5 Cara Memilih Cat untuk Tangki Besi pada Water Tank

Rabu, 31 Mei 2023 | 20:38 WIB
0
50
5 Cara Memilih Cat untuk Tangki Besi pada Water Tank
Sumber: Canva.com

Tangki air yang terbuat dari besi memerlukan perlindungan khusus agar dapat bertahan lama dan melindungi dari perubahan cuaca. Untuk itu, penting untuk memilih cat pelapis yang tidak hanya memberikan warna, tetapi juga perlindungan optimal.

Baca Juga: Pentingnya Memilih Cat yang Tepat untuk Bangunan Baja yang Awet dan Tahan Lama

Berikut adalah 5 cara memilih cat untuk tangki besi:

1. Pertimbangkan Lokasi Tangki

Perhatikan letak tangki air untuk memilih cat yang sesuai. Jika tangki terkena sinar matahari atau mudah terlihat oleh publik, gunakan cat dengan kandungan fluor urethane atau polysiloxane. Sedangkan untuk tangki yang terlindungi dari panas dan elemen, pilih cat pelapis lain yang sesuai.

2. Pilih Cat Tahan Korosi

Tangki besi rentan terhadap karat, oleh karena itu pilih cat pelapis yang tahan korosi. Sebelum mengaplikasikan cat, gunakan cat primer seperti cat epoxy yang memberikan perlindungan tebal pada permukaan besi. Cat epoxy tahan terhadap perubahan cuaca, bahan kimia, dan goresan yang dapat merusak tampilan permukaan.

3. Cat Tahan Lembab

Pilih cat yang tahan terhadap kelembaban agar dapat mengaplikasikan cat dengan cepat. Teknologi pelapisan yang tahan terhadap kelembaban memungkinkan pelapisan tanpa harus mengeringkan tangki air yang sedang beroperasi terlebih dahulu.

4. Pilih Cat Polyurethane untuk Finishing

Setelah menggunakan cat epoxy sebagai primer, gunakan cat berbahan polyurethane untuk proses finishing. Cat ini dapat melindungi tangki air dari potensi kerusakan seperti asap industri dan paparan garam pada tangki yang berada di wilayah pesisir.

5. Pertimbangkan Aspek Ekonomis

Selain harga, pertimbangkan ketahanan yang diberikan oleh cat pelapis. Pilih cat dengan daya tahan yang baik agar tidak perlu sering mengecat ulang tangki. Lakukan perawatan rutin dengan membersihkan tangki dari partikel halus dan noda agar tetap terjaga.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat menemukan cat pelapis yang tepat untuk tangki besi. Tosadah menyediakan cat primer berbahan epoxy dan cat finishing polyurethane yang dapat digunakan untuk melapisi tangki air. Warna cat dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Cat untuk Tangki Besi pada Water Tank

Pastikan tangki besi Anda dilapisi dengan cat pelapis yang tepat untuk melindunginya dari karat dan perubahan cuaca.