Strategi Sukses Penjualan Obral

Buat upaya khusus untuk mendapatkan pelanggan baru di milis anda. Mintalah kepada mereka untuk mendaftar ke buletin email Anda atau program hadiah loyalitas.

Rabu, 13 Mei 2020 | 12:58 WIB
0
139
Strategi Sukses Penjualan Obral
Clearance sale


Inilah strategi membuat acara Clearance Sales (penjualan obral) agar Anda sukses.

1. Waktu yang tepat.

itu lebih menarik bagi pelanggan misalnya, pada menjelang hari raya atau pada akhir tahun. Jika produk Anda tidak terlalu musiman, penuualan setiap enam bulan dapat berfungsi dengan baik. Jangan biarkan terlalu banyak stok yang tidak terjual menumpuk.


2. Pilih barang dagangan Anda.

Gunakan sistem manajemen penjualan / inventaris yang baik. Identifikasi produk yang paling tidak menguntungkan dan paling lambat berputar sehingga Anda dapat menariknya untuk mengisi produk yang dijual.

3. Buat tampilan yang menarik.

Jangan sembunyikan acara penjualan obral Anda seperti di bagian belakang toko. Usahakan untuk menaarik perhatian calon pembeli untuk datang ke toko Anda. Tempatkan barang-barang yang relatif dekat dengan pintu. Batasi total ruang yang Anda curahkan untuk acara sales. Tidak apa-apa jika produknya sedikit ramai. Coba letakkan beberapa barang-barang kecil di dekat garis checkout. Anda akan terkejut betapa banyak orang yang tidak bisa menolak ini.


4. Harga tepat.

Menggunakan harga aktual daripada tanda persentase biasanya lebih menarik bagi pemburu barang murah. Tidak diperlukan matematika atau kalkulator untuk menghitung harga .


5. Kick off

Pernah ke acara penjualan obral yang menawarkan diskon 15 persen?   Itu tidak cukup untuk menggoda para pencari barang murah sejati. Mulailah dengan diskon 50 persen ! Mungkin diskon lebih dalam tergantung pada industri Anda, pesaing Anda dan jenis diskon apa yang Anda tawarkan sepanjang tahun.

6. Pasar online

Pasarkan produk melalui situs atau website anda. Atau jugha dengan mengirim iklam melalui email atau memasang  iklan online, media sosial atau surat langsung. Sambut pelanggan di pintu masuk Anda dan beri tahu mereka tentang acara sale khusus Anda. Tunjukkan rak penjualan atau rak dan mungkin bahkan menyarankan untuk membeli barang. Memberikan tas atau keranjang kepada customer untuk berbelanja dapat memikat mereka untuk membeli lebih banyak.

7. Biarkan saja.

Bagaimana jika pada akhir acara sale, anda masih memiliki barang yang tersisa? Biarkan saja dan Jangan mencoba menjualnya musim depan. 

8. Bertindak cepat.

Jika suatu produk tidak laku, rencanakan untuk membuangnya di akhir penjualan. Anda dapat mencoba pemasaran ulang, atau menyumbangkan barang untuk amal..

9. Terhubung dengan pelanggan baru.

Buat upaya khusus untuk mendapatkan pelanggan baru di milis anda. Mintalah kepada mereka untuk mendaftar ke buletin email Anda atau program hadiah loyalitas.

Acara sale tak hanya untuk produk pakaian, tekstil, kebutuhan sehari-hari dan peralatan rumah tangga saja, bahkan menjual mobil aatau aset tetap lainnya juga bisa diadakan acara STOCK CLEARANCE sebagai mana yang dilakukan oleh SEVA MOBIL BEKAS

Selamat menjual!

***