Mengapa SDM Perlu Pendampingan Psikologi?

Pendampingan Sumber Daya Manusia (SDM) amat sangat bermanfaat bagi sumber daya manusia di organisasi.

Jumat, 25 Februari 2022 | 20:09 WIB
0
291
Mengapa SDM Perlu Pendampingan Psikologi?
Konseling

"Sumber Daya Manusia seharusnya berkembang sesuai dengan kekuatan dan potensi yang dimilikinya, sehingga mereka menjadi cerdas dalam emosi, pikiran, motivasi, tingkah laku, serta interaksi prososial di perusahaan. "- Christian Melky, S.Si., M.Si.

Pendampingan psikologi merupakan suatu aktivitas yang bermakna pembinaan, pengajaran, pengarahan yang lebih berkonotasi pada menguasai, mengendalikan, dan mengontrol sistem kejiwaan. Proses ini melibatkan seorang profesional yang berusaha membantu orang lain, dengan cara penyuluhan (yang secara awam dimaknakan sebagai pemberian penerangan informasi, motivasi) dalam mencapai pemahaman dirinya. Seorang profesional melihat SDM secara holistik (dengan memperhatikan unsur psikologi) dalam membuat keputusan dan pemecahan masalah. 

Mengapa pendampingan psikologi SDM perusahaan diperlukan? Pendampingan psikologi yakni tertuju pada proses hubungan sosial antara seorang pendamping dengan individu yang bermasalah, dan didampingi dengan pendamping posisinya tidak ada kata atasan atau bawahan. Hasil yang diinginkan untuk meningkatkan sisi kejiwaan individu, dalam hal kejiwaan seorang individu mampu bertahan dan memiliki mental yang kuat dalam menghadapi permasalahan.

Nah, berikut ini manfaat pendampingan psikologi, yaitu Membantu individu untuk mendapatkan perhatian (attention), Mendapatkan dukungan (sustaining), Mendapatkan bimbingan (guiding), Penyembuhan luka batin ( inner-healing), Individu dapat berdamai pada dirinya dan orang lain (reconciling).

Mengapa SDM perlu pendampingan psikologi? Ya, dengan adanya pendampingan psikologi untuk Sumber Daya Manusia sangatlah dibutuhkan dalam organisasi guna membantu SDM dalam mengatasi konflik dalam diri, baik fisik dan mental.

"Sumber Daya Manusia seharusnya berkembang sesuai dengan kekuatan dan potensi yang dimilikinya, sehingga mereka menjadi cerdas dalam emosi, pikiran, motivasi, tingkah laku, serta interaksi prososial di perusahaan. "- Christian Melky, S.Si., M.Si.


Karena itu, pendampingan Sumber Daya Manusia (SDM) amat sangat bermanfaat bagi sumber daya manusia di organisasi. Pentingnya perusahaan menawarkan pendampingan terhadap SDM merupakan cara yang efektif untuk membuat SDM di perusahaan berusaha untuk tetap bahagia, berkomitmen, dan dapat diandalkan di tempat kerja. Melalui pendampingan SDM yang efektif juga dapat sangat berguna dalam melawan efek stres dan kondisi kesehatan mental terkait pekerjaan. 

“ Setiap masalah karyawan ada beragam dan unik, ada berbagai upaya atau pendekatan pendampingan yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan kepada karyawan dengan tujuan berbeda.”

Melalui Tetrahiel Profesional Manajemen sebagai konsultan SDM yang beralamat di kota Yogyakarta, siap membantu perusahaan dan usaha Anda dalam pendampingan psikologi SDM.  Sebagai konsultan profesional, tenaga ahli Tetrahiel Profesional Manajemen  membantu klien menangani psikologi Sumber Daya Manusia di perusahaan Anda. Jika organisasi Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pendampingan yang tersedia silahkan menghubungi kami. 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan kirim email kepada kami ke admin cstetrahiel@gmail.com atau cukup klik tautan ini https://www.tetrahiel.com/

***