Menakar Loyalitas Partai-partai Pendukung Jokowi, Saat inilah Waktunya!

Jumat, 13 Juli 2018 | 07:12 WIB
0
361

Jika kita ingin mengetahui seberapa besar loyalitas partai-partai pendukung Jokowi, saat-saat menjelang pengumuman bakal Capres dan Cawapres inilah waktu yang paling tepat. Setidaknya, kita bisa melihat partai mana yang tetap berada di barisan Jokowi, dan partai mana yang mencoba peruntungan lain.

Perutungan lain yang dimaksud, mencoba membentuk koalisi baru dengan harapan bisa memenangkan kontestasi Pilpres yang akan datang. Semua itu, sudah  barang tentu telah melalui kalkulasi yang matang, misalnya dengan melihat hasil lembaga survei, atau pun dari hasil Pilkada Serentak yang lalu.

Sah-sah saja jika ada partai yang selama ini mendukung Jokowi lantas di Pilpres 2019,  membentuk koalisi baru dan menjadi penantang Jokowi.

Hal ini, bisa terjadi karena partai tersebut ingin mendapatkan lebih dari apa yang selama ini didapat dari Jokowi.

Atau, untuk sebuah pembelajaran politik yang baik bagi bangsa ini, dimana semakin banyak pasangan Capres/Cawapres akan semakin baik kualitas demokrasi di Indonesia ini.

Namun, semuanya tentu didasarkan rasionalitas politik yang ada. Tidak semata keinginan mendapatkan kekuasan lebih. Karena, yang dipertaruhkan tidak sedikit, bukan hanya dana yang besar, tetapi juga sumber daya yang memadai. Dan yang lebih penting, kesiapan tidak mendapatkan apa-apa.

Nah, bagi partai yang selama ini loyal, tentu saja tidak akan mencoba untuk keluar dari koalisi Jokowi, dan membentuk koalisi baru, selama apa yang menjadi aspirasinya dalam membangun bangsa dan negara bisa tersalurkan di dalam pemerintahan.

***