Perbaikan Ekosistem Investasi

Negara-negara pesaing kita berlomba-lomba berbenah dengan tawaran yang lebih menarik untuk investasi. Kita juga harus berbenah dengan perbaikan secara menyeluruh

Sabtu, 14 September 2019 | 08:14 WIB
0
293
Perbaikan Ekosistem Investasi
Investasi menjadi fokus (Foto: Facebook/Presiden RI Joko Widodo)

Selamat pagi...

Di dalam sebulan ke depan, saya ingin menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan ekosistem investasi.

Pekan lalu saya telah meminta kepada seluruh kementerian terutama yang berkaitan dengan ekonomi untuk mengiventarisasi semua regulasi yang menghambat, yang memperlambat investasi, khususnya foreign direct investment (FDI).

Kepada setiap kementerian yang berhubungan dengan investasi, agar menginventarisasi perusahaan-perusahaan mancanegara yang sudah berkomitmen untuk menanamkan investasinya di negara kita namun terlambat realisasi karena mengalami kendala di lapangan.

Saya minta dicek satu per satu, masalahnya ada di mana, sumbatannya mana, agar kita buka.

Kita perlu bekerja cepat. Dalam lima tahun ini memang sudah ada peningkatan ease of doing business, peringkat daya saing kita naik, dan mulai penyederhanaan perizinan lewat OSS (online single submission) tapi faktanya itu belum cukup.

Kita harus bisa lebih cepat lagi.

Negara-negara pesaing kita berlomba-lomba berbenah dengan tawaran yang lebih menarik untuk investasi. Kita juga harus berbenah dengan perbaikan secara menyeluruh, dari tingkat pusat sampai ke kabupaten dan kota.

***