Siapa "Syiah Inggris" Ini dan Apa Bedanya dengan "Syiah Iran"?

Minggu, 11 Maret 2018 | 07:18 WIB
0
109
Siapa "Syiah Inggris" Ini dan Apa Bedanya dengan "Syiah Iran"?

Mendengar kata “Syiah”, mata kita seakan terbelalak dan detak jantung terasa lebih cepat, karena di negara kita “Syiah” dianggap aliran atau mazdab sesat atau menyimpang, padahal juga belum tentu.

Iran adalah negara yang mayoritas menganut Syiah Imamah dengan figur pemimpin besar Ayatullah Sayyid Ali Khamenei.

Bahkan belum lama ini Imam Besar Iran juga mengatakan Syiah di London, Inggris, itu berdeda dengan Syiah di Iran, begitu juga Sunni di Londong juga berbeda dengan Sunni di Iran.

Memang Syiah di London berbeda dengan Syiah di Iran. Syiah di London yang juga dilindungi pemerintah Inggris sering menyerang pemerintah Iran dan pemimpin besar Syiah itu.

Karena Syiah di London menentang adanya persatuan Islam seperti yang terjadi di Iran, yaitu Syiah Imamah.

Dan puncaknya pada hari Jumat kemarin, 9 Maret 2018, Kedutaan Iran di London diserang dan diterobos oleh ekstremis Syiah pengikut Sadeq Shirazi. Mereka membawa pisau dan tongkat masuk kedubes dan berteriak di atas balkon sambil menghujat pemerintah Iran, juga menghujat Khulafar Rasyidin dan istri-istri nabi, seperti dilaporkan oleh berita Iran, IRNA.

Hujatan kepada sahabat nabi dan para istri nabi inilah yang sering bikin panas umat Islam Indonesia, sekalipun tidak semua Syiah begitu, karena aliran Syiah begitu banyak.

Duta Besar Republik Islam Iran di Inggris menyatakan ada sejumlah orang yang menyebut dirinya kelompok Shirazi menyerang Kedubes Iran di London. Menurut laporan FNA, Hamid Baeidinejad di laman Twitternya menulis, anggota kelompok ini menghina bendera Republik Islam Iran.

Hamid Baeidinejad menyebutkan bahwa anggota kelompok ini membawa tongkat dan pisau ketika menyerang Kedubes Iran di London.

[irp posts="7055" name="Apakah Republik Iran Syiah Akan Jatuh?"]

Sementara juru bicara luar negeri Iran, Bahran Qassemi mengungkapkan, polisi Inggris telah menangkap para pendemo atau penyerang kedubes Iran di London tersbut pada Jumat 9 Maret 2018.

Perlu diketahui Syiah London ini memang sering melakukan provokasi-provokasi kepada pemerintah Iran. Sekalipun sama-sama Syiah, tetapi alirannya berbeda.

Syiah di London adalah kelompok dari Sadeq Shirazi yang sering dianggap "ekstremis" penentang pemerintahan Iran dan menolak sistem persatuan Islam, sebagaimana yang terjadi di Iran.

***

Editor: Pepih Nugraha