Bagaimana Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri? Berikut Ulasannya

Senin, 13 November 2023 | 20:29 WIB
0
14
Bagaimana Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri? Berikut Ulasannya
Kursor

Kursor Bergerak Sendiri terkadang bisa terjadi pada PC atau laptop dengan sistem operasi Windows. Kami secara pribadi telah mengalami masalah ini beberapa kali. Kursor di desktop tiba-tiba berpindah dengan sendirinya, padahal kami tidak menggerakkan posisi mouse.

Dilihat dari segi penggunaannya, masalah seperti ini sering terjadi. Apalagi saat menggunakan aplikasi tertentu seperti game. Lalu, apa saja penyebab masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan kita bahas di sini.

Penyebab Kursor Bergerak Sendiri

Ada beberapa penyebab mengapa kursor di PC atau laptop bisa bergerak sendiri. Yang paling umum adalah karena kerusakan pada sistem. Misalnya ada data sistem yang korup atau sejenisnya sehingga membuat sistem berjalan tidak stabil. Lalu ada juga masalah komponen. Seperti mouse yang bermasalah, touchpad yang error dan sejenisnya. Bahkan listrik pun bisa mempengaruhi kursor yang bergerak sendiri.

Beberapa Cara Mengatasi Kursor Begerak Sendiri

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memeriksa penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut kita bahas dibawah ini:

Cek Charger Atau Baterai Laptop

Jika kursor bergerak sendiri saat laptop sedang di-charge, kemungkinan besar ada masalah kelistrikan. Biasanya hal ini disebabkan oleh charger laptop yang Anda gunakan bukan bawaannya. Jadi tegangan yang dihasilkan berbeda dengan charger asli dari laptop.

Jika Anda masih menggunakan charger bawaan, ada kemungkinan charger tersebut rusak. Jadi untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama Anda harus mencoba menggunakan charger aslinya. Jika rusak silahkan ke service center atau beli charge di toko online resmi dari produsennya.

Nonaktifkan Touchpad

Khusus untuk laptop, jika menggunakan mouse tambahan, sebaiknya nonaktifkan saja touchpadnya. Biasanya cara ini bisa membantu mengatasi masalah kursor bergerak secara tiba-tiba. Apalagi jika touchpadnya mulai rusak.

Ada berbagai cara untuk menonaktifkan touchpad. Namun Anda bisa menggunakan tombol kombinasi yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Jika tidak bisa, silakan cari di internet dan sesuaikan sendiri tombol kunci touchpad.

Cek Mouse Yang Digunakan

Saat menggunakan mouse ini kalian juga harus memperhatikannya. Terutama kabelnya, pastikan tidak kusut atau tertekuk. Lalu, coba pindahkan mouse USB ke port lain. Termasuk jika Anda menggunakan mouse nirkabel. Biasanya cukup berpengaruh. 

Secara pribadi, kursor pada mouse nirkabel bergerak sendiri, biasanya karena baterainya bermasalah. Terakhir kalian juga bisa mencoba menggunakan mouse lain, untuk mengetes apakah mouse lama tersebut rusak atau tidak.

Periksa Mousepad Yang Digunakan

Kebanyakan orang ketika menggunakan mouse pasti juga akan menggunakan mousepad. Fungsinya untuk menambah kenyamanan penggunaan mouse. Namun di sini Anda perlu memeriksa apakah mousepad tersebut cocok atau tidak. Karena ada beberapa jenis bahan mousepad yang tidak cocok untuk mouse. Hal ini berdampak pada kursor yang bergerak sendiri tanpa kita sadari.

Restart Komputer Atau Laptop Anda

Selain perangkat, masalah sistem yang bersifat sementara juga bisa menjadi penyebab kursor bergerak sendiri. Apalagi jika masalah tersebut muncul ketika Anda sudah menggunakan komputer atau laptop dalam waktu lama. Cara restart bisa dilakukan seperti biasa. Namun lebih baik lagi, Anda mematikan komputer terlebih dahulu, lalu menyalakannya setelah beberapa menit.

Update Windows

Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat mencoba mengupdate Windows ke versi terbaru. Coba periksa apakah ada versi terbaru yang dapat diinstal. Jika ada, langsung saja instal pembaruannya. Karena update seperti ini biasanya akan mengembalikan semua pengaturan dasar ke posisi semula. Termasuk memperbaiki permasalahan yang sering terjadi seperti kursor bergerak sendiri di laptop.

Selain itu, update seperti ini umumnya juga dilengkapi dengan berbagai macam perbaikan bug yang akan membuat sistem operasi Anda menjadi lebih baik lagi. Dan jika laptop anda memungkinkan, update Windows ke versi terbaru yaitu Windows 11 atau versi yang saat ini cukup stabil yaitu Windows 10.

Install Ulang PC Atau Laptop Anda

Anda dapat mengatasi masalah sistem yang membuat kursor bergerak sendiri dengan menginstal ulang sistem. Dengan cara ini, dijamin kursor akan kembali normal, dan tidak lagi bergerak sendiri. 

Masalah perpindahan kursor disebabkan oleh sistem, umumnya kursor akan normal ketika Anda berada di halaman instalasi sistem. Atau jika Anda menggunakan laptop dengan RAM tinggi, maka Anda bisa mengecek apakah kursor bergerak atau tidak.

Servis PC Atau Laptop

Jika cara-cara di atas masih belum berhasil, maka ada kemungkinan komponen-komponen pada komputer atau laptop mengalami kerusakan. Untuk laptop biasanya masalahnya ada pada kabel penghubung touchpad yang mengarah ke motherboard atau port USB.

Sedangkan pada komputer, masalahnya biasanya terletak pada port USB motherboard, atau catu daya yang tidak stabil. Tentu saja solusi yang paling mudah adalah dengan membawa komputer atau laptop Anda ke service center. Jadi Anda bisa memeriksanya lebih lanjut.

Demikian ulasan artikel tentang Bagaimana Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri seperti yang dilansir alexistogel totomacau. Semoga bermanfaat.