Kesalahan yang Membuat Investasi Emas Anda Beresiko

Sebagai komoditas yang diperdagangkan membuat harga emas justru fluktuatif untuk jangka pendek. Hal ini dipengaruhi oleh suku bunga serta keadaan ekonomi secara global.

Kamis, 7 Oktober 2021 | 09:57 WIB
0
126
Kesalahan yang Membuat Investasi Emas Anda Beresiko
https://www.agincourtresources.com/

Hal ini sebanding dengan keuntungan yang dihasilkan, lebih kecil namun jauh lebih aman bagi investor pemula. Selain itu harga selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Keuntungan dari kenaikan harga akan sangat terasa jika dibandingkan dengan dividen.

Namun, di balik banyaknya keuntungan yang ditawarkan, Anda tetap harus memahami tentang risikonya. Tidak ada jaminan 100% kalau emas itu aman sehingga harus dipahami terlebih dahulu seberapa besar risiko investasi emas tersebut.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Emas untuk Pemula, Gukanan Trick Ini!

Kesalahan yang Membuat Risiko Investasi Emas Semakin Besar yang Sebaiknya Dihindari
Banyak investor melakukan kesalahan yang membuat keuntungan dari investasi ini tidak bisa maksimal. Simak apa saja kesalahan yang kerap kali dilakukan sehingga menyebabkan risiko berinvestasi emas semakin besar berikut ini.

1. Tidak Memiliki Tujuan Pasti

Banyak orang tidak memperhatikan risiko investasi emas karena tujuannya hanya untuk mendapatkan untung. Mereka sangat percaya jika emas menjadi pilihan paling aman sehingga tanpa tujuan sekalipun pasti untung. Padahal tanpa memiliki tujuan yang pasti membuat langkah Anda dalam mengambil keputusan sangatlah sulit.

Anda bukan sedang berinvestasi sebagai seorang investor namun hanya melakukan transaksi pembelian dan penjualan saja. Kesalahan seperti ini kerap kali tidak disadari dan baru akhirnya akan menyesal setelah tidak merasakan keuntungan yang diinginkan. Jangan biarkan hal seperti ini Anda lakukan jika tidak ingin mengalami kerugian.

2. Tidak Memantau Pergerakan Emas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli emas sangat penting mengetahui tentang pergerakan harga dan  segala informasi tentang emas sangat penting. Lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui berapa harga beli dan harga jual agar bisa memprediksi risikonya. Jangan sampai Anda membeli dengan harga lebih tinggi sehingga menyebabkan kerugian dari awal melakukan investasi. 

3. Kesulitan Mengelola Keuangan Pribadi

Tidak mampu mengelola keuangan secara bijak menjadi kesalahan paling umum dan paling sering dilakukan. Anggapan kalau investasi bisa menggunakan uang mana saja jelas salah karena akan mengganggu keuangan Anda. Jika cash flow dalam keadaan positif tentu tidak akan kesulitan dalam melakukan investasi apapun, termasuk meminimalisir risiko investasi emas. Namun jika cash flow berada pada posisi negatif tentu saja investasi yang dilakukan tidak menjadi maksimal.

4. Salah Dalam Memilih Platform

Saat ini banyak kemudahan untuk menabung emas dengan memanfaatkan platform online. Tersedia banyak platform namun Anda harus benar-benar bijak dalam menentukan pilihan agar bisa merasakan keuntungan investasi. Kesalahan umum para investor adalah sembarangan dalam memilih platform jual beli emas secara online. Seharusnya memilih platform yang memang sudah terdaftar di OJK agar mendapatkan jaminan keamanan berinvestasi dan dapat meminimalisir risiko investasi emas, misalnya.

Baca Juga: Investasi Emas atau Reksadana, Pelajari Perbedaannya!

5. Menjadikan Investasi Emas untuk Jangka Pendek

Jika Anda ingin menjadikan emas sebagai investasi jangka pendek sebaiknya dipertimbangkan lagi. Meskipun harganya cenderung mengalami kenaikan dalam beberapa tahun ke depan namun untuk jangka pendek hal ini jarang terjadi. Sebagai komoditas yang diperdagangkan membuat harga emas justru fluktuatif untuk jangka pendek.

Hal ini dipengaruhi oleh suku bunga serta keadaan ekonomi secara global sehingga perlu dipertimbangkan ulang. Emas sangat cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena keuntungan yang didapatkan dari kenaikan harga. 

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek disini. Demikian penjelasan yang saya berikan, semoga bermanfaat!

***