Minuman Sehat untuk Jantung untuk Hidup yang Lebih Berkualitas

Selasa, 30 Mei 2023 | 15:25 WIB
0
97
Minuman Sehat untuk Jantung untuk Hidup yang Lebih Berkualitas
Minuman Sehat untuk Jantung untuk Hidup yang Lebih Berkualitas

Jantung adalah organ vital manusia yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup manusia. Dengan demikian, jantung yang sehat dapat membantu menjamin kualitas hidup yang baik.

Untuk memastikan dan meningkatkan kesehatan jantung, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Mulai dari rutin berolahraga, makan makanan sehat, hingga Tingkatkan Kualitas Hidup Anda dengan Minuman Sehat untuk Jantung seperti berikut.

7 Minuman Sehat untuk Jantung

Terdapat banyak minuman di sekitar Anda yang dapat meningkatkan kualitas hidup jika diminum dengan benar. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Kopi  
Kopi memiliki tingkat antioksidan lebih tinggi ketimbang kakao atau teh, sehinga jika dikonsumsi dengan tepat, minuman ini dapat membantu tubuh menghambat peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kopi tanpa  krim dan gula sama sekali juga dapat mencegah stroke dan penyakit jantung lainnya. Meminum antara 2 - 4 cangkir kopi hitam polos per hari termasuk kategori medium. Jika Anda mengalami kondisi susah tidur, gelisah, dan kelelahan, cukup minum satu gelas saja.  

2. Jus Delima  
Beberapa ahli dari University of California menemukan bahwa kapasitas antioksidan jus delima tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang anggur merah dan teh hijau. Penelitian awal juga menunjukkan bahwa konsumsi rutin jus buah delima tanpa pemanis dapat menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri, dan meningkatkan aliran darah ke jantung.  

3. Anggur Merah   
Anggur merah kaya akan resveratrol yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini berkhasiat untuk melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah.  Konsumsi anggur merah secara proporsional juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Dengan demikian, beberapa penelitian menganjurkan tidak lebih 1.5 gelas per hari untuk perempuan, dan tidak lebih dari 2 gelas per hari bagi pria. 

4. Teh Hitam  
Proses fermentasi dalam produksi teh hitam mengubah komposisi kimia dari daun dan menghasilkan kandungan antioksidan yang kuat. Kandungan ini sangat berkhasiat dalam membantu mendukung kesehatan jantung dengan memperbaiki fungsi pembuluh darah, mengurangi risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), juga meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner.  

Manfaat fitokimia dari daun teh dapat ditingkatkan dari lama masa rebusan teh. Dengan demikian, banyak ahli menyarankan agar teh disajikan dengan air panas.  

5. Teh Hijau  
Teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Rutin meminum teh hijau sebanyak 1-3 cangkir per hari dapat mencegah risiko penyakit arteri koroner, menurunkan kolesterol, serta membantu mencegah pembekuan darah dan stroke. 

6. Teh Hibiscus
Khasiat teh hibiscus yang paling terkenal adalah menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.. Kandungan polifenol, flavonoid, dan fenol dalam teh ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, yang kemudian juga menurunkan risiko Anda menderita hipertensi dan penyakit jantung.

Teh hibiscus juga dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan demikian, teh ini sangat baik untuk jantung. 

7. Air  
Karena 70% tubuh manusia terbuat dari air, tentu saja air menjadi minuman sehat bagi manusia. Kekurangan air (dehidrasi) dapat mengakibatkan darah kental dan memaksa membuat hati mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dehidrasi kronis juga dapat hipertensi (tekanan darah tinggi), sehingga sangat dianjurkan untuk minum 8-10 gelas air (untuk dewasa).   

Anda juga dapat menjaga kesehatan jantung secara lebih lanjut dengan mengkonsumsi Vitamin untuk Kesehatan Jantung. Jangan lupa juga untuk menjauhi makanan berlemak tinggi dan memperbanyak rutinitas sehat!