Kewirausahaan [16] Mengapa Wirausahawan Harus Oportunis dan Mampu Kendalikan Masa Depan?

Larry Paige dan Eric Schmidt yang segera setelah pasar berubah dengan Resesi 2008 mampu mengubah strategi bisnis mereka sehingga Google melakukan diversifikasi.

Kamis, 4 Juli 2019 | 23:14 WIB
0
867
Kewirausahaan [16] Mengapa Wirausahawan Harus Oportunis dan Mampu Kendalikan Masa Depan?
ilustr: Stars Portraits

Wirausahawan Harus Menjadi Oportunis

Istilah oportunis sering digunakan untuk merujuk pada seseorang yang seharusnya mengubah posisi mereka dan berdiri tergantung pada keadaan. Memang, ketika seseorang mengatakan bahwa orang lain adalah oportunis, biasanya dalam arti negatif di mana orang lain dikategorikan sebagai individu yang tidak dapat dipercaya.

Namun, sejauh menyangkut wirausahawan, mereka perlu merebut peluang dan berubah seiring waktu serta memanfaatkan peluang bisnis saat mereka muncul dan memanfaatkan perubahan tren pasar dan perilaku konsumen. Memang, tidak ada yang salah dengan seorang wirausahawan yang menjadi oportunis karena ia diharapkan menghasilkan uang untuk investor mereka dan juga diri mereka sendiri.

Lebih lanjut, ini juga merupakan kasus bahwa wirausahawan harus menjadi "bunglon" seperti makna bahwa mereka harus dapat berubah dengan tren pasar yang berubah dan memastikan bahwa usaha mereka tetap kompetitif.

Cara ke Sana Dini dan Merasakan Masa Depan

Selain itu, wirausahawan harus dapat "sampai di sana dini" dan "merasakan masa depan" yang berarti bahwa mereka harus selalu mencari peluang baru untuk menumbuhkan bisnis mereka dan membuat jerami sementara matahari bersinar. Menuju ke sana lebih awal berarti wirausahawan harus mengikuti perubahan pasar eksternal dan menyesuaikan strategi bisnis mereka.

Selain itu, bersaing dengan orang lain berarti bahwa keunggulan kompetitif hanya diperoleh ketika wirausahawan mampu merasakan tren pasar dan mengubah perubahan dengan lebih baik daripada rekan dan saingan mereka.

Oleh karena itu, para wirausahawan harus benar-benar memanfaatkan peluang yang muncul dan karenanya, mereka harus gesit untuk tidak meninggalkan armada karena mereka berusaha untuk mempertahankan daya saing mereka dan meningkatkan nilai bisnis mereka. Untuk semua alasan ini, kami merasa bahwa wirausahawan harus menjadi oportunis yang dapat bersaing dengan sampai di sana lebih awal.

Angsa Hitam dan Wirausahawan

Selain itu, wirausahawan harus dapat bertanggung jawab atas makna masa depan mereka bahwa "Angsa Hitam" dan peristiwa berdampak tinggi dan probabilitas rendah lainnya tidak boleh mengguncang mereka atau bisnis mereka.

Istilah Angsa Hitam telah diciptakan oleh pakar terkenal tentang penginderaan masa depan dan perencanaan probabilistik, Nicholas Naseem Taleb untuk merujuk pada dislokasi mendadak dan peristiwa tak terduga yang berpotensi mengejutkan semua orang dan menyebabkan kerusakan maksimum.

Misalnya, ketika pasar jatuh atau peristiwa geopolitik dan sosiopolitik yang tiba-tiba terjadi, para wirausahawan tidak boleh terkejut dan sebaliknya, berada dalam posisi untuk “keluar dari badai” atau bahkan lebih baik lagi, dapat merasakan bahwa “ tanah bergetar di bawah kaki mereka ”dan mempersiapkan serta menyusun strategi yang sesuai.

Selain itu, mereka juga harus bisa "menunggangi ombak masa depan" dengan mengintip ke cakrawala dan merasakan kapan ombak akan menghantam pantai.

Era Gangguan Menyerukan Pendekatan yang Inovatif dan Inventif

Kita hidup di zaman gangguan ketika usia rata-rata perusahaan dalam hal umur panjang mereka telah turun dari sekitar 50 tahun setelah Perang Dunia Kedua menjadi 18 tahun saat ini.

Selain itu, perubahan teknologi eksponensial berarti bahwa perusahaan seperti Blackberry dan Nokia yang merupakan pemimpin pasar beberapa tahun yang lalu tidak ada dalam perhitungan sekarang.

Terlepas dari ini, dengan globalisasi dan pembentukan "desa global" di mana telekomunikasi berarti "kematian jarak dan waktu" di mana setiap orang dari mana-mana bersaing dengan siapa pun dari mana pun berarti bahwa wirausahawan harus mengembangkan kemampuan berpikir global dan bertindak lokal sehingga bahwa perubahan global tidak menyapu bersih mereka dan gangguan lokal tidak menyebabkan dislokasi dan penutupan usaha mereka.

Seperti yang dapat dilihat dari poin yang dibuat sejauh ini, wirausahawan memang harus Glocal dalam pendekatan mereka serta dapat memanfaatkan peluang dan memanfaatkan tren pasar yang berubah dengan cepat.

IPhone atau Telepon Jesus sebagai Contoh Game Mengubah Visi

Lebih lanjut, kombinasi antara oportunistik dan kontrol atas masa depan mereka berarti bahwa para wirausahawan juga harus visioner dan berpandangan jauh ke depan. Misalnya, tidak ada yang mengantisipasi bahwa Telepon Seluler dapat menjadi Asisten Pribadi Virtual serta meja kerja dengan cara yang mendiang Steve Jobs yang legendaris bayangkan dan membawa revolusi Smartphone dengan menciptakan iPhone yang disebut "Telepon Yesus" untuk fitur penghancur pasarnya yang hanya mengubah dan merevolusi pasar komputasi mobile.

Dengan cara yang sama, tidak ada yang bisa mengira bahwa Personal Computer dapat menggantikan banyak tugas rutin di kantor dengan mengotomatiskannya dan menempatkan kekuatan komputasi pada setiap desktop dengan cara yang dilakukan Bill Gates dari Microsoft.

Pelajaran dari kisah sukses para wirausahawan ini adalah bahwa mereka tidak hanya mampu menciptakan peluang dan menjadi oportunistik, mereka juga mengendalikan masa depan mereka, di mana mereka dapat merasakan masa depan serta memanfaatkan proses-proses yang saling bersilangan dari komputasi, perubahan teknologi, dan perubahan proses di tempat kerja.

Kesimpulan

Akhirnya, wirausahawan harus mampu beradaptasi dan mengadopsi diri dengan booming dan busting berkala di pasar.

Sebagai contoh, ada wirausahawan seperti Google Larry Paige dan Eric Schmidt yang segera setelah pasar berubah dengan Resesi 2008 mampu mengubah strategi bisnis mereka sehingga Google melakukan diversifikasi serta mengkonsolidasikan posisi pasarnya dengan inovasi dan penemuan dan dengan demikian, melarikan diri menjadi korban dari perubahan pasar.

Untuk menyimpulkan artikel itu, adalah pandangan kami bahwa menjadi seorang oportunis tidak ada salahnya bagi wirausahawan selain mereka dapat mengendalikan masa depan.

***
Solo, Kamis, 4 Juli 2019. 10:57 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko