Jalur Anugerah Gedebog Pisang

Terimakasih wahai gedebok pisang. Ternyata engkau sumber kehidupan yang selama ini tak terhiraukan.

Minggu, 3 April 2022 | 06:41 WIB
0
67
Jalur  Anugerah Gedebog Pisang
Gedebog pisang (Foto: dok. pribadi)

Begitu banyak anugerah diberikan kepada negeri ini. Ini kesimpulan saya selama seminggu berjalan berkeliling menatapi pohon pisang yang tumbuh di banyak perkampungan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bayangkan, pisang yang tumbuh liar saja, dapat memberi manfaat pada begitu banyak orang. Lapisan batang pohonnya, menjadi sangat bermanfaat setelah dikeringkan dan diolah menjadi bahan baku produk kerajinan dan seni--dijadikan tali satu pilin (single twist), dua pilin (double twists), tiga pilin (triple twists), dan akhirnya dianyam menjadi beragam produk kerajinan dan seni ramah lingkungan.

Anugerah Tuhan dari pohon pisang ini, ternyata begitu melimpah. Saya tak menyangka, gedebok pisang itu telah menjadi sumber rizki begitu banyak orang, dari warga sederhana yang hidup di rumah rumah perkampungan, hingga para pengrajin, seniman, penyalur, dan para exportir. Semua kebagian.

Saat ini, nampaknya produk produk berbahan alami akan menjadi primadona. Dunia nampak bergerak untuk kembali ke alam dan mulai menjauh dari barang barang unorganik, berkandungan kimia yang sulit terurai. Semoga ini pertanda baik bagi warga desa yang selama ini kurang mendapat perhatian.

Terimakasih wahai gedebok pisang. Ternyata engkau sumber kehidupan yang selama ini tak terhiraukan.

***