Elegi Ellen, ke Ajang Miss World Tanpa Sang Ayah, Fredrich Yunadi

Senin, 27 November 2017 | 12:03 WIB
0
465
Elegi Ellen, ke Ajang Miss World Tanpa Sang Ayah, Fredrich Yunadi

Di tengah merebaknya kabar tentang orang nomor satu di DPR RI yang menjadi tersangka kasus korupsi, Setya Novanto, melejit pula nama sosok Fredrich Yunadi yang tak lain adalah pengacaranya. Tak cukup di situ, saat putri Novanto terseret-seret kasus ayahnya, nama putri pengacaranya justru mendapatkan apresiasi dari warganet.

Bagaimana tidak, putri Novanto sendiri justru mengundang perasaan geram dari publik lantaran saat diminta mendatangani lembaga antirasuah (KPK) berkali-kali memilih mangkir. Sedangkan putri Yunadi justru tetap berkibar dengan tangannya sendiri, bahkan tak menggantungkan hidup kepada ayahnya lagi. Dialah Astrid Ellena Indriana Yunadi alias Ellen.

Jika sang ayah berkarier lewat dunia hukum dengan segala sepak terjangnya, Ellen cenderung memilih jalan hidup yang jauh dari kehidupan yang penuh hiruk pikuk yang berhubungan dengan hukum dan politik. Sejak 2011 ia telah dinobatkan sebagai Miss Jawa Timur dan di tahun itu juga  Ellen menjadi pemenang Miss Indonesia. Kala itu ia mampu menyingkirkan lebih dari 20 peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tak hanya menjadi bintang di dunia kecantikan nasional, tapi  Ellen juga melenggang hingga pentas internasional. Setidaknya ia pernah tercatat sebagai peserta hingga lolos ke 15 besar Miss World pada 2011.

[irp posts="4142" name="Fredrich Yunadi, Nama Yang Jadi Fenomenal Setelah Bela Setya Novanto"]

Di tengarai pendidikannya dan pengalaman hidup telah menempa diri perempuan kelahiran 8 Juni 1990 ini. Maklum, sejak lahir di Jakarta 27 tahun lalu, dia sempat dibesarkan di Surabaya hingga Maryland, Amerika Serikat. Bahkan sejak usia tiga tahun kala kedua orang tuanya berpisah, ia harus menjalani hidup hanya dengan ibunya, Linda Indriana Campbell.

Menurut pengakuan sang ibu, seperti dirilis The Jakarta Post, 30 Januari 2012, dari usia Ellen tiga tahun itu Fredrich tak pernah lagi menafkahi putrinya itu.

Persentuhannya dengan berbagai budaya tampaknya membentuk Ellen sebagai pribadi yang terbuka dan berinsting tajam untuk menemukan dunia yang paling selaras dengan dirinya. Maka itu, saat tampil di Miss World 2011 dan harus bersaing dengan 113 kontestan dari berbagai belahan dunia lainnya, ia tetap terlihat sangat percaya diri.Bahkan dia masih tercatat sebagai wakil Indonesia pertama di ajang Miss World yang mampu mencapai babak semifinal.

Kelebihan Ellen sebagai putri Fredrich dari pernikahan dengan Linda Indriana Campbell itu memang terlihat dari kepiawaiannya berbahasa. Selain fasih berbahasa Jawa dan Indonesia,  Ellen juga terkenal pintar berbahasa Inggris, Spanyol, tak terkecuali Mandarin yang terkenal sebagai bahasa yang rumit.

Tak terkecuali di bangku kuliah, sosok yang sempat mengenyam pendidikan di Quince Orchard, Maryland, tersebut menamatkan pendidikannya di Universitas Pelita Harapan, Tangerang, sebagai Best Graduate alias Lulusan Terbaik di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UPH, dengan menyandang summa cumlaude dengan IPK mencapai 3,90.

Tak ada yang menduga jika pencapaian itu diraihnya justru di tengah realita hidup pahit yang sempat melingkari dirinya. Ia hidup di Amerika Serikat bersama ibunya sejak 1993 kala masih berusia tiga tahun sampai dengan 2007.

Bahkan beberapa media mencatat, bahwa Fredrich sendiri sempat memasang iklan di surat kabar bahwa ia tak mengakui  Ellen sebagai anaknya. "Apa pun yang terjadi di kemudian hari bukan tanggung jawab saya lagi," kata Fredrich, menegaskan.

[caption id="attachment_4691" align="alignleft" width="554"] Fredrich, Ellen, dan Setya Novanto - Gbr: Tribunnews.com[/caption]

Keputusan Fredrich untuk tidak mengakui  Ellen sebagai anak tentu saja membuat Miss Indonesia 2011 ini terguncang. Bahkan pernikahannya dengan Dony Leimena disebut-sebut sebagai pemicu keputusan diambil sosok yang terkenal sebagai pengacara papan atas itu.

Belakangan terendus media jika keputusan Fredrich itu sendiri tak lepas dari masalah sikap ngotot  Ellen sendiri yang memilih Dony, sementara sosok yang dia pilih sebagai suami itu berusia jauh lebih tua darinya hingga 15 tahun. Fredrich melarang karena memang di ajang Miss Indonesia ada peraturan yang melarang untuk berpacaran selama setahun.

[irp posts="4491" name="Cara Fredrich Yunadi Bersih-bersih Meme Setya Novanto"]

Namun alasan dikemukakan Fredrich itu juga sempat menuai sorotan lantaran seperti pengakuan mantan istrinya, sejak  Ellen berusia tiga tahun pun pengacara ini tak menggubris kehidupan putrinya tersebut. Namun di kesempatan lain, pengacara ini juga mengakui tidak merestui hubungan putrinya dengan Dony karena pria tersebut adalah seorang pengusaha judi.

Entah karena menemukan perhatian lebih baik dari figur kekasihnya dibandingkan sang ayah, atau jenuh dengan popularitas, atau karena ingin memilih menjadi perempuan biasa-biasa saja, Ellen memang memilih tetap berhubungan dengan Dony hingga menikah dengannya.

Kini pasangan itu bahkan telah memiliki dua orang anak bernama Annabelle Leimena dan Axella Leimena.

***