Manfaat Pelatihan Prakerja di Arkademi: Dimodalin Belajar Sampai Dapat Kerja!

Kami terus berkomitmen untuk melahirkan lebih banyak alumni-alumni sukses lainnya di dunia kerja. Nah sekarang giliranmu!

Minggu, 3 Maret 2024 | 06:50 WIB
0
239
Manfaat Pelatihan Prakerja di Arkademi: Dimodalin Belajar Sampai Dapat Kerja!
pelatihan prakerja di Arkademi

Di era digital seperti saat ini, nampaknya pendidikan formal saja tidak cukup untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan pelatihan tambahan karena biaya yang relatif mahal. Karenanya, program pelatihan Prakerja hadir sebagai solusi yang tepat.

Melalui program kartu Prakerja, kamu bisa mendapatkan modal belajar dan intensif untuk upgrade skill hingga mendapatkan pekerjaan impianmu. Ingin tahu lebih lengkap tentang apa itu program pelatihan Prakerja? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Program Kartu Prakerja?
Program kartu Prakerja adalah sebuah program inisiatif pemerintah Indonesia yang diluncurkan untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat agar mereka dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing di dunia kerja. 

Program ini memberikan akses kepada peserta untuk mengikuti pelatihan berkualitas tinggi baik secara daring (online) maupun luring (offline) dalam berbagai bidang, seperti teknologi, bisnis, kreativitas, dan lainnya.

Tujuan utama dari program kartu Prakerja adalah membantu peserta memperoleh keterampilan baru, meningkatkan kompetensi, serta memudahkan akses mereka ke lapangan kerja atau membantu dalam memulai usaha mandiri. 

Program ini juga menyediakan bantuan keuangan dalam bentuk subsidi biaya pelatihan, sehingga dapat membantu meringankan beban finansial peserta yang ingin mengikuti pelatihan keterampilan.

Apa Saja Manfaat Kartu Prakerja?
Dilansir dari kemnaker.go.id, dengan mengikuti program pelatihan Prakerja ini, kamu bisa mendapatkan bantuan peningkatan kompetensi kerja dan kewirausahaan, serta mendapatkan insentif yang diberikan secara nontunai. 

  1. Setiap penerima kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp4.200.000, yang terdiri dari:
  2. Saldo pelatihan sebesar Rp3.500.000 dalam bentuk saldo nontunai yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk SIAPkerja.
    Insentif biaya mencari kerja yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta sebesar Rp600.000.
  3. Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 2 (dua) kali survei.

Kelebihan Pelatihan Prakerja di Arkademi

Jika tertarik untuk mengikuti program pelatihan Prakerja, kamu bisa mengikuti pelatihan prakerja di Arkademi. Ada banyak kelebihan pelatihan prakerja di Arkademi yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

1. Lembaga Terpercaya
Berbeda dengan platform online course lainnya yang berkategori education-technology, Arkademi memiliki lisensi sebagai Lembaga Kursus dan Pelatihan atau LKP dari kementerian pendidikan RI. 

2. Materi Ajar Komprehensif
Tak hanya itu saja, Arkademi menyediakan pelatihan dengan materi ajar yang komprehensif dan dilengkapi dengan ujian bertingkat untuk menguji kompetensi seseorang, mulai dari pre-test, post-test, kuis, hingga tugas akhir. 

3. Pelatihan Relevan
Pelatihan yang diberikan oleh program prakerja di Arkademi juga telah disesuaikan dengan praktik nyata di lapangan kerja. Sehingga ini dapat membantu karyawan untuk mempelajari keterampilan atau pengetahuan baru yang dapat diterapkan dalam portofolio mereka.

4. Video Ajar yang Berkualitas
Untuk menunjang kenyamanan peserta selama belajar, Arkademi juga selalu mengoptimalkan kualitas video pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang kami gunakan adalah recorded video, sehingga kamu bisa mengulangi materi kapan pun dan dimana pun jika diperlukan.

Perjalan Arkademi bersama Prakerja
Kemunculan pandemi COVID-19 pada tahun 2020 silam yang berakibat pada besarnya angka pemutusan kerja dan tingkat pengangguran semakin memuncak. Di sinilah perjalanan Arkademi bersama Prakerja dimulai.

