3 Manfaat Tersembunyi Tiang Listrik Yang Tak Diketahui Orang

Jumat, 17 November 2017 | 17:05 WIB
0
1725
3 Manfaat Tersembunyi Tiang Listrik Yang Tak Diketahui Orang

Tiang listrik sebenarnya memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan warga. Meskipun fungsi pokoknya adalah sebagai tiang untuk menghubungkan kabel listrik dari satu rumah ke rumah yang lainnya.

Namun kenyataannya ada beberapa manfaat yang listrik lainnya yang ternyata membawa kemaslahatan bagi warga. Beberapa ulasan ini berdasarkan apa yang selama ini saya perhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja ya kira-kira?

1. Kentongan

Saat ini hampir jarang ditemukan kentongan meskipun di pos-pos ronda. Belum lagi kentongan itu memang sangat sulit untuk dibawa kemana-mana. Jangan pikirkan ukurannya, kentongan yang kecil saja kadang-kadang dibawa berkeliling Komplek atau kampung. Kecuali dalam kondisi seperti takbiran atau memang ada pawai obor.

Biasanya bagi mereka yang jaga ronda malam sangat jarang membawa kentongan kemana-mana. Agar tetap bisa memberikan sinyal bagi teman-temannya yang sedang ronda salah satu yang digunakan adalah tiang listrik.

Tiang listrik memiliki bunyi yang lebih kencang dan bergema dibandingkan dengan kentongan dari bambu atau kayu. Bahkan gemanya itu bisa menyebar dalam radius lebih dari 1 km. Itulah kenapa tiang listrik sangat efektif untuk dijadikan kentongan.

Orang-orang yang ronda tak perlu repot bawa-bawa kentongan. Karena hampir di setiap sudut sudah ada tiang listrik. Sinyalnya lebih cepat dari sinyal 4G sebagi kode tanda bahaya. Kode tersebut pun pasti sudah langsung dipahami oleh seluruh warga jika dipukul bertalu-talu.

2. Tempat Iklan

Jumlah tiang listrik hampir bisa dikatakan cukup banyak. Untuk 1 km saja kemungkinan ada lebih dari tiga tiang listrik.

Itulah mengapa para pelaku usaha kecil dan menengah menjadikan tiang listrik sebagai tempat iklan yang efektif dan efisien. Dengan adanya tiang listrik mereka tak perlu membayar pajak iklan ataupun susah-susah membangun sebuah Billboard yang belum bentuk efektif untuk mengiklankan usahanya.

Salah satu iklan yang paling sering muncul di tiang listrik adalah iklan badut ulang tahun dan sedot WC. Dua iklan ini memang sangat mengganggu, namun dalam kondisi tertentu justru malah sangat dibutuhkan. Bayangkan jika tidak ada sedot WC, mau jadi apa kota kita tanpa adanya sedot WC? Bisa-bisa piala Adipura direbut oleh kota sebelah.

3. Barikade Pedestrian

Sudah banyak video-video yang dibagikan di sosial media seperti YouTube yang menunjukkan bahwa tiang listrik memiliki fungsi lain yaitu sebagai barikade bagi para pejalan kaki. Tiang listrik bisa menyelamatkan sebuah nyawa. Namun di sisi lain kadang-kadang yang bagai dua mata pisau yang juga bisa menusuk pemiliknya.

Sisi lain Tiang Listrik

Keberadaan tiang listrik di Indonesia memang masih menjadi kontroversi karena dianggap membahayakan. Di negara-negara maju sudah menghilangkan tiang listrik dan menggantinya dengan kabel listrik yang ditanam di bawah permukaan tanah. Tiang listrik bukan hanya merusak estetika sebuah kota, tapi juga memiliki resiko risiko lainnya.

Coba hitung berapa banyak generasi bangsa ini yang gugur gara-gara kesetrum karena layangannya nyangkut di tiang listrik!

Contoh lain, tiang listrik dengan kabel yang menjuntai sudah pernah memakan korban di kota Bandung. Salah satunya karena kecerobohan wisatawan yang sedang mengendarai bus tingkat untuk wisata keliling tesebut.

[irp posts="4104" name="Setya Novanto, Pria Tampan" yang Memulai Bisnis dengan 3 Kuintal Beras"]

Sang korban tidak menyadari bahwa di depannya terdapat sebuah kabel listrik yang menjuntai, lebih rendah dibandingkan kabel lainnya padahal saat itu posisinya sedang membelakangi arah jalan. Sehingga saat bus melewati kabel tersebut, korban tersangkut dan langsung jatuh ke jalan.

Jika ditambahkan bisa saja kali ini sebuah tiang listrik kali ini mampu menyelamatkan seorang Setya Novanto, orang yang paling dicari di seluruh Indonesia. Karena tiang listrik Setnov tidak jadi ditangkap karena langsung masuk rumah sakit (lagi). Tak heran jika kali ini tiang listrik memang sangat berhak mendapatkan hadiah 10 juta karena berhasil menemukan orang yang paling dicari di seantero Nusantara.

***