7 Alasan Keberadaan Distributor Farmasi Penting

Kebutuhan masyarakat akan alat kesehatan dan obat-obatan cenderung meningkat di setiap tahunnya. Pendistribusian farmasi dinilai lebih cepat dibanding produk kesehatan.

Kamis, 19 Mei 2022 | 06:40 WIB
0
88
7 Alasan Keberadaan Distributor Farmasi Penting
image: Freepik

Distributor farmasi memegang peranan yang sangat penting dalam industri obat-obatan. 

Dimana keberadaanya dianggap krusial, sebab kebutuhan masyarakat akan obat meningkat. Peran distributor farmasi memberi kemudahan bagi masyarakat mendapat obat-obatan yang beredar di pasaran atau dari resep dokter. 

Sebenarnya praktik pengobatan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Akan tetapi pada zaman itu, masih menggunakan obat herbal yang diolah dengan cara tradisional. Di zaman sekarang cara tersebut dirasa sudah tidak relevan lagi. 

Baca juga: 7 Alasan Eksistensi Industri Distributor Farmasi Itu Penting

Pada saat ini masyarakat lebih membutuhkan obat yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Penting untuk distributor mendistribusi obat-obatan secara luas dan merata, tidak hanya di satu wilayah tertentu saja. Secara umum masyarakat dunia memiliki kebutuhan yang sama terhadap pengobatan.

7 Alasan Pentingnya Eksistensi Industri Distributor Farmasi

Semakin dibutuhkannya industri farmasi didukung dengan semakin banyaknya penyakit yang mengancam kesehatan umat manusia. Dengan begitu distributor memiliki peranan penting untuk mendukung eksistensi dunia farmasi. Berikut alasan penting industri distributor farmasi.

1. Membasmi Penyakit

WHO mencatat beberapa kasus penyakit yang berhasil diminimalisir kemunculannya. Diantaranya yaitu, penyakit polio, rubella, cacing guinea, elephantiasis atau kaki gajah hingga campak. Hal itu merupakan salah satu peranan dan kontribusi dari distributor farmasi.

Dengan adanya distributor yang merata berarti masyarakat dapat pengobatan yang sama. Terlebih peranan distributor sangat dibutuhkan di daerah yang sudah menjadi endemic.

2. Menghemat Biaya Pengobatan dengan Vaksin

Banyaknya program vaksinasi yang dicanangkan demi mencegah terjadinya penyakit di masyarakat. Hal tersebut sangat membantu menghemat biaya pengobatan. Terlebih program vaksinasi mampu menyelamatkan nyawa manusia dari risiko penyakit mematikan.

Hadirnya distributor farmasi dapat membantu menjaga ketersediaan vaksin di masyarakat secara luas. Hal itu bertujuan agar masyarakat tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan penyakit tertentu.

3. Mengurangi Penderitaan Pasien

Pemberian obat tak hanya untuk menyembuhkan secara langsung. Melainkan bisa digunakan sebagai terapi. Obat-obatan juga berfungsi untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama masa hingga pasca perawatan.

Hadirnya distributor farmasi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. Dimana pengelolaan rasa sakit baik fisik dan mental akan sangat terbantu berkat hadirnya kerja nyata dari distributor farmasi.

4. Mempersingkat Masa Perawatan di Rumah Sakit

Jika ketersediaan obat di pasaran sudah emrata akan sangat membantu penyembuhan. Bahkan pasien tak perlu berlama-lama menjalani perawatan di rumah sakit. Dimana perawatan di rumah sakit memerlukan waktu lebih dari satu hari.

Adanya distributor farmasi akan membantu masyarakat mendapat obat untuk rawat jalan melalui apotek maupun toko obat. Tentunya setelah kondisi pasien sudah membaik dan dirasa bisa melanjutkan pengobatan di rumah.

5. Meningkatkan Angka Harapan Hidup
Secara global angka harapan hidup baik pria dan wanita berkisar antara usia 32 tahun. Adanya distributor farmasi tentunya akan membantu pemenuhan kebutuhan terhadap pengobatan serta meningkatkan angka harapan hidup. 

Semakin berkemabangkan industri farmasi akan meningkatkan angka harapan hidup menjadi 72 tahun. Bahkan di beberapa negara seperti Hong Kong dan Jepang angka harapan hidupnya mencapai 85 tahun.

6. Menyerap Banyak Tenaga Kerja

Tak hanya dari segi kesehatan, secara sosial industri ini membantu kesejahteraan kehidupan masyarakat. Industri ini membutuhkan tenaga kerja di berbagai bidang, seperti penelitian ilmiah, teknis, manajemen hingga pemasaran.

Kebutuhan tenaga kerja di tingkat distributor juga cukup beragam. Baik di bidang manajerial, pemasaran, keuangan, administrasi dan lain sebagainya. Dengan begitu industri ini turun berperan dalam mengurangi jumlah pengangguran di suatu negara.

7. Meningkatkan Ekonomi Global

Industri farmasi juga turut andil dalam meningkatkan perekonomian global. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa industri ini mampu menyerap banyak tenaga kerja. Dimana para tenaga kerja akan mendapat pendapat pasti. 

Di lain sisi, produktivitas masyarakat juga meningkat seiring dengan peningkatan kesehatan dan kecepatan penyembuhan akan membantu kinerja lebih maksimal.Selain itu usia produktif di suatu negara akan lebih panjang.

Kebutuhan  masyarakat akan alat kesehatan dan obat-obatan cenderung meningkat di setiap tahunnya. Pendistribusian farmasi dinilai lebih cepat dibanding produk kesehatan. Dengan begitu masyarakat akan semakin terbantu untuk mendapat hidup yang lebih sehat sebab peranan distributor farmasi.

Baca juga: Kenaikan Kasus Corona Wajib Disertai Taat Protokol Kesehatan

Setelah mengetahui penjelasan di atas, Anda mulai bisa menerapkan cara Alasan Keberadaan Distributor Farmasi Penting. Semoga artikel ini bermanfaat.