Ladies, Perhatikan 5+ Gangguan Haid Ini Yuk!

Kamis, 16 Desember 2021 | 18:14 WIB
0
73
Ladies, Perhatikan 5+ Gangguan Haid Ini Yuk!
Gangguan Haid

Seringkali, ketika mengalami gangguan saat menstruasi atau haid, hanya dianggap sebagai kondisi alami yang wajar untuk dirasakan.

Namun, nyatanya gangguan saat haid bisa menjadi pertanda bahwa kondisi kesehatan sedang menurun. 

Baca Juga: 7 Gangguan Haid Paling Umum, Jangan Disepelekan!

​​Jenis-Jenis Gangguan Haid

Gangguan apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut adalah 7 gangguan haid yang umum ditemui.

 1. Dismenore: Kram Perut

Dismenore dapat ditandai dengan rasa nyeri atau kram di bagian pinggul ketika menstruasi. Ada pun gejala-gejala lain dari Dismenore, seperti perut kembung, mual disertai muntah, diare, tubuh lemah dan lesu, sakit kepala, dan juga pusing. 

2. Menorrhagia: Pengeluaran Darah Berlebih

Menorrhagia ditandai dengan jumlah darah saat menstruasi lebih banyak dibanding biasanya. Gangguan ini memungkinkan kamu untuk mengalami menstruasi lebih dari 7 (tujuh) hari dikarenakan jumlah darah yang keluar banyak.

3. Siklus Menstruasi yang Tidak Sesuai

Gangguan ini juga bisa disebut sebagai kelainan siklus menstruasi, di mana siklus menstruasi tidak sesuai dengan yang seharusnya. Hal ini paling umum terjadi pada wanita ketika sedang haid. Tidak perlu khawatir, sudah banyak cara penanganan terkait gangguan ini di berbagai rumah sakit atau klinik.

4. Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)

Gangguan ini ditandai dengan kondisi emosional dan fisik penderita berubah drastis. Namun, hal ini masih wajar dan bisa ditangani. PMDD sendiri dipicu karena adanya penurunan produksi serotonin karena fluktuasi hormon ketika menjelang haid. Gangguan ini dapat berbahaya apabila penderita mempunyai riwayat depresi atau depresi pasca-melahirkan (baby blues).

5. Menometroragia: Pendarahan di Luar Siklus Haid 

Pada Menometroragia, terdapat kelainan siklus pendarahan dari rahim yang tidak normal dan teratur. Gangguan ini dapat muncul di waktu yang tidak terduga dan dapat sering terjadi. Apabila mengalami gangguan ini, lebih baik langsung melakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Kondisi Patologis Terkait Masalah Menstruasi

Kondisi patologis umumnya disebabkan karena adanya ketidakseimbangan estrogen dan progesterone menjelang haid. Akibatnya, tubuh akan merasakan ketegangan sebelum haid (premenstrual tension) pada seminggu sebelum dan sesudah haid. Umumnya, gangguan ini sering dirasakan oleh wanita berusia 30-40 tahun.

Penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter, karena pengobatan pada gangguan ini perlu disesuaikan dengan keadaan dan kondisi penderita.

7. Amenorea: Tidak Haid

Terdapat dua jenis pada gangguan ini, yaitu amenorea primer dan sekunder. Pada amenorea primer, penderita tidak mengalami haid sampai usia 16 tahun. Amenorea primer sendiri dapat disebabkan oleh gangguan otak yang mengatur hormon menstruasi, kelainan genetik, atau masalah pada indung telur (ovarium) atau rahim. 

Lalu, pada amenorea sekunder, penderita pernah mengalami menstruasi sebelumnya, tetapi berhenti menstruasi selama 3 (tiga) bulan atau lebih, walaupun sedang tidak hamil.

Gangguan ini dapat disebabkan karena wanita sedang menyusui, menopause, penurunan berat badan berlebih, penyakit tertentu (PCOS, penyakit tiroid, tumor otak di bagian kelenjar pituitari atau hipofisis, miom atau polip dalam rahim), stres berat, efek samping obat-obatan (kemoterapi, obat penunda haid, dan antidepresan), penggunaan kontrasepsi (pil KB, KB suntik, dan IUD), malnutrisi, dan olahraga yang berlebih.

Baca Juga: Ladies, Kamu Mengalami Kondisi Ini? Segera Periksakan di Poli Kebidanan dan Kandungan!

Gangguan haid memang merupakan suatu kondisi yang umum terjadi pada wanita ketika menstruasi, tetapi terdapat beberapa gangguan yang akan memberikan dampak secara signifikan bagi kesehatan.

Apabila gangguan tidak lagi terasa wajar, sebaiknya segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke layanan medis terdekat agar dapat dicegah dan diberikan penanganan yang sesuai. Salah satu rumah sakit yang bisa memberikan solusi bagi gangguan yang kamu alami adalah Rumah Sakit Bunda. Semangat, Ladies!