Selamat Tinggal Antrean Panjang Paspor di Bandara Perth!

Selasa, 20 Februari 2018 | 06:07 WIB
0
578
Selamat Tinggal Antrean Panjang Paspor di Bandara Perth!

Biasanya sebelum keberangkatan internasional sudah terbayangkan bakalan antre panjang untuk melewati gerbang pemeriksaan imigrasi di bandara. Belum lagi kalau ada yang nyangkut, bilamana komunikasi dengan salah satu calon penumpang, antriannya bisa semakin lama.

Sore ini kami sudah berada di Bandara Internasional di Perth. Kami diantarkan oleh cucu kami. Karena sore ini kami akan berangkat pulang kampung dengan menumpang pesawat Garuda.

Walaupun kami datang lebih awal ternyata ketika check in di counter Garuda dapat nomer di belakang yakni nomer 45J dan 45K. Karena ternyata calon penumpang lainnya sudah check in online dan  semua kursi bagian depan sudah terisi.

Tidak ada antrean panjang Imigrasi

Agak heran juga ketika kami masuk ke pemeriksaan Imigrasi. Tampak lengang, tidak ada antrean. Ternyata masing-masing calon penumpang cukup melakukan scanning buku paspor dan menunggu selama 3 detik, kemudian ketika lampu hijau menyala maka buku paspor sudah bisa diambil.

Melangkah dua langkah saja ada suara komputer yang menginstruksikan agar berhenti pada tempat yang sudah ditandai dengan dua telapak kaki. Kemudian instruksi selanjutnya adalah menengok ke arah kamera dan seketika kita sudah dicocokkan dengan foto di paspor. Lampu hijau menyala dan pintu terbuka secara otomatis.

Ritual pemeriksaan petugas imigrasi selesai dan calon penumpang dengan bebas bisa melenggang menuju ke terminal keberangkatan, sesuai dengan yang diperuntukan bagi maskapai penerbangan yang ditumpangi.

Hal ini tentu saja memberikan nilai tambah bagi kenyamanan para penumpang. Karena biasanya, di depan petugas imigrasi setiap wajah diperhatikan dengan seksama dan dicocokan dengan foto di paspor. Dan bilamana ada pertanyaan petugas yang tidak dijawab dengan jelas maka penumpang akan diminta untuk diperiksa secara intensif.

Walaupun tidak merasa bersalah namun bagi yang pertama kali melakukan traveling keluar negeri bisa membuat dirinya menjadi tegang dan stress. Apalagi diperiksa seluruh tubuh dengan alat detektor. Nah, hal hal semacam ini kini sudah tidak lagi akan ditemui. Sebuah kemajuan dan kenyamanan bagi para penumpang.

Semoga di Indonesia juga sudah ada kemajuan seperti ini sehingga selangkah lagi kita maju dalam memberikan rasa nyaman pada para calon penumpang yang secara tidak langsung akan menopang pengembangan wisata di tanah air kita.

***

Editor: Pepih Nugraha