Penyebab dan Perbaikan Saat Penggunaan Disk Pada PC Berada di Angka 99%

Jumat, 8 Maret 2024 | 14:48 WIB
0
45
Penyebab dan Perbaikan Saat Penggunaan Disk Pada PC Berada di Angka 99%
Penggunaan Disk Pada PC

Penggunaan disk yang sangat tinggi secara konstan adalah salah satu masalah paling umum di kalangan pengguna Windows. Tanda-tanda paling umum dari masalah ini meliputi pengoperasian yang sangat lambat, waktu muat yang lebih lama, dan bahkan kegagalan disk. Program dan Windows terkadang menjadi lamban dan juga tidak responsif. Sebagian besar pengguna PC yang ada pada saat ini merasa bingung dengan penyebab masalah ini karena kesulitan untuk menentukan penyebab yang sebenarnya.

Penyebab dan Perbaikan Saat Penggunaan Disk Pada PC Berada di Angka 99%

Penyebab kenapa penggunaan disk berada di angka 99% biasanya dari infeksi virus, perangkat lunak yang rusak, dan Teknologi Penyimpanan Cepat Intel hingga kesalahan konfigurasi memori virtual, tugas defragment Windows yang dijadwalkan secara otomatis, dan indeks pencarian Windows. Untuk mengidentifikasi akar permasalahan, Anda perlu melihat Windows Task Manager dan Resource Monitor. Alat-alat ini memungkinkan Anda melihat berapa banyak kapasitas disk yang digunakan setiap proses ini.

Setelah menentukan dengan tepat proses yang menghabiskan kapasitas disk, Anda harus mengakhirinya dan memeriksa kembali penggunaan disk. Jika masalah terus berlanjut, Anda mungkin menghadapi masalah tingkat Windows atau firmware yang memerlukan penggalian lebih lanjut. Kita akan membahas berbagai solusi yang dapat di coba untuk menyelesaikan masalah penggunaan disk yang di angka 99%.

Cara Mengidentifikasi Proses yang Memakan Kapasitas Disk Anda

Meskipun masalah penggunaan disk yang tinggi mungkin tampak membingungkan, seringkali tidak sulit untuk melihat aplikasi mana yang menghabiskan seluruh kapasitas disk Anda. Itu karena Windows dilengkapi dengan alat diagnostik yang sesuai: Windows Task Manager dan Windows Resource Monitor.

Pengelola Tugas Windows

Pengelola tugas yang ada pada PC Anda ini akan memberi Anda gambaran yang paling umum tentang penggunaan sumber daya umum komputer Anda serta layanan dan proses yang berjalan di dalamnya.

- Untuk membukanya, klik kanan menu Start di taskbar Anda dan klik Task Manager .

- Alternatifnya, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka pengelola tugas.

- Jika jendela yang terbuka kecil, klik Informasi Lebih Lanjut untuk mendapatkan pengelola tugas berukuran penuh.

- Sesampai di sana, Anda dapat mengurutkan proses berdasarkan konsumsi kapasitas disk.

- Klik pada header kolom Disk Usage dan lihat proses pertama.

- Kemudian klik kanan pada proses itu dan klik End Task .

Jika hal tersebut berhasil, maka Anda perlu mengambil tindakan lanjutan untuk memperbaiki masalah yang satu ini secara permanen karena kemungkinan besar masalah tersebut akan segera muncul kembali setelah Anda me-restart komputer Anda. Pendekatan umumnya adalah mencari nama proses yang baru saja Anda matikan untuk melihat apa fungsinya dan bagaimana Anda harus menanganinya. Meskipun demikian, berikut ini adalah beberapa rekomendasi khusus untuk situasi yang paling umum.

Peramban Internet

Jika browser Anda mendorong penggunaan disk hingga maksimal, solusi yang harus Anda coba adalah memperbarui. Namun, kemungkinan besar penyebabnya adalah kode ekstensi atau add-on yang buruk.

- Pertama, matikan semua proses yang terkait dengan browser.

- Kemudian ketik nama browser Anda di Start Menu dan pilih New Incognito Window (alias Private browsing di Firefox).

- Periksa Task Manager untuk melihat apakah penggunaan disk Anda kembali naik.

- Jika ya, hapus browser sepenuhnya dengan alat seperti Revo Uninstaller , unduh browser versi terbaru dari situs resminya, dan instal kembali.

- Jika tidak, Anda perlu mengidentifikasi - ekstensi mana yang menyebabkan masalah penggunaan disk yang tinggi.

- Mulai dari yang terbaru, hapus ekstensi satu per satu, dan mulai ulang browser Anda setiap saat hingga masalahnya hilang.

Layanan Windows

Layanan Windows adalah program kecil yang mengelola aspek inti sistem operasi pada PC Anda, seperti pemutaran audio dan jam. Terkadang, layanan ini rusak dan bertentangan satu sama lain. Jika proses yang menyebabkan masalah Anda adalah layanan Windows, Anda harus melihat bagaimana komputer Anda terpengaruh dengan cara mematikannya. Google nama layanannya untuk mengetahui fungsinya.

Kemudian putuskanlah kembali apakah Anda juga dapat menerima konsekuensi dari mematikan layanan tersebut atau tidak. Oleh karena itu, ketika Anda mematikannya, maka Anda tidak dapat memutar musik, video, atau permainan di komputer Anda sampai Anda me-restart Windows. Untuk mencegah layanan Windows dimulai secara otomatis setelah setiap reboot, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka menu Start dan ketik Service. (Atau, Anda dapat menekan tombol Windows + R dan mengetik services.msc .)

- Temukan layanan yang Anda tuju dari daftar.

- Klik kanan pada Services dan klik Properties .

- Dari menu dropdown Startup Type, pilih Manuals.

- Klik Oke.

Dengan cara ini, Anda dapat memulai layanan kapan pun membutuhkannya dengan menemukannya di bawah layanan, klik kanan padanya, dan pilih Start. Meskipun mungkin merepotkan untuk dilakukan, pendekatan ini akan menyelamatkan Anda dari keharusan melakukan instalasi Windows yang bersih ini.

Demikian ulasan tentang Penyebab dan Perbaikan Saat Penggunaan Disk Pada PC Berada di Angka 99% seperti yang dilansir slot, semoga bermanfaat.