Esemka Sudah Dikerjakan oleh Industri Tanpa Campur Tangan Pemerintah

Minggu, 28 Oktober 2018 | 23:21 WIB
0
243
Esemka Sudah Dikerjakan oleh Industri Tanpa Campur Tangan Pemerintah
Presiden Joko Widodo (Foto: Agus Suparto)

Sejak jadi Wali Kota Solo sampai jadi Presiden, para jurnalis tetap menanyai saya mengenai perkembangan mobil Esemka. Kemarin pun saya ditanyai soal ini.

Begini...

Mobil Esemka dulu itu produk uji coba dari anak-anak SMK di Surakarta dibantu oleh beberapa teknisi dari perusahaan-perusahaan besar. Sebagai wali kota tentu saya mendorong upaya anak-anak kita ini, termasuk mendukung agar Esemka bisa berlanjut ke tahap berikut seperti uji emisi dan mendapatkan status layak jalan.

Selanjutnya, setelah memenuhi sejumlah aspek, Esemka akan beralih menjadi properti industri yang tak terkait dengan pemerintah.

Tugas pemerintah hanya mendorong, tidak ada kaitannya dengan kepentingan apa pun. Setelah jadi ya diserahkan kepada industri.

Seperti saat ini, Esemka sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh oleh industri tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya. Tentu bukan Presiden yang buat pabrik sendiri dan bikin mobil Esemka sendiri.

Jaket Bandung

Jaket warna terakota yang saya kenakan ini bermerek lokal, buatan Bandung. Saya menemukannya di salah satu gerai pameran di acara IdeaFest 2018 di Jakarta, kemarin. Bisa jadi jas hujan, bisa juga dipakai kalau sedang tidak hujan.

Bukan karena itu saja sebetulnya. Selain karena memang suka, jaket ini produk lokal sebagaimana jaket-jaket yang saya sudah punya. Ada jaket bomber, jaket merah dan hitam yang saya pakai saat Asian Games 2018, jaket denim saat mengendarai sepeda motor, dan beberapa jaket lain. Semua buatan anak-anak muda Indonesia.

Kita memang tidak berkekurangan produk karya anak bangsa yang berkualitas, trendy, dan dikemas dengan baik. Seperti jaket berwarna terakota ini, yang saya beli dan langsung pakai ke arena IdeaFest 2018.