal. Ada juga biaya yang terkait dengan sosialisasi. Orang-orang bertemu di restoran untuk menjelaskan apa yang mereka sebut proposal bisnis dan akhirnya membeli makanan untuk calon pelanggan mereka. Semua ini menambah investasi yang sudah sangat besar yang telah dibuat.

Secara keseluruhan, skema piramida adalah tipuan. Mereka mentransfer kekayaan dari orang-orang di bawah ke orang-orang di atas. Skema ini bekerja buruk untuk sebagian besar orang dan hanya bekerja dengan baik untuk segelintir orang.

Juga, ada biaya besar yang terkait dengan hilangnya rasa hormat. Begitu beberapa orang di jaringan anda kehilangan uang untuk skema piramida ini, kabar menyebar dengan cepat yang menyebabkan kehilangan reputasi.

***
Solo, Jumat, 19 Juli 2019. 5:30 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko