Siapa Sesungguhnya Pendukung Setia Jokowi Itu...?

Selasa, 20 Februari 2018 | 10:14 WIB
0
233
Siapa Sesungguhnya Pendukung Setia Jokowi Itu...?

Menurut pendapatku, hampir semua partai enggan mencalonkan lagi Pak Jokowi untuk jadi Presiden, termasuk PDIP.

Lhaa... kan sudah ada 3 partai yang dengan tegas mencalonkan Pak Jokowi seperti Nasdem, Golkar dan Hanura - ketiga partai itu sebenarnya Golkar dengan parfum yang berbeda saja, tapi hakekatnya ya Golkar juga - di akhir rezim Orba, Golkar memang memecah diri menjadi: Gerindra, Nasdem, Hanura, Demokrat, dan Golkar itu sendiri.

Jadi sejatinya idiologi mereka itu sama percis, yaitu sama sama tidak memiliki idiologi - kalaupun di sebut idiologi, maka idiologinya pragmatis saja: yang penting berkuasa.

Kenapa partai-partai enggan mencalonkan pak Jokowi? Pertanyaannya mesti di balik -apa yang didapatkan partai dengan mendukung Jokowi?

Pada awal kekuasaan 1-2 tahun pertama, betapa marah dan enggannya PDIP terhadap Jokowi, kritik tajampun berhamburan justru dari arah elit PDIP, padahal jatah menetri paling banyak, maka "petugas partaipun" terucap dengan lugas, semua itu bermuara karena

"sedikitnya yang didapat partai ".

Bagaimana dengan partai Islam, utamanya kaum modernis yang paling lantang bersuara..? Lha apa kurang jelas demo berjilid jilid dan kecaman bertubi tubi di media sosial serta seluruh potensi pengerahan masa tumplek blek berdiri secara diametral dengan Pak Jokowi?! - hakekat penyebabnya sama juga, "kami tidak diuntungkan dan tidak dapat apa apa...!"

Lalu bagaimana sikap pak Jokowi? saya kira bagi beliau mau dicalonkan lagi boleh, tidak ada yang mencalonkan ya sudah -baginya : "Nothing to lose" saja.

Masa jabatan bagi beliau akan berakhir 2019, infrastruktur harus selesai, land refrom dengan sertifikasi gratis sebanyak mungkin diserahkan, dana desa tersalur dengan baik, subsidi yang memberatkan APBN dan meninabobokan rakyat harus ditata agar rakyat bangun dari kemalasannya, subsidi dialihkan dari konsumsi ke produksi, infrastruktur pertanian harus diperkuat untuk kemandirian pangan kelak, BUMN sebanyak mungkin IPO agar transparan dan tidak mudah jadi sapi perahan, bunga bank untuk kredit mikro sekecil mungkin agar UKM tumbuh dll.

[irp posts="10739" name="Oalaaah.... PKS Mau Merapat ke Jokowi...!?"]

Pak Jokowi seperti tidak ada urusan dengan tahun pilpres 2019. Apakah dengan demikian tidak ada usaha ke arah sana? Usaha tentu ada, keinginan ada - hanya beliau enggan bargaining dengan hal-hal prinsip -itu saja.

Apakah kelak benar semua partai rame-rame hengkang dari mendukung pak Jokowi, termasuk PDIP? Belum tentu! - elektabilitas yang terus naik, kinerja yang kinclong, infrastruktur yang menggeliat dan kehangatan pribadi pak Jokowi dengan rakyat yang aduhai -adalah bunuh diri bagi partai jika tidak mau mendukungnya, walaupun terpaksa...!!

Jadi siapa pendukung pak Jokowi yang tulus tanpa pamrih...?

Mereka adalah pribadi atau orang partai yang ingin: "ORANG BAIK, CAKAP dan LURUS agar BERKUASA MENGURUS NEGRI, yang telah berkarya, yang telah membangun, yang menyapa rakyatnya, dan yang telah mendatangi setiap penjuru negeri tanpa kecuali.

Dari sekian banyak pendukung itu, salah satunya: SAYA...!

***

Editor: Pepih Nugraha