Kewirausahaan [6] Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kewirausahaan

Negara-negara yang memiliki sistem infrastruktur yang berkembang dengan baik menyaksikan pertumbuhan kewirausahaan yang tinggi dan sebaliknya juga benar.

Jumat, 14 Juni 2019 | 23:28 WIB
0
460
Kewirausahaan [6] Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kewirausahaan
ilustr: marketing91

Kewirausahaan sangat penting untuk pengembangan ekonomi apa pun. Negara-negara yang telah berkembang menghubungkan kenaikan mereka dengan pertumbuhan kewirausahaan. Karena itu, pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia ingin mendorong konsep ini.

Artikel ini mencantumkan faktor-faktor yang berkontribusi pada pertumbuhan kewirausahaan dan oleh karena itu terhadap pertumbuhan ekonomi di area tertentu.

Faktor Politik

Faktor-faktor politik memainkan peran besar dalam pengembangan kewirausahaan di wilayah geografis tertentu. Ini karena politisi menentukan jenis pasar yang ada. Pasar bisa kapitalistik, komunis atau beberapa negara telah mengadopsi ekonomi campuran.

Baca Juga: Kepemimpinan [22] Transleader: Strategi, Kepemimpinan, dan Jiwa

Masing-masing dari tiga pasar ini memiliki implikasi yang sangat berbeda untuk cara di mana pengusaha diminta untuk berfungsi. Kapitalisme membutuhkan inovasi terobosan sedangkan komunisme menuntut pengusaha untuk terhubung dengan baik dengan kelas politik. Oleh karena itu, telah diamati bahwa semakin kapitalis negara manapun, semakin banyak kewirausahaan berkembang di wilayah tersebut.

Faktor Hukum

Pengusaha tergantung pada hukum untuk berbagai faktor. Kekuatan dan keadilan sistem hukum suatu negara memengaruhi kualitas kewirausahaan secara luas. Ini karena pengusaha membutuhkan beragam layanan hukum agar berfungsi.

Misalnya, wirausahawan akan meminta pengadilan untuk menegakkan kontrak yang dibuat antara pihak. Di banyak negara, kontrak semacam itu tidak dapat ditegakkan dan oleh karena itu risiko yang dihasilkannya melarang pengembangan kewirausahaan.

Kemudian lagi, para pengusaha bergantung pada pengadilan untuk melindungi hak-hak properti mereka. Juga, banyak negara maju telah memperhatikan bahwa ketentuan yang menyatakan kebangkrutan telah dikaitkan secara positif dengan pengembangan kewirausahaan.

Pengusaha gagal beberapa kali sebelum mereka menemukan inovasi yang tepat yang mengarah pada kesuksesan mereka.

Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan tingkat pengembangan kewirausahaan tertinggi dan juga diketahui memiliki salah satu undang-undang kebangkrutan yang paling maju! Bahkan legenda bisnis seperti Henry Ford telah menyatakan kebangkrutan di masa-masa awal mereka.

Perpajakan

Pemerintah juga dapat mempengaruhi tingkat kontrol yang tinggi di pasar melalui ketentuan perpajakan. Beberapa jumlah perpajakan diperlukan bagi pemerintah untuk mempertahankan sistem hukum dan administrasi yang berlaku untuk seluruh perekonomian. Namun, banyak kali pemerintah menggunakan pajak yang berlebihan. Mereka biasanya mengadopsi kebijakan mengemis orang kaya dan memberikannya kepada orang miskin. Ini bertentangan dengan prinsip dasar kewirausahaan yang percaya pada survival of the fittest.

Oleh karena itu, negara-negara di mana rezim pajak bersifat membatasi menemukan arus keluar pengusaha. Singkatnya, pengusaha ingin mendirikan toko di tempat-tempat di mana ada sedikit gangguan dari pemerintah.

Ketersediaan Modal

Sejauh mana pasar modal suatu negara dikembangkan juga memainkan peran besar dalam pengembangan kewirausahaan di wilayah tertentu. Pengusaha membutuhkan modal untuk memulai usaha berisiko dan juga membutuhkan modal instan untuk meningkatkan bisnis dengan cepat jika ide itu terbukti berhasil.

Oleh karena itu, negara-negara yang memiliki sistem penyediaan modal yang berkembang dengan baik pada setiap tahap yaitu modal benih, modal ventura, ekuitas swasta dan pasar saham dan obligasi yang berkembang dengan baik mengalami tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi yang dipimpin oleh kewirausahaan.

Pasar Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupakan faktor penting dalam produksi untuk hampir semua jenis produk atau layanan. Nasib pengusaha karena itu tergantung pada ketersediaan tenaga kerja terampil dengan harga yang wajar. Namun, di banyak negara tenaga kerja telah menjadi serikat pekerja.

Baca Juga: Kewirausahaan [5] Lima Alasan Utama Mengapa Wirausahawan Gagal

Mereka menuntut upah yang lebih tinggi dari pengusaha dan melarang pekerja lain bekerja dengan harga lebih rendah. Ini menciptakan lonjakan ke atas dalam biaya yang diperlukan untuk memproduksi dan dengan demikian memiliki efek negatif pada kewirausahaan.

Dengan munculnya globalisasi, pengusaha telah menyaksikan kebebasan untuk memindahkan operasi mereka ke negara-negara di mana pasar tenaga kerja lebih menguntungkan bagi mereka. Ini adalah alasan mengapa negara-negara seperti Cina, India dan Bangladesh telah menyaksikan peningkatan besar dalam aktivitas kewirausahaan di negara mereka.

Bahan Baku

Sama seperti tenaga kerja, bahan baku yang terdiri dari sumber daya alam juga merupakan produk penting yang diperlukan untuk industri apa pun. Di beberapa negara bahan baku ini tersedia melalui pasar dengan membayar harga yang wajar. Namun, di beberapa negara penjual kartel mendapatkan kendali penuh atas sumber daya alam ini.

Mereka menjual bahan mentah dengan harga yang melambung tinggi dan karenanya mengambil sebagian besar keuntungan yang bisa diperoleh pengusaha. Oleh karena itu, negara-negara di mana pasokan bahan baku menghadapi masalah seperti menyaksikan penipisan jumlah usaha wirausaha dari waktu ke waktu.

Infrastruktur

Terakhir, ada beberapa layanan yang dibutuhkan oleh hampir setiap industri untuk berkembang. Layanan ini akan mencakup transportasi, listrik dll. Karena layanan ini sangat mendasar, mereka dapat disebut sebagai infrastruktur yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis apa pun.

Oleh karena itu, jika ada negara yang fokus pada peningkatan efisiensi layanan ini, mereka cenderung berdampak pada bisnis dari hampir semua pengusaha di wilayah ini. Oleh karena itu, negara-negara yang memiliki sistem infrastruktur yang berkembang dengan baik menyaksikan pertumbuhan kewirausahaan yang tinggi dan sebaliknya juga benar.

Tentu saja, daftar faktor di atas tidak lengkap. Kewirausahaan adalah subjek yang terlalu rumit untuk ditangkap dalam beberapa poin. Namun, daftar di atas memang memberikan indikasi terhadap jenis faktor yang dapat memainkan peran penting.

***
Solo, Jumat, 14 Juni 2019. 10:54 pm
‘salam sukses penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko