Tekonologi Terbaru, Membuat Sablon Sublim pada Kaos dengan Mudah

Secara keseluruhan, proses penyablonan sangat mudah dan bisa tahan lama jika dibandingkan dengan sablon biasa.

Rabu, 23 Februari 2022 | 23:30 WIB
0
60
Tekonologi Terbaru, Membuat Sablon Sublim pada Kaos dengan Mudah
images: colmanandcompany.com

Saat ini, bisnis sablon kaos telah banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat kaos sablon di Indonesia baik dari kalangan muda hingga orang-orang perkantoran.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sablon pun beragam bisa mulai modal kecil hingga cukup besar. Namun, bagi yang ingin memulai usaha sablon dengan harga yang relatif terjangkau bisa memilih sablon sublim.

Sablon sublim (sublimation printing) adalah salah satu jenis sablon yang menggunakan tinta sublime untuk proses sablon kain ataupun kaos.

Jadi, proses sablonnya adalah dengan mentransferkan tinta tersebut ke atas kaos dengan menggunakan metode press.

Namun, tinta ini hanya khusus untuk printer khusus untuk sablon sublimasi, jadi ketika akan memulai usaha ini, pasti akan membutuhkan printer tersebut.

Cara Melakukan Sablon dengan Tinta Sublim

Proses sablon kaos dengan metode ini sangat sederhana dan mudah, seperti sablon manual pada umumnya. Namun, agar tidak sampai salah, berikut adalah proses dan cara menyablon kaos dengan menggunakan sablon sublime:

1. Membuat Desain & Print dengan Tinta Sublim

Pertama-tama buatlah sebuah desain pada komputer ataupun laptop. Pastikan untuk menyimpannya dengan kualitas terbaik agar hasilnya tidak pecah maupun jelek ketika dicetak.

Selanjutnya, cetak hasil desain dengan menggunakan tinta sublime yang telah dimasukkan ke dalam printer. Pastikan untuk mencetak hasil desain baju atau desain logo dengan hasil mirror.

Ada beberapa macam tinta Sublim yang bisa digunakan, yaitu tinta Sublim korea, Jepang dan Cina. Cara pemakaiannya sama, yang membedakan hanyalah hasil dan kualitas dari tinta pada kaos. 

2. Mempersiapkan Kaos & Kertas Desain

Selanjutnya, persiapkan kaos atau kain dengan meletakkannya pada mesin press kaos. Pastikan posisi kaos telah sesuai dengan desain yang akan digunakan serta tidak terbalik.

Kemudian, letakkan kertas sablon yang telah diprint pada permukaan kaos yang akan diberi desain sablon. Jangan sampai salah menaruh posisi kertas karena akan menyebabkan sablon gagal.

3. Proses Press

Sebelum memulai proses ini, pastikan suhu dari mesin press sudah mencapai 120-159 derajat celcius.

Selalu cek suhu pada awal proses, karena suhu yang terlalu rendah tidak akan membuat desain menempel pada kaos.

Sebaliknya, suhu yang terlalu tinggi akan merusak sablon yang ada sehingga proses sablon gagal.

Jika suhu sudah sesuai, maka tekan bagian sablon secara merata dan menyeluruh selama 5-10 detik saja. Apabila merasa kurang, maka bisa mengulangi langkah ini, namun pastikan untuk mengecek hasilnya terlebih dahulu.

4. Lepaskan dan Lihat Hasilnya

Terakhir, angkatlah mesin press dan lepaskan kertas secara perlahan. Jika dilakukan dengan benar, maka seharusnya sablon telah menempel dengan baik dan menyeluruh pada kaos.

Namun jika ada bagian yang tidak tertempel, maka coba ulangi langkah diatas dengan lebih teliti lagi.

5. Jangan Dicuci & Setrika Langsung

Setelah proses sablon selesai, jangan langsung mencuci ataupun menyetrikanya. Diamkan kaos untuk beberapa saat dulu hingga sablon telah menempel dengan erat. 

Secara keseluruhan, proses penyablonan sangat mudah dan bisa tahan lama jika dibandingkan dengan sablon biasa. Selain itu, sablon sublim tidak mudah luntur maupun hilang karena tinta sablonnya menyerap ke dalam kain.

Jadi, sablon ini sangat direkomendasikan bagi pecinta kaos yang membutuhkan sablon kaos kuat serta murah.

Beberapa produk lain yang bisa menggunakan sablon sublim ini adalah untuk pembuatan jersey printing untuk baju olahraga seperti futsal dan sepakbola.