Bajaj Coffee Story [3] "Modification Made Perfect"

Kadang keberanian tidak bisa dikalkulasi dengan uang atau materi, sebab hanya orang-orang yang berani mencoba sajalah kamus sukses akan menjadi miliknya.

Kamis, 12 November 2020 | 07:55 WIB
0
116
Bajaj Coffee Story [3] "Modification Made Perfect"
Yoga Nugraha dan Bajaj Street Coffe (Foto: Pepih Nugraha)

Bajaj adalah kendaraan umum roda tiga buatan India. Kawanan Bajaj yang umumnya bercat oranye sempat menyesaki ruas-ruas jalan Jakarta. "Bajaj" dan "Naik Bajaj" masih berkonotasi miring, dari rasa bahasa terkesan negatif, bahkan sampai saat ini.

Itu kalau Bajaj dibiarkan seperi apa adanya. Berbeda kalau Bajaj sudah mendapat sentuhan khusus atas nama modifikasi. Pengertian modifikasi bernada positif, yakni dari yang biasa diubah menjadi tampak luar biasa. Modifikasi sebagaimana berdandan butuh dana, besarnya dana yang dikeluarkan menjadi relatif manakala melihat hasil modifikasi itu sendiri.

Kosongan Bajaj konon "hanya" seharga Rp30 jutaan, tetapi ketika sudah mendapat sentuhan modifikasi, sebagaimana dijelaskan Yoga Nugraha, pengelola "mobile cafe" Bajaj Mapan di Tasikmalaya, setidaknya harus merogoh uang dua kali lipat harga Bajaj itu sendiri, plus untuk keperluan brand "Coffee Street Bajaj Mapan".

Modifikasi untuk maksud mencari terobosan inovasi memang ada harganya.

Akan tetapi, harga ini adalah "ongkos produksi" yang harus dihitung, sehingga nanti bisa ketemu kapan akan mencapai BEP (titik impas) dan kapan akan menuai untung setelahnya Berapa cangkir yang harus dijual setiap hari, berapa biaya untuk membayar gaji barista, membeli kopi, susu, gula dan lain-lain, semua ada hitung-hitungan bisnisnya. Butuh waktu, perlu kesabaran.

Yang berharga adalah keberanian untuk mencobanya, mewujudkan inovasi menjadi sebuah kenyataan. Kadang keberanian tidak bisa dikalkulasi dengan uang atau materi, sebab hanya orang-orang yang berani mencoba sajalah kamus sukses akan menjadi miliknya.

Yuk ngopi dulu, Bro!

(Tamat)

***

Tulisan sebelumnya: Bajaj Coffee Story [2] "Nil Novi Sub Sole"