Kewirausahaan [5] Lima Alasan Utama Mengapa Wirausahawan Gagal

Beberapa wirausahawan terlambat memuncak artinya mereka salah menilai waktu ketika produk atau solusi mereka harus dibawa ke pasar.

Kamis, 13 Juni 2019 | 22:53 WIB
0
504
Kewirausahaan [5] Lima Alasan Utama Mengapa Wirausahawan Gagal
ilustr: lurn.com

Pengantar

Kewirausahaan adalah hal yang sulit dan pengecualian, wirausahawan berada di atas permainan sepanjang waktu, peluang untuk kegagalan sangat tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak lebih dari 10% dari semua usaha baru melewati tahun kedua keberadaan mereka dan bahwa wirausahawan sering berakhir di sisi kesuksesan yang salah.

Artikel ini membahas lima alasan utama mengapa wirausahawan gagal dan ini terkait dengan pendanaan, kepegawaian, keuangan, alasan operasional, dan memuncak terlalu dini atau terlalu terlambat. Semua alasan ini memiliki tema umum yaitu tidak mengelola usaha dengan sukses dan menjadi lemah atau malas sejauh menyangkut masalah dalam mengelola usaha.

Lebih lanjut, tema lain yang menjelaskan alasan-alasan ini adalah kehilangan pohon untuk hutan atau tidak cukup memperhatikan detail dan pada saat yang sama, kehilangan hutan untuk pohon atau terlalu macet dalam detail sehingga gambar besar diabaikan.

1 .  Masalah dengan Pendanaan

Alasan pertama terkait dengan aspek pendanaan. Seperti yang kita semua tahu, usaha baru dan startup membutuhkan pendanaan pada semua tahap siklus hidup mereka dan karenanya, wirausahawan harus memastikan bahwa pemodal ventura dan lembaga keuangan mendukungnya sejak awal dan melanjutkan bantuan mereka selama proses berlangsung.

Seringkali, itu adalah kasus bahwa wirausahawan gagal untuk menipu karena ide yang terlihat bagus pada awalnya gagal menghasilkan pendapatan atau bisnis yang mengarah ke kapitalis ventura mengembangkan kaki dingin dan mundur dari usaha. Selain itu, ada juga beberapa startup dan pendiri mereka tidak mengantisipasi arus kas berkelanjutan yang diperlukan untuk menjaga usaha tetap bertahan dan kita akan membahas ini secara rinci secara terpisah.

2 .  Masalah Kepegawaian

Alasan kedua mengapa wirausahawan gagal terkait dengan kepegawaian di mana wirausahawan sering tidak mengatur usaha mereka dengan sumber daya yang tepat dan sering gagal memiliki sumber daya yang diperlukan ketika usaha lepas landas.

Misalnya, pada hari-hari ini, perusahaan harus membutuhkan sumber daya yang cukup ketika proyek berjalan atau ketika bisnis mulai beroperasi. Di sisi lain, memiliki terlalu banyak sumber daya juga merupakan hambatan bagi usaha karena sumber daya membutuhkan biaya dan waktu untuk mempertahankannya.

Lebih lanjut, tidak memiliki sumber daya yang tepat karena harganya terlalu mahal atau mereka tidak ingin mengambil kesempatan bekerja untuk startup. Memang, yang berlangsung adalah hari-hari memabukkan booming dotcom ketika semua orang ingin bekerja untuk startup. Saat ini, banyak karyawan tidak ingin mengambil risiko masa depan mereka dengan bergabung dengan startup yang masa depannya tidak pasti.

3 .  Cash Crunch dan Pengeringan Likuiditas

Alasan ketiga mengapa usaha baru gagal terkait dengan keuangan atau pengelolaan arus kas yang telah disebutkan sebelumnya. Aspek ini berkaitan dengan kenyataan bahwa sebagian besar wirausahawan gagal mengantisipasi krisis uang tunai yang timbul dari ketidakseimbangan antara hutang dagang dan piutang dagang.

Selain itu, sering kali terjadi bahwa usaha baru anggaran untuk pendapatan di masa depan sekarang dan ini berarti bahwa kecuali pendapatan terwujud, usaha akan kehabisan uang tunai. Selain itu, juga kasus bahwa pendanaan dari pemodal ventura mungkin tiba-tiba mengering menyebabkan masalah likuiditas.

Memang, meskipun usaha mungkin menunda piutang ke masa depan, itu tidak dapat melakukan hal yang sama dengan hutang di mana pemasok, staf, dan vendor tidak dapat dipastikan bahwa pengusaha akan menghormati komitmen seperti yang dapat dilihat dalam cara sektor penerbangan di India melihat beberapa penutupan profil tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

4 .  Kesalahan Manajemen Operasional

Alasan keempat mengapa usaha baru gagal adalah aspek operasional di mana wirausahawan gagal mengelola mur dalam menjalankan bisnis secara efektif, efisien, dan efektif. Misalnya, banyak wirausahawan sering tidak melibatkan diri mereka sendiri dalam realitas menjalankan bisnis dan menyerahkan ini kepada orang lain di mana mereka berkonsentrasi pada gambaran yang lebih besar. Meskipun kita tidak menganjurkan bahwa semua wirausahawan harus mengelola mikro bisnis mereka, sejumlah keterlibatan dengan kegiatan sehari-hari sangat penting.

Ini berarti bahwa wirausahawan harus memegang bisnis terutama pada tahun-tahun formatif atau tahun pertama minimal untuk memastikan bahwa tidak ada selip di antara cangkir dan bibir di mana terjemahan ide ke dalam menjalankan bisnis yang bersangkutan. Seringkali, banyak wirausahawan menganggap bahwa di bawah dirinya untuk terlibat dalam mengatakan hal-hal seperti jadwal kerja, sumber daya manusia, dan keuangan sehari-hari dan akhirnya membayar harga untuk kelalaian tersebut.

5 .  Memuncak Terlalu Dini atau Terlalu Terlambat

Alasan kelima mengapa banyak wirausahawan gagal adalah bahwa usaha mereka sering mencapai puncaknya atau puncak terlambat yang menyebabkan hilangnya kurva ketika kombinasi yang tepat dari ideasi, inkubasi, dan eksekusi diaktualisasikan mengarah pada kesuksesan. Sebagai contoh, beberapa wirausahawan memiliki ide-ide yang hebat dan mengubah permainan tetapi memuncak terlalu dini artinya mereka salah membaca sinyal dari pasar.

Ini sering menyebabkan kelelahan dan kelelahan terutama ketika momentum yang diinginkan harus dihasilkan.

Di sisi lain, beberapa wirausahawan terlambat memuncak artinya mereka salah menilai waktu ketika produk atau solusi mereka harus dibawa ke pasar. Dalam kedua kasus, keharusan adalah untuk memastikan bahwa waktu dari ide untuk membawa ke pasar sudah tepat.

Meskipun kita telah membuat daftar lima alasan utama kegagalan usaha baru, ada alasan lain juga termasuk perbedaan antara promotor serta bentrokan dan masalah kepribadian lainnya.
 
***
Solo, Kamis, 13 Juni 2019. 10:27 pm
'salam sikses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko