PMS [26] Apa itu Blog Mikro? - Semua tentang Blog Mikro

Podcast dan video digunakan oleh sektor sosial, LSM, serta sektor kesehatan dan pendidikan. Efektif untuk media meminjamkan dirinya untuk pengiriman dengan biaya yang dapat diabaikan.

Minggu, 23 Agustus 2020 | 10:19 WIB
0
43
PMS [26] Apa itu Blog Mikro? - Semua tentang Blog Mikro
ilustr: Search Free Stock Photos

Kita pasti telah mendengarnya dari satu dan semua yang tidak ada perusahaan memiliki pilihan ketika hadir dan pemasaran melalui saluran media sosial. Memahami berbagai saluran media, kemampuan mereka, jenis audiens dan komunitas yang berpartisipasi dalam platform tertentu membantu dalam merancang atau memilih campuran platform dan saluran media yang tepat untuk strategi pemasaran seseorang menggunakan saluran media sosial.

Jejaring sosial, interaksi sosial, dan konten sosial adalah beberapa kategori luas saluran media sosial. Dalam kategori konten sosial tercakup berbagai jenis blog, berbagi audio dan video, blog mikro, podcast, dan lain-lain.

Blog adalah media yang efektif bagi pemasar untuk digunakan sebagai platform atau papan suara untuk berbicara tentang diri mereka sendiri, perusahaan mereka, filosofi dan nilai-nilai mereka di samping ide-ide mereka, produk dan layanan mereka dan lain-lain. Dengan mendengarkan dan berbagi interaksi dengan audiens, mereka dapat mengumpulkan ide dan saran informatif yang membantu pengembangan produk di masa depan serta membangun reputasi online dan loyalitas merek.

Apa itu Blog Mikro?

Micro blogging mengacu pada jenis blogging yang menggunakan pesan yang sangat cepat, kecil dan pendek baik dalam bentuk audio, teks atau video. Sesuai namanya, pesannya sangat singkat dan tajam dan biasanya merujuk pada acara saat ini, komentar tentang acara dan penyiaran klip berita, dan lain-lain. Meskipun olahpesan teks instan adalah bentuk paling populer dari blogging mikro, klip video juga cepat menjadi populer juga.

Blog Mikro - Media Kuat

Blogging mikro memiliki kapasitas dan kemampuan luar biasa untuk menyampaikan berita secara instan. Melepaskan kekuatan ini bisa sangat bermanfaat bagi pemasar. Kekuatan blogging mikro terbukti dalam kasus di mana berita tentang peristiwa politik internasional atau bencana disampaikan ke seluruh dunia dalam sekejap, bahkan sebelum hal yang sama diambil oleh berita atau media TV atau diumumkan secara resmi.

Twitter, mungkin merupakan media blogging mikro paling terkenal yang menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Selain itu ada beberapa layanan seperti Jaiku, Seesmic serta pembaruan Status di Facebook, My Space, Google+, Google Buzz dan lain-lain. Adalah contoh terbaik dari layanan blogging mikro.

Berlangganan blog mikro sangat cepat dan mudah. Yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke situs seperti Twitter yang tidak akan membawa kita lebih dari beberapa menit. Kemudian diperlukan beberapa menit bagi kita untuk mencari situs blog mikro favorit kita dan klik follow.

Periksa daftar kontak kita dan navigasikan melalui untuk membangun kontak kita melalui mengirim undangan ke teman dan audiens yang tertarik. Dengan memposting tweet kita sendiri tentang topik, acara, pemikiran, atau informasi menarik apa pun yang mungkin menarik bagi audiens kita, kita dapat memposting tweet dan mereka yang tertarik akan mulai mengikuti kita dan tautan terus terbangun.

Podcasting Audio dan Video

Seiring perkembangan teknologi, saluran media sosial harus beradaptasi dengan teknologi multi-media. Yang terbaru dalam platform blogging mikro adalah gips dan pesan video. Tidak diragukan lagi bahwa konten audio dan video terutama video dapat mengirimkan pesan lebih efektif daripada pesan teks sederhana.

Podcast tidak lain adalah saluran penyampaian pesan audio ke komunitas/pemirsa yang tertarik. Yang membuat podcast berbeda adalah mode pengiriman podcast. Podcast terdiri dari file audio yang direkam yang dikirim ke perangkat pelanggan. Pelanggan kemudian memiliki kebebasan untuk memilih waktu dan tempat ketika ia ingin mendengarkan siaran. Poin yang perlu dicatat di sini adalah bahwa pilihan keterlibatan terletak pada audiens dan bukan pencetus pesan atau pemasar.

Memberikan informasi kepada audiens, pelanggan atau pelanggan yang menggunakan kliping video atau film pendek juga dimungkinkan melalui blogging mikro. Sebuah gambar dapat mengatakan seribu hal lebih efektif daripada pesan teks dan mampu menangkap perhatian audiens secara instan. Media ini ketika digunakan secara efektif dapat menjadi yang paling kuat dalam menyebarkan kesadaran, membangun merek dan membangun loyalitas pelanggan serta dalam membantu calon pelanggan memutuskan untuk menggunakan produk kita.

Kekuatan media visual dapat dilihat ketika video instan pelanggan berbicara tentang pengalaman langsung mereka tentang maskapai penerbangan, hotel, atau produk apa pun diedarkan di antara anggota komunitas. Klip video semacam itu menunjukkan realitas aktual dan lebih memengaruhi komunitas daripada pesan teks dan karenanya langsung melibatkan mereka.

Melalui YouTube dan juga video lain dari organisasi bisnis komersial seperti Home Depot atau Charity, dan lain-lain. Memberikan petunjuk berharga dan pemahaman tentang cara menggunakan blog mikro secara efektif.

Blog mikro, terutama podcast dan video sedang digunakan oleh sektor sosial, LSM, serta sektor kesehatan dan pendidikan, dan lain-lain. Sangat efektif untuk, media meminjamkan dirinya untuk pengiriman global dengan biaya yang dapat diabaikan.

Pada akhirnya, akan sangat membantu bagi para pemasar untuk mengingat bahwa saluran-saluran media sosial ini memiliki kekuatan pengaruh yang besar serta kekuatan kontribusi jutaan orang, tidak melupakan dampak dan jangkauan globalnya.

***
Solo, Minggu, 23 Agustus 2020. 10:03 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko