Apa itu Aplikasi Customer Relationship Management? Berikut Penjelasannya

Bukan hanya bagus untuk mendukung berbagai tugas utama dari para tim, berbagai pengurusan dokumen, seperti kontrak, quotation, dan sebagainya bisa didapatkan melalui peranan aplikasi customer relationship management ini.

Kamis, 28 April 2022 | 15:58 WIB
0
22
Apa itu Aplikasi Customer Relationship Management? Berikut Penjelasannya
Aplikasi Customer Relatonship Management (CRM)

Apakah Anda telah familiar dengan aplikasi CRM? Kalau belum, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu aplikasi CRM secara komprehensif. Aplikasi CRM atau Customer Relationship Management adalah aplikasi yang digunakan untuk memadukan sebuah proses, manusia, dan teknologi.

Lebih tepatnya, dengan aplikasi CRM sebuah perusahaan dapat menjalankan strategi bisnis yang menyeluruh. Mulai dari menarik prospek penjualan, mengkonversinya menjadi pelanggan, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, hingga membuat pelanggan merasa puas dan loyal atas produk atau jasa yang ditawarkan.

Tentunya, kehadiran aplikasi ini tentunya menguntungkan perusahaan, karena meningkatkan efektifitas dari beragam strategi yang dibuat dalam satu aplikasi saja. Contoh aplikasi CRM yaitu Cakram Omnichannel. Cakram Omnichannel bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan, yang mana fitur-fiturnya adjustable.

Dalam satu aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan reporting calon customer, monitoring, hingga pengambilan keputusan berdasarkan data.

6 Manfaat Aplikasi CRM untuk Pebisnis

Tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan saja, tetapi CRM juga memiliki ragam manfaat lainnya. Berikut enam manfaat dari CRM yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kinerja Sales

Dengan CRM, kinerja sales meningkat melalui layanan app otomatis setiap saat untuk melayani konsumen. Tak hanya itu, perusahaan bisa mengetahui rating pembeli, mulai dari kelas tertinggi hingga kelas terendah.

Uniknya, aplikasi ini juga dapat mendeteksi berbagai pesan belum terbaca. Peranan aplikasi customer relationship management juga berfungsi sebagai sarana perusahaan mendeteksi kapan seharusnya upselling diberlakukan.

Berdasarkan catatan riwayat percakapan antara pembeli dan CS, akan ada kesimpulan akhir yang menegaskan strategi pasar bisnis selanjutnya.

2. Meningkatkan Keuntungan dan Efisiensi

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan keuntungan serta efisiensi. Hal ini dikarenakan aplikasi ini memberikan dukungan terhadap akuntansi, inventarisasi, serta penjualan dalam satu sales pipelines.

Berbagai kelebihan dari aplikasi CRM tersebut menjadi salah satu sarana untuk membuat bisnis semakin maju. CRM memberikan kesempatan untuk meningkatkan keuntungan dan menurunkan mobilitas sales. Artinya, perusahaan memiliki kesempatan meraih keuntungan lebih besar dengan memanfaatkan teknologi.

3. Membantu Menentukan Keputusan

Berdasarkan isi keluhan maupun pertanyaan dari pelanggan di app bersangkutan, akan menjadi bahan pertimbangan yang memudahkan pebisnis dalam mengambil keputusan. Keputusan final tersebut merupakan hasil dari seluruh diskusi antara konsumen dengan CS.

Baca Juga: Langkah-Langkah Proses Implementasi Customer Relationship Management

4. Mengamankan Semua Data

Karena sistem customer relationship management ini terfokus pada satu server, semua data dapat tersimpan secara lebih aman. Satu server data juga memudahkan pebisnis dalam menganalisis seluruh kebutuhan pelanggan serta sebagai alat memperbaiki pelayanan.

Adanya satu server yang terintegrasi untuk semua data utuh memudahkan pebisnis dalam menarik kesimpulan. Dibandingkan mengambil simpulan dari data tersebar di berbagai server, sistem komunikasi customer relationship management ini jauh lebih efisien.

5. Memudahkan Para Pekerja Lapangan

Semua pelanggan yang menggunakan aplikasi CRM tentu akan secara otomatis memberikan informasi terkait kontak mereka. Hal ini sangat membantu sales lapangan dalam bekerja secara efektif. Semakin detail data didapatkan, semakin besar peluang goal penjualan.

Sehingga, bukan hanya membantu kinerja sales, tetapi juga berpengaruh bagi para pekerja lapangan lainnya. Contoh, ketika bisnis mengadakan giveaway atau event tertentu. Penentuan lokasi dan siapa tamunya akan jauh lebih efektif karena data di CRM.

6. Membantu Menyelesaikan Tugas Tambahan

Bukan hanya bagus untuk mendukung berbagai tugas utama dari para tim, berbagai pengurusan dokumen, seperti kontrak, quotation, dan sebagainya bisa didapatkan melalui peranan aplikasi customer relationship management ini.

Tentunya, keuntungan dan manfaat penggunaan aplikasi customer relationship management di atas dapat memberikan kemudahan bagi pebisnis maupun pelanggan. Salah satu perusahaan yang menyediakan aplikasi CRM (customer relationship management) yaitu Barito Integra Teknologi (BIT). BIT merupakan perusahaan IT solution yang memiliki beragam jenis solusi IT yang adjustable untuk berbagai industri.

Baca Juga: Pengenalan HTML Dasar untuk Pemula

Anda dapat menggunakan aplikasi CRM Cakram Omnichannel dari BIT untuk meningkatkan keefektifan kinerja perusahaan Anda. Kunjungi laman aplikasi Chakram Omnichannel untuk informasi mengenai spesifikasi aplikasi. Jika Anda tertarik dengaan info terkait dunia CRM atau bisnis, kunjungi blog kami