Masalah Umum Pada Mesin Diesel dan Solusi untuk Memperbaikinya

Semua mesin diesel memiliki busi pijar, yang penting untuk menghidupkan dan mengoperasikan mesin.

Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:20 WIB
0
80
Masalah Umum Pada Mesin Diesel dan Solusi untuk Memperbaikinya
Mesin diesel

Jika Anda memiliki truk atau mobil diesel, maka Anda mungkin memilikinya karena dua alasan: efisiensi dan tenaga. 

Mobil diesel memberikan penghematan bahan bakar yang lebih baik daripada rekan-rekan bensin mereka, serta menawarkan lebih banyak torsi di tekan bagi mereka yang ingin menderek atau sejenisnya. Mereka adalah pilihan yang bagus jika Anda secara teratur menempuh banyak mil kecepatan tinggi dibandingkan dengan banyak perjalanan singkat.

Dan, jika Anda selalu merawat mesin diesel mobil Anda dan membawanya untuk diservis secara konsisten, Anda mungkin tidak akan pernah mengalami downtime atau masalah dengan mesin Anda. 

Namun, jika Anda mengalami masalah dengan mesin diesel mobil Anda, maka Anda mungkin kehilangan efisiensi dan tenaga dan mengalami downtime yang serius. 

Dalam hal ini, Anda ingin mengatasi masalah dengan mesin diesel Anda dengan cepat dan memperbaikinya sehingga Anda dapat kembali bekerja secepat mungkin.

Masalah dan Perbaikan Mesin Diesel Umum

Ada banyak alasan berbeda mengapa mesin diesel mengalami masalah, dan mengidentifikasi masalah serta memperbaikinya dengan segera akan mengurangi waktu henti Anda. 

Beberapa masalah mesin diesel paling umum yang mungkin Anda temui, dan solusi untuk memperbaikinya sehingga Anda kembali ke jalur semula, termasuk:

1. Injektor diesel rusak

Jantung mesin diesel Anda adalah  sistem injeksi bahan bakar . Sistem ini diperlukan untuk memberi tekanan dan menginjeksi bahan bakar ke udara bertekanan ruang bakar. Ini mengatomisasi bahan bakar dan memasukkannya ke dalam injektor, menyesuaikan jumlah dan waktu bahan bakar.

Injektor bahan bakar meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi kebutuhan akan perawatan sistem bahan bakar, dan mengurangi polutan. 

Pompa injektor bahan bakar diesel Anda memiliki umur rata-rata 100.000 mil. Badan injektor dan nozel membentuk injektor standar. Jika salah satu dari keduanya tersumbat atau tidak berfungsi, seluruh fungsi kendaraan akan terancam. 

Injektor Anda rusak jika Anda melihat salah satu gejala berikut di truk diesel Anda:

Anda mengalami kesulitan menghidupkan mobil Anda atau mengalami pemalasan yang tidak merata.  Jika mesin diesel Anda engkol tetapi tidak mau hidup kecuali Anda menghidupkannya untuk waktu yang lama, injektor Anda mungkin rusak.

Mobil Anda salah tembak saat Anda menyalakannya.  Mungkin ada kekurangan injeksi bahan bakar yang tepat atau pengisian bahan bakar yang gagal menyala di salah satu silinder, sehingga tidak ada pembakaran. Diagnosis komprehensif dari para profesional akan mengidentifikasi proses pembakaran yang tidak berfungsi.

Bau solar di kabin. Aroma solar di kabin bisa mengindikasikan kebocoran. Ini menunjukkan injektor buruk yang memungkinkan diesel mengalir dari nozzle.

Emisi kotor. Pembakaran bahan bakar akan parsial dan tidak merata karena endapan injektor dan filter bahan bakar tersumbat, sehingga menghasilkan emisi asap tebal dari knalpot Anda.

Penghematan bahan bakar.  Injektor yang rusak akan membakar lebih banyak bahan bakar, menghasilkan pembakaran bahan bakar yang lebih tinggi dan mempengaruhi efisiensi dan kinerja kendaraan Anda.

Jika Anda melihat salah satu masalah di atas dengan mobil Anda, pastikan Anda membawanya ke profesional untuk segera memeriksanya.

