Ini 5 Penyakit Umum yang Dialami Wanita

Senin, 12 September 2022 | 10:23 WIB
0
23
Ini 5 Penyakit Umum yang Dialami Wanita
Sumber: Canva.com

Cukup dengan mengonsumsi vitamin untuk tubuh wanita. Setiap orang berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, tetapi wanita adalah kelompok yang lebih rentan terhadap berbagai risiko kesehatan daripada pria.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan anatomis dan hormonal antara wanita dan pria. Oleh karena itu, wanita lebih mungkin untuk tertular penyakit tertentu.

Baca Juga: Waspadai 5 Penyakit Umum dan Vitamin Tubuh untuk Wanita 

Penyakit Umum yang Dialami Wanita

Sebelum menjelaskan vitamin apa saja yang dimiliki tubuh wanita, ada baiknya mengetahui jenis penyakit berikut yang biasa dialami atau diderita wanita.

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana kepadatan dan kekuatan tulang menurun. Wanita pascamenopause berisiko kehilangan kepadatan tulang lebih cepat. Hal ini membuat tulang rapuh dan rentan patah.

Estrogen, hormon yang menurun tajam setelah menopause, merupakan faktor kunci dalam perkembangan osteoporosis. Hal ini karena estrogen berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang.

2. Kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada wanita di seluruh dunia. Ada beberapa faktor risiko bagi seorang wanita untuk mengembangkan kanker payudara.

Mulai dari faktor genetik, menyusui, kehamilan pertama di usia dewasa, hingga pengaruh gaya hidup. Gaya hidup tidak sehat seperti diet tinggi lemak, stres, obesitas, dan alkohol dapat meningkatkan faktor risiko.

Kebutuhan vitamin bagi tubuh wanita cukup untuk diperhatikan. Bertujuan untuk deteksi dini kanker payudara, kami mengembangkan kampanye SADARI (pemeriksaan payudara sendiri).

3. Kanker serviks

Kanker serviks biasanya disebabkan oleh infeksi HPV (human papillomavirus). Penyakit ini terjadi ketika sel-sel bermutasi sedemikian rupa sehingga mereka tumbuh secara tidak normal, yang mengarah pada pembentukan sel-sel kanker. Deteksi dini memungkinkan pasien untuk diobati secara efektif sehingga sel kanker dapat dicegah berkembang biak.

4. Batu empedu

Kelebihan berat badan dapat memicu batu empedu. Secara genetik, wanita cenderung memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dan berisiko lebih tinggi mengalami obesitas. Gaya hidup yang tidak aktif dan pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko batu empedu. Untuk mencegahnya, pastikan untuk menjalani gaya hidup aktif dan menetapkan pola makan sehat yang mencakup konsumsi vitamin untuk tubuh wanita.

5. Infeksi Saluran Kemih

Wanita, yang memiliki uretra lebih pendek daripada pria, lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih. Ini karena bakteri bisa masuk ke kandung kemih lebih cepat. Untuk mencegahnya, selalu jaga kebersihan.

Vitamin Terbaik untuk Tubuh Wanita
Untuk memperkuat kekebalan dan tetap sehat, Anda harus memperhatikan kandungan vitamin berikut:

1. Vitamin B12

Vitamin B12 mengubah makanan menjadi glukosa untuk energi. Wanita membutuhkan vitamin B12 dalam jumlah yang cukup untuk tetap aktif dan meningkatkan metabolisme mereka. Vitamin B12 berlimpah di:

  • ikan salmon
  • daging sapi
  • susu
  • yogurt
  • telur

2. Asam folat

Asam folat sangat penting bagi wanita yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Selain makanan seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan, Anda bisa mendapatkan manfaat asam folat dari suplemen.

3. Vitamin K

Vitamin K, vitamin penting bagi tubuh wanita, juga penting. Jenis vitamin ini sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menjaga kesehatan jantung. Selanjutnya, kaya akan vitamin K:

  • gula
  • buah-buahan
  • sayuran hijau
  • Minyak sayur

4. Magnesium

Magnesium dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mood, menjadikannya pengobatan yang sangat baik untuk PMS. Anda dapat menambahkan suplemen dan makanan kaya magnesium seperti cokelat hitam, pisang, dan alpukat.

5. Vitamin D

Vitamin D sangat baik untuk meningkatkan kekebalan dan memperkuat fisik dan mental. Kekurangan vitamin D meningkatkan risiko kanker, diabetes dan penyakit jantung pada wanita. Wanita memiliki risiko yang cukup tinggi terkena berbagai penyakit. Untuk mencegahnya, jalani pola hidup sehat dan jangan lupa mengonsumsi vitamin dalam tubuh wanita.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Menyebabkan Serangan Jantung

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyakit umum yang diderita wanita. Semoga artikel ini bermanfaat.