Rekomendasi dan Makanan untuk Kesehatan Mata

Selasa, 30 Mei 2023 | 10:38 WIB
0
76
Rekomendasi dan Makanan untuk Kesehatan Mata
Rekomendasi dan Makanan untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, penting untuk memastikan mata berfungsi dengan optimal, baik dengan mempraktikkan kebiasaan sehat untuk mata, mengkonsumsi Vitamin Kesehatan Mata sesuai Usia, juga berbagai makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti berikut ini.

Rekomendasi Makanan untuk Kesehatan Mata

Berbicara mengenai kesehatan mata, sebagian dari Anda mungkin akan langsung memikirkan mengenai sayur wortel. Sayur ini memang benar memiliki kandungan yang baik untuk mata, namun tahukah Anda terdapat banyak lagi makanan yang memiliki khasiat serupa? Simak rekomendasi makanan untuk kesehatan mata berikut!

1. Wortel
Beta karoten yang wortel kandung merupakan nutrisi yang akan diubah menjadi vitamin A ketika masuk ke dalam tubuh. Vitamin A sangat baik untuk mata karena vitamin ini memiliki peran dalam produksi rhodopsin pada retina yang berguna untuk penglihatan pada malam hari.

Vitamin A juga membantu menjaga kelembaban mata sehingga terhindar dari xerophthalmia atau mata kering. Selain vitamin A dan beta karoten, worten juga kaya akan kalsium, fosfor, kalium, dan juga serat yang ada di dalamnya.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau memiliki berbagai macam nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin C dan vitamin E yang baik untuk membantu mata berfungsi dengan optimal. Sayuran hijau juga mengandung zat antioksidan, yaitu zeaxanthin dan lutein, yang baik untuk melindungi sel mata dari efek radikal bebas berlebih serta paparan cahaya biru (blue light) teknologi zaman sekarang.

Sayuran hijau yang kaya akan kandungan-kandungan tersebut meliputi bayam, brokoli, dan kale.

3. Alpukat 
Alpukat kaya akan lutein, pigmen karotenoid yang sekelompok dengan vitamin A. Lutein berkhasiat untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular. Alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang membentuk Vitamin A.

4. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang termasuk bahan antioksidan kuat untuk membantu mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen pada kornea mata.

5. Daging Sapi dan Ayam
Kandungan zinc dalam daging sapi dan ayam dapat membantu proses pengolahan vitamin A dalam tubuh untuk dibawa menuju retina mata. Mengkonsumsi zinc juga akan membantu tubuh melindungi mata dari paparan cahaya berlebih.

6. Ikan
Ikan, terutama ikan laut, direkomendasikan sebagai makanan untuk kesehatan mata lantaran mengandung asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 tersebut memiliki peran dalam perkembangan organ visual serta retina mata.

7. Telur
Bagian kuning telur sangat kaya akan zat zinc, zeaxanthin, dan juga vitamin A yang sehat untuk mata. Selain itu, telur dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat dan kandungan proteinnya dapat memberikan Anda tenaga ekstra untuk beraktivitas sepanjang hari. 

8. Pisang
Selain dapat menjadi tambahan energi bagi tubuh, kandungan vitamin B2, B6, A, B1, dan C, dalam pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

9. Kacang Almond
Kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang berkhasiat untuk menjaga molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Dengan demikian, banyak ahli yang menyarankan untuk mengkonsumsi kacang almond sebanyak 15 mg per hari untuk membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak.

Sekian penjelasan mengenai rekomendasi Rekomendasi Makanan untuk Kesehatan Mata. Selain mengkonsumsi makanan sehat, pahami juga Cara Jaga Kesehatan Mata yang Efektif agar Anda dapat memaksimalkan potensi kualitas hidup dengan mata yang sehat.