Proses Pembuatan Wiremesh : Woven and Welded

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:03 WIB
0
134
Proses Pembuatan Wiremesh : Woven and Welded
Wiremesh roll

Wiremesh merupakan salah satu produk besi baja yang paling sederhana dan telah diciptakan cukup lama. Sifat baja yang kokoh dan luar biasa ulet membuat material ini memiliki kekuatan tarik dan fleksibilitas yang tinggi.

Wiremesh adalah lembaran baja yang terdiri dari baris dan kolom yang saling berpotongan dengan ukuran 2.10 meter x 5.40 meter yang biasa digunakan dalam proyek infrastruktur dan konstruksi. Sedangkan untuk spesifikasi wiremesh lainnya biasanya terbuat dari kawat besi tipis lebih sering disebut sebagai kawat loket atau woven wiremesh.

Proses Pembuatan Wiremesh

Wiremesh ternyata memiliki dua metode dalam pembuatannya sebagaimana produk ini memiliki dua tipe dasar, yaitu woven wiremesh dan welded wiremesh. Metode-metode ini akan menghasilkan wiremesh dengan fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Meski metode yang paling sering dijumpai adalah metode las, namun teknik anyam juga digunakan dalam pembuatan wiremesh. Besi ini terbuat dari kawat besi atau logam batang yang bisa diatur seberapa besar ukuran diameternya.

Pada proses pembuatan wiremesh, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memanaskan logam hingga titik lelehnya. Kemudian logam batangan maupun kawat akan diekstrusi melalui serangkaian cetakan yang berfungsi untuk membuat logam batangan atau kawat dengan diameter lebih tipis dan lebih kecil.

Proses pembuatan woven wiremesh dibuat dengan cara dianyam atau ditenun. Pertama-tama, kawat logam akan disejajarkan secara horizontal dan vertikal hingga membentuk sudut 90° antara satu sama lain. Bisa dibilang proses ini benar-benar mirip dengan cara kain ditenun menggunakan pola atas-bawah-atas-bawah yang menghubungan kawat-kawat menjadi satu hingga membentuk lembaran. Kawat-kawat ini juga bisa diatur sedemikian rupa tergantung pada jenis pola anyam yang diinginkan. Ragam anyaman pada woven wiremesh akan memengaruhi keseluruhan kualitas, fleksibilitas, dan daya tarik fisiknya.

Untuk welded wiremesh dengan bukaan yang lebih besar, proses pembuatannya sangat berbeda dari woven wiremesh. Batang logam atau kawat yang digunakan dalam pembuatan wiremesh ini memiliki diameter yang jauh lebih besar. Pertama, batang logam akan dipotong-potong sesuai dengan panjang dan lebar wiremesh yang akan dibuat. Kemudian setiap batang logam akan diletakkan secara sejajar secara vertikal dan horizontal. Titik-titik persimpangan antara batang logam vertikal dan horizontal yang membentuk sudut 90° akan dilas bersamaan oleh mesin las. Teknik pengelasan yang paling sering digunakan dalam pembuatan welded wiremesh adalah electrical resistance. Hambatan listrik yang digunakan akan menghasilkan panas yang cukup untuk menempelkan perpotongan batang logam tersebut. Proses ini terus menerus dilakukan hingga semua titik perpotongan telah dilas.

Meski besi wiremesh punya spesifikasi yang luar biasa banyak, namun yang pertama kali harus kita perhatikan adalah untuk apa nantinya wiremesh ini akan digunakan. Contohnya, untuk pondasi pembangunan rumah, maka gunakan welded wiremesh untuk konstruksi. Jika untuk membuat kandang burung, makan pilih woven wiremesh dengan diameter kawat dan bukaan yang tidak terlalu kecil. Jika membutuhkan wiremesh, Anda bisa mengunjungi website resmi distributor besi Surabaya SMS Perkasa. Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dengan harga distributor.

***