Begini Cara Memulai Bisnis Apotek yang Menjanjikan

Untuk menjadi sukses dalam bisnis apotek Anda, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan strategi bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kamis, 7 April 2022 | 11:20 WIB
0
74
Begini Cara Memulai Bisnis Apotek yang Menjanjikan
Sumber: Data Internal Penulis

Tidak hanya seorang apoteker yang dapat membangun bisnis apotek.

Banyak yang percaya bahwa bisnis apotek hanya bisa dimiliki oleh seorang apoteker. Sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan non-apoteker pun bisa sukses  di bidang kefarmasian ini.

Namun apoteker harus tetap bertanggung jawab terhadap sebuah apotek agar dapat melakukan pengawasan secara hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dalam hal kesehatan, bisnis apotek menawarkan peluang sukses yang menjanjikan.

Baca Juga: Ternyata Usaha Apotek Menjanjikan, Begini Cara Memulainya

Cara dan Kiat Memulai Usaha Apotek

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memulai bisnis apotek.

1. Rencanakan Jenis Obat yang Dijual

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan obat yang ingin Anda jual. Mungkin, pada tahap awal Anda tidak dapat menyiapkan ketersediaan jenis obat yang lengkap pada awalnya. Untuk itu, perlu disediakan obat yang tepat berdasarkan banyaknya kebutuhan pasar.

2. Rencanakan dan Tentukan Modal Usaha 
Bisnis apotek tidak akan berjalan tanpa modal materi. Sebelum Anda mengeluarkan modal, Anda perlu merencanakan strategi bisnis Anda. Jika Anda memiliki modal terbatas, tidak ada salahnya memulai bisnis apotek dari skala kecil.

3. Tentukan Lokasi Toko atau Apotek 

Keakuratan pilihan lokasi Anda akan menentukan keberhasilan bisnis apotek Anda. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang padat penduduk dan mudah dijangkau. Hindari lokasi bisnis terlalu dekat dengan pesaing Anda.

4. Temukan Penyalur Obat Resmi

Untuk mendapatkan obat dan bahan obat dengan harga murah, Anda perlu mencari bandar obat resmi. 

Sangat sulit bagi pendatang baru untuk menemukan pemasok dan grosir secara langsung. Tidak ada salahnya bekerja sama dengan apotek besar lainnya atau bekerja sama dengan perusahaan yang sudah mapan untuk pengadaan obat-obatan.

5. Rekrut Tenaga Kerja Profesional

Apotek harus beroperasi di bawah tanggung jawab apoteker. Jika Anda bukan  apoteker, Anda perlu mempekerjakan apoteker sebagai penanggung jawab. Selain itu, perlu merekrut asisten apoteker untuk membantunya. 

Anda juga mempekerjakan staf tambahan untuk melayani pelanggan untuk memaksimalkan layanan bisnis. Pastikan semua staf yang direkrut profesional dan mengutamakan pelayanan kepada konsumen.

6. Pastikan Memiliki Izin Resmi dan Susunlah Strategi Pemasaran

Apotek tidak dapat beroperasi tanpa izin untuk didirikan. Oleh karena itu, agar apotek dapat melakukan bisnis secara legal, maka perlu mengurus izinnya. 

Setelah semua langkah di atas selesai, saatnya untuk membuat strategi pemasaran. Anda dapat meningkatkan kesadaran apotek Anda dengan bermitra dengan dokter umum, dokter gigi, atau spesialis di satu tempat untuk menjual produk kesehatan lainnya.

Baca Juga: Ketahui 4 Ciri Distributor Obat Herbal yang Mutunya Terjamin

Semua bidang bisnis membutuhkan keseriusan dan kesabaran untuk berhasil. Untuk menjadi sukses dalam bisnis apotek Anda, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan strategi bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. 

***