Pacari, Jangan Nikahi

Co-branding McDonalds transaksional. Co-value Rockets Indonesia itu kasual.

Kamis, 10 Juni 2021 | 12:48 WIB
0
55
Pacari, Jangan Nikahi
BTS (Foto: pikiran-rakyat.com)

Gampang untuk menebak. McDonalds Indonesia pasti harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menebus artis Korea sekaliber BTS.

Kontrak promosi penjualan ritel via "co-branding" dua entitas. Bisnis makanan x bisnis hiburan. Oleh McDonalds dipasarkan dalam menu BTS Meal.

Secara rasional adakah nyambungnya pernikahan kedua entitas ini? Terus terang, kagak ada nyambung-nyambungnya. Karena itu mah gak penting.

Yang dibutuhkan oleh McDonalds adalah impak emosional. Jenama bisnisnya memang berasal dari Amerika. Tetapi strategi "familiarization" rasa Asia kini menjadi mustahak.

Itu semua demi mengelus hati calon konsumen lokal. Sekarang memang lagi ngaceng nya Abad Asia toh!

Bagaimana para pelaku bisnis UMKM melihat impak "co-branding" ini?

Tentu modal kapitalnya gak murah, bukan? Ya, itulah konsekuensi bisnis yang memilih menikahi entitas lain. Entitas influencer nan mahal sekaliber supergrup BTS.

Saya jadi ingat dengan pilihan gerai saya, Rockets Indonesia berhubungan dengan puluhan artis. Saya lebih memilih untuk memacari. Dibanding harus menikahi.

Promosi gerai saya melalui endorsemen para artis, bener-bener seperti orang pacaran. Kalau suka dengan konsep wardrobe gerai saya, silakeun pakai saya. Tapi kalau gak suka, tinggalkan saya.

Saya menyebutnya sebagai "co-value". Ini sama sekali bukan relasi transaksional, seperti "co-branding" nya McDonalds x BTS. "Co-value" itu relasinya kasual. Gak ada ikatan kontrak. Sama persis seperti pacaran.

Kalau kerjasamanya udah gak cocok, ya putus aja. Bubar jalan. No hurt feeling !

Selama ini, saat gerai saya mengendorse Sheila on 7, Jamrud, Project-Pop, Uya Kuya, T-Five, Saykoji, Iwa K, Samsons, God Bless, Komeng, Taufik Savalas, Boomerang, Too Phat, Neo, Guy Sebastian (Australian Idol), dll semua konsepnya pacaran. Karena suka sama suka.

Co-branding McDonalds transaksional.

Co-value Rockets Indonesia itu kasual.

**

.