5 Destinasi Wisata Unggulan di Sumatera

Sumatera juga memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dengan destinasi-destinasi di Indonesia bagian timur itu.

Jumat, 18 Februari 2022 | 08:18 WIB
0
186
5 Destinasi Wisata Unggulan di Sumatera
5 Destinasi wisata Sumatra

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar di dunia. Setiap tahun selalu terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Berbicara tentang pariwisata Indonesia, bukan hanya tentang Bali, Lombok, Raja Ampat atau Pulau Flores.

Nah, Indonesia bagian timur memang sudah terkenal memiliki pesona alam yang menakjubkan, pantai yang indah dan pemandangan bawah lautnya.

Namun, Anda juga bisa melirik potensi wisata yang ada di Indonesia bagian barat, seperti Kepulauan Sumatera dan sekitarnya. Sumatera juga memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dengan destinasi-destinasi di Indonesia bagian timur itu.

Wisata alam merupakan salah satu andalan Sumatera. Misalnya wisata bahari, pegunungan dan danau besar. Anda dapat menjelajahi Sumatera baik dengan hiking, trekking, atau olahraga air.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tempat wisata Sumatera, berikut adalah 5 destinasi wisata unggulan di Sumatera yang kami rekomendasikan untuk referensi Anda.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan provinsi di bagian utara Pulau Sumatera yang memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi . Beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang banyak dikenal hingga mancanegara seperti Danau Toba dengan panorama alamnya yang indah dan Bukit Lawang dengan keunikan Orangutan Sumateranya.

Kota Medan sendiri sebagai pintu gerbang berbagai destinasi wisata di pulau sumatera memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Istana Maimun dengan Masjid Agung dan Kolam Raja, Rumah Tjong A Fie dan bangunan bersejarah peninggalan Belanda. zaman penjajahan.

Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan di Pulau Sumatera, Danau Toba memiliki keajaiban alam yang mempesona yang terbentang sepanjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer pada ketinggian 900 meter di atas Pegunungan Bukit Barisan. Dikelilingi oleh hutan yang hijau membuat Danau Toba sangat sejuk dan menyegarkan.

Danau Toba yang luasnya 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter ini merupakan Danau Vulkanik Terbesar di Dunia. Danau hasil erupsi supervolcano Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu ini menjadi Icon Wisata Sumut dan menjadi destinasi wisata yang menarik dan menantang untuk dikunjungi.Di tengah Danau Toba juga terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Di pulau ini juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti makam batu yang berusia sekitar 500 tahun dan desa dengan rumah adat serta budaya Batak Toba yang unik dan kuno.

2. Batam, Kepulauan Riau

Batam, Kepulauan Riau juga merupakan salah satu Destinasi Wisata Unggulan di Pulau Sumatera yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Kota Batam pernah mengadakan kunjungan wisata setahun yang bertajuk Visit Batam 2010 – Experience it. Batam juga didukung oleh fasilitas hotel dan resort berstandar internasional serta berbagai kegiatan pariwisata yang diatur khusus untuk wisatawan.

Pemerintah Kota Batam menjamin kenyamanan dan kepuasan wisatawan domestik maupun mancanegara saat berkunjung ke Kota Batam.

3. Belitung, Provinsi Bangka Belitung

Destinasi wisata unggulan di Sumatera selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Kepulauan Belitung yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Belitung sebagai negara kepulauan memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama pantainya yang unik dan indah , tempat wisata sejarah dan acara adat Belitung.

Belitung adalah pulau yang indah yang memiliki pemandangan unik dengan pantai berpasir putih bersih dan dihiasi oleh batu granit yang artistik. Air laut yang jernih dikelilingi oleh ratusan pulau kecil menambah keindahan Belitung. Salah satu pantai terbaik di Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Lengkuas.

Selain memiliki tempat wisata bahari yang memukau, Belitung juga memiliki Batu Mentas di kaki Gunung Tajam. Tempat ini memiliki potensi yang luar biasa sebagai tujuan wisata terpadu. Keindahan alam, baik sungainya yang jernih dan hutannya yang lebat serta keunikan flora dan faunanya, semua bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Belitung.

Belitung juga merupakan rumah bagi sejumlah satwa langka seperti Tragulus, Otus Siaoensis dan Tupai Klaras. Menjelajahi keunikan seni dan budaya tradisional serta keahlian masyarakat setempat dalam membuat kerajinan anyaman dan rotan akan melengkapi aktivitas Anda di Belitung.

4. Padang, Sumatera Barat

Padang adalah kota terbesar di pesisir barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang pariwisata Indonesia di bagian barat Indonesia dari Samudera Hindia.

Kota Padang memiliki museum yang terletak di pusat kota bernama Museum Adityawarman yang memiliki gaya arsitektur berupa Rumah Adat Minangkabau (Rumah Gadang). Sedangkan di kawasan Pelabuhan Muara banyak ditemukan bangunan peninggalan kolonial Belanda, beberapa di antaranya ditetapkan sebagai cagar budaya seperti Masjid Muhammadan yang didirikan pada tahun 1843 dan Klenteng Kwan In yang didirikan pada tahun 1861.

Kemudian di kawasan Pelabuhan Teluk Bayur juga terdapat beberapa kawasan wisata unggulan seperti Pantai Air Manis, Pantai Caroline dan Pantai Bungus serta resort wisata berkelas internasional yang terletak di Pulau Sikuai. Sedangkan di tengah Kecamatan Koto, Anda akan menemukan Pantai Pasir Jambak dan Kawasan Wisata Alam Lubuk Minturun yang terkenal dengan Tradisi Balimau.

Padang juga terkenal dengan masakannya. Di sini Anda bisa menikmati kelezatan Gulai, Rendang, Ayam Pop, Terong Balado, Nasi Kapau dan Sate Padang.

5. Palembang, Sumatera Selatan

Palembang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu Destinasi Wisata Unggulan di Pulau Sumatera yang wajib Anda kunjungi. Kota yang terletak di kaki Gunung Bukit Barisan yang megah ini memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi baik wisata alam, sejarah maupun budayanya.

Sumatera Selatan memiliki objek wisata berupa pegunungan dengan flora dan fauna yang beragam seperti Taman Nasional Kerinci Seblat. Di kota Palembang Anda bisa berkeliling mengunjungi Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau dan juga Kota Pagaralam untuk menyaksikan berbagai tradisi dan budaya yang unik dan menarik.

Sedangkan tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi antara lain Danau Ranau yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Musi Rawas dan Musi Banyuasin. Sedangkan objek wisata air terjun tersedia di Kabupaten Muara Enim dan Lahat.

Wisata budaya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo, Rumah Limas dan Kubu. Wisata sejarah antara lain Situs Sriwijaya berupa batu kuno, patung kuno dan museum di Palembang, Kompleks Pemakaman di Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak.

Selain memiliki banyak tempat wisata yang menarik, Palembang juga didukung oleh fasilitas penginapan berstandar internasional seperti hotel, villa, restoran dan fasilitas penunjang wisata lainnya.

Referensi : Nusa Penida