2. Masalah dengan oli mesin Anda

Karena mobil Anda melakukan perjalanan bermil-mil, mobil ini rentan terhadap keausan. Oli mesin adalah pelumas yang mengurangi keausan pada bagian yang bergerak   dan merupakan masalah paling umum yang terkait dengan masalah mesin. 

Harapkan masalah dengan oksidasi oli jika mobil atau truk Anda tidak digunakan untuk waktu yang lama atau disimpan di antara musim. 

Oksidasi oli terjadi ketika udara memasuki oli dan membentuk gelembung, mengganggu pelumasan yang sesuai dan mengakibatkan mesin menjadi lamban atau rusak. Bahkan jika oli secara teknis tidak najis, oli perlu diganti setelah duduk terlalu lama.

Oli mesin yang buruk juga dapat menyebabkan start yang sulit dan kegagalan mesin. Jika Anda menggunakan oli yang tidak sesuai, udara akan masuk ke sistem hidrolik yang membantu pompa injeksi bahan bakar, menghasilkan busa yang mengarah ke tekanan injeksi bahan bakar palsu. 

Karena variasi kelembaban dan kesulitan terkait cuaca lainnya, sangat penting untuk menggunakan oli mesin yang benar yang ditentukan oleh pabrikan untuk musim yang berbeda dalam setahun. Anda dapat menggunakan oli berat tunggal di musim panas, tetapi oli multi-berat akan cukup di musim dingin untuk memastikan fungsi mesin yang baik. 

Level oli yang tinggi biasanya menunjukkan kebocoran cairan di tempat lain di mesin. Mekanik Anda akan menemukan sumber kebocoran dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Setelah itu, oli harus dikeringkan dan diganti dengan oli mesin diesel dengan kualitas yang tepat. 

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengganti filter oli Anda. Tekanan oli rendah terkadang dapat disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti filter yang tersumbat, jadi penting juga untuk memeriksa sensor tekanan Anda.

3. Busi pijar rusak

Glow plug pada mesin diesel bertujuan untuk membantu pemanasan awal dan pemanasan silinder mesin sehingga pembakaran bahan bakar dapat berlangsung secara efisien. Mereka sangat penting dalam menghangatkan silinder mesin selama start dingin, yang terkenal sulit. 

Ketika busi pijar pecah atau rusak, hal itu dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dan menyebabkan kegagalan mesin. 

Saat arus dialirkan ke glow plug, elektroda memanas dan bersinar oranye. Jika busi pijar Anda rusak, Anda mungkin menghadapi masalah berikut dengan mobil Anda:

Misfires di mesin atau penurunan akselerasi daya.  Saat mesin Anda salah tembak, biasanya itu adalah petunjuk pertama bahwa busi pijar Anda tidak berfungsi dengan baik. Busi pijar yang rusak tidak akan menghasilkan panas tambahan yang diperlukan untuk pembakaran diesel, yang mengakibatkan mesin salah tembak. Misfire di mesin dapat menyebabkan hilangnya tenaga, efisiensi bahan bakar, dan akselerasi.

Sulit untuk memulai.  Tidak seperti mesin bensin, yang biasanya menggunakan percikan api untuk menyalakan bahan bakar, mesin diesel biasanya menggunakan tekanan silinder untuk melakukannya. Jika busi pijar gagal, mesin harus bekerja lebih keras untuk menyalakan bahan bakar, yang mengakibatkan sulitnya start.

Asap terkait knalpot. Busi pijar yang rusak dapat menghambat proses pembakaran, menyebabkan mesin menjadi berasap.

Semua mesin diesel memiliki busi pijar, yang penting untuk menghidupkan dan mengoperasikan mesin. Mintalah mesin diesel atau mobil Anda diperiksa oleh para profesional jika salah satu gejala yang tercantum di atas muncul atau jika Anda khawatir busi pijar Anda rusak.

Kesimpulannya

Daftar di atas tidak termasuk segala sesuatu yang mungkin salah dengan mesin diesel Anda dan menyebabkan masalah; itu dimaksudkan untuk memberi Anda gambaran tentang apa yang bisa terjadi di bawah tenda. 

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengalami masalah parah dengan mesin diesel Anda, jangan ragu untuk menghubungi mekanik Anda.

Referensi : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

***