5 Manfaat Air Laut bagi Fisik dan Mental Manusia

Jumat, 16 Juni 2023 | 17:14 WIB
0
80
5 Manfaat Air Laut bagi Fisik dan Mental Manusia
5 Manfaat Air Laut bagi Fisik dan Mental Manusia

Air laut mengandung berbagai zat mineral yang penting untuk fungsi tubuh. Salah satu dari mineral tersebut adalah magnesium yang penting untuk menjaga kekuatan tulang, saraf, dan juga otot-otot dalam tubuh.

Kandungan magnesium dalam air laut juga sangat baik untuk tekanan darah serta membantu proses metabolisme insulin. Beberapa riset bahkan menemukan bahwa  berendam di air laut selama 60-120 menit akan membantu meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh.

Selain dari baik untuk kadar magnesium tubuh, terdapat juga berbagai Manfaat Mandi Air Laut bagi tubuh sebagai berikut.

Manfaat Berenang di Laut

Bagi Anda yang berencana mengunjungi pantai, pertimbangkanlah untuk meluangkan waktu dan berenang di air laut selama beberapa menit untuk menuai sejumlah manfaat berikut. 

Meningkatkan Suasana Hati
Berenang dalam air laut ternyata dapat meredakan stres sekaligus membuat suasana hati menjadi lebih baik. Ini terbukti dalam sebuah studi kasus British Medical Journal yang menemukan bahwa berenang di laut secara berkala setiap pekannya dapat meredakan depresi. Aktivitas ini juga membantu menurunkan gejala depresi kumulatif secara drastis.

Meningkatkan Kecantikan
Kandungan garam dalam air laut di pagi hari dapat mengatasi masalah gatal, jerawat, serta kudis pada kulit berkat kandungan garam, potasium klorida, dan mineral seperti magnesium membantu mengeluarkan racun dari dalam kulit. Racun pun akan mengelupas dengan sendirinya dan melepaskan diri bersama dengan sel kulit mati, serta akan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru apabila sel kulit mati sudah terkelupas.

Kandungan magnesium juga bermanfaat untuk melembabkan permukaan kulit, dan kandungan garam dan potasium klorida dalam air laut membantu penyembuhan luka pada kulit. Kedua zat ini mampu menyembuhkan penyakit iritasi pada kulit, peradangan pada kulit, serta psoriasis pada kulit.

Membantu Mengatasi Gangguan Pernapasan
Uap air laut di pagi hari sangat baik untuk mengatasi masalah pernapasan, baik yang disebabkan oleh flu, bronchitis, maupun sinusitis. Kandungan garam pada air laut akan membuat lendir dan ingus pada saluran pernapasan menjadi lebih cair dan membantu tubuh mengeluarkannya dari saluran pernapasan.

Meningkatkan Daya Tahan dan Kekuatan
Selain mandi, berenang di air laut juga sangat baik untuk Anda. berenang adalah olahraga yang bisa meningkatkan daya tahan sekaligus kekuatan tubuh.

Meskipun demikian, kegiatan ini hanya direkomendasikan bagi Anda yang telah dapat berenang, atau didampingi oleh sejumlah orang terdekat. Adanya ombak, arus, temperatur tak bersahabat, hingga jarak pandang terbatas memberikan tekanan dalam air yang berubah-ubah. Tantangan ini dapat membantu tubuh Anda berlatih dengan lebih maksimal jika dilakukan dengan aman dan berhati-hati..

Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan yang terdapat dalam air laut ternyata serupa dengan kandungan atau komposisi pada plasma darah manusia. Persamaan komposisi dalam air laut ini dapat membantu membuat peredaran darah tubuh menjadi lancar.

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat berendam setidaknya selama 30 menit dalam air laut pada pagi hari. Aktivitas ini juga akan membantu melancarkan peredaran darah seluruh tubuh.

Cara Aman Berenang di Laut

Berenang di laut terbuka tentu berbeda dengan berenang di kolam buatan. Ombak besar, arus balik, temperatur, hingga binatang laut dapat menghalangi kegiatan hingga membahayakan keamanan Anda, oleh sebab itu, ikuti beberapa langkah ini demi berenang yang lebih aman:

  1. Berlatih terlebih dahulu di kon baik.
  2. Kuasai teknik pernapasan dengan sempurna.
  3. Bernapas pada dua sisi untuk mengantisipasi ombak.
  4. Berlatih posisi vertikal saat berada di air (tread water).
  5. Berlatih berenang lurus tanpa melihat.
  6. Berenang bersama sekelompok lam renang.
  7. Kuasai gaya renang dengateman.

Berbeda dari air kolam renang buatan, kandungan air laut cenderung lebih sehat dan bebas dari kimiawi. Selain baik untuk fisik manusia, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa berenang di air laut juga membantu suasana hati menjadi lebih baik serta gejala depresi pun berkurang. Anda juga dapat memaksimalkan manfaat air laut tersebut dengan mengkonsumsi 15 Makanan Penambah Stamina Agar Tidak Cepat Lelah!