1. Awal Mula Pelatihan Prakerja di Arkademi
Program kartu Prakerja menjadi solusi bagi golongan Angkatan kerja yang kurang beruntung dalam hal pendidikan untuk mendapat pekerjaan karena daya saing yang tergolong rendah.

Hadirnya program kartu Prakerja yang menawarkan insentif dalam bentuk saldo yang bisa dibelikan pelatihan serta insentif tambahan yang bisa digunakan untuk membangun bisnis atau sebagai modal yang bisa digunakan oleh peserta untuk melamar pekerjaan.

Bagaimana tidak, di kondisi yang tidak menentu, pemerintah hadir menawarkan sesuatu yang tidak ternilai secara gratis yaitu akses pendidikan. 

Untuk memperluas akses pendidikan ke lebih banyak orang yang membutuhkan, Arkademi sebagai lembaga pelatihan telah dipercaya menjadi salah satu mitra resmi dari program kartu Prakerja sejak tahun 2020.

Sebagai mitra resmi Program kartu prakerja, Arkademi berkomitmen penuh untuk mendukung program kartu Prakerja. Dalam bentuk dukungan ini Arkademi menyediakan pelatihan-pelatihan yang berkualitas dan selaras dengan tujuan program kartu Prakerja yaitu untuk meningkatkan kompetensi peserta program kartu Prakerja.

Pada tahun 2023 perubahan kartu Prakerja dari semi-bansos menjadi skema normal menjadikan standar pelatihan di program kartu Prakerja menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu Arkademi menyediakan pelatihan-pelatihan yang berkualitas dan berhasil melayani puluhan ribu peserta program kartu Prakerja.

Pada tahun 2024 ini Arkademi tetap konsisten dan berkomitmen untuk mendukung program kartu Prakerja. Sebagai salah satu bentuk komitmen, Arkademi mempersiapkan pelatihan-pelatihan yang berkualitas dan diajarkan oleh mentor-mentor yang berpengalaman dibidangnya.

2. Arkademi Bawa Ratusan Alumni ke Acara Temu Raya
Hingga kini, Arkademi telah melayani ratusan ribu peserta dari program kartu prakerja sejak tahun 2020 - 2023. Untuk merayakan ulang tahun program kartu Prakerja atau pada perayaan ulang tahun ke-2 kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana (PMO) menggelar acara temu raya yang diselenggarakan pada 17 Juni 2022 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa barat dan Arkademi ikut memeriahkan Acara ini.

Acara ini dihadiri lebih dari 7.000 peserta, dan alumni Prakerja yang didatangkan sebagai perwakilan dari 514 Kabupaten/Kota serta peserta yang datang dibawa oleh lembaga kursus online seperti Arkademi. 

Acara dimeriahkan dengan penampilan dari JIGO, komedian Ephy dan D’masiv tidak lain merupakan instruksi dari Presiden Jokowi yang ingin memberi peluang kepada para pemegang kartu Prakerja untuk bisa berdialog langsung dengan dirinya.

Acara Temu Raya #KitaPrakerja ini menjadi tempat untuk para alumni Prakerja agar saling bertemu dan bertukar pengalaman, dengan harapan terbentuknya kolaborasi untuk merintis usaha Bersama dengan pengetahuan dasar yang didapatkan melalui proses sertifikasi dari Lembaga penyedia pelatihan. 

Mau Dapat Insentif? Yuk Ikuti Kelas Prakerja di Arkademi!
Itulah cerita singkat perjalanan Arkademi bersama Prakerja. Hingga kini, kami terus berkomitmen untuk melahirkan lebih banyak alumni-alumni sukses lainnya di dunia kerja. Nah sekarang giliranmu! 

Yuk daftar Prakerja di Arkademi untuk mendapatkan insentif dan modal atau biaya pembelajaran untuk mengasah kemampuanmu dan mendapatkan pekerjaan impian. Cek juga berbagai pelatihan yang tersedia di Arkademi Prakerja. Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga!

***