Tahun 2022, Tahun Metaverse

Dunia Metaverse sekarang ini masih tahap awal perkembangan bahkan bisa dibilang masih primitif peradabannya. Jadi jangan takut harga-harga kripto multiverse dan saham game akan ketinggalan.

Jumat, 24 Desember 2021 | 10:52 WIB
0
84
Tahun 2022, Tahun Metaverse
Metaverse (Foto: suara.com)

Tahun 2022 nanti bisa disebut sebagai tahun metaverse, sepanjang tahun ini akan disajikan sejumlah mata uang crypto berbasis game yang melaju harganya. Metaverse sendiri adalah sebuah dunia baru yang akan mengubah jaman kita menjadi jaman multidimensi.

Sebenarnya kehadiran cryptocoin dan metaverse adalah jawaban dari teori akhir kapitalisme Karl Marx bahwa "suatu saat dunia kapital akan mengalami kejenuhan karena sudah tidak ada lagi kapital yang dilipatgandakan", ternyata dalam metaverse manusia dibawa ke dalam konsep pasar alienasi yang menyenangkan kejenuhan kapital diperluas dimensinya sehingga kapital masih terus bisa dilipatgandakan, dalam metaverse dunia realitas kita akan menjadi bukan dunia satu-satunya, realitas akan diperluas lewat realita-realita baru disinilah arti penting metaverse bagi peradaban kita sekarang.

Tahap pertama metaverse adalah peniruan kehidupan manusia inilah kenapa Facebook yang merupakan struktur pergaulan baru dalam dunia maya menjadi sangat penting menopang realitas baru multiverse. Kemudian mata uang metaverse berpatokan pada cryptocurrecy yang tidak terpusat pada Bank Sentral tapi terpusat pada jumlah kesediaan blockchain yang tidak bisa dimanipulasi.

Di tahun metaverse ini akan banyak bermunculan game-game baru bernilai komersial tinggi game mapan macam Sandbox dan Decentraland sudah naik puluhan ribu persen dan berpotensi masih naik ribuan kali lipat. Sementara koin koin micin multiverse bertebaran di banyak exchange akan menambah marak permainan kripto di tahun 2022.

Dalam dunia metaverse dunia akan diperluas lewat realitas-realitas baru konsep keterasingan manusia dalam skema Karl Marx justru dikembangkan menjadi alam realitas yang menyenangkan di sana kita bisa membeli lahan lahan kaplingan baru, pesawat baru, mobil baru, senjata baru yang harganya akan terus meningkat sesuai dengan permintaan.

Lalu apa yang bisa kita lakukan di tahun 2022, karena tahun ini tahun multiverse maka disarankan menanam investasi secara bertahap anda di sejumlah game mapan macam Decentraland (MANA), Axie Infinity, Sandbox atau My Neighbour Alice juga berani main dalam jumlah kecil di koin koin micin macam yooshi atau starling.

Dunia metaverse juga akan berpengaruh ke harga-harga saham di BEI saham berbasis game macam BOLA, DMMX, MSIN dan LINK ditengarai akan meningkatkan struktur permainan e-sports mereka bahkan masuk ke dalam metaverse inilah kenapa beberapa saham diatas sudah naik ribuan persen dari awal tahun.

Dunia Metaverse sekarang ini masih tahap awal perkembangan bahkan bisa dibilang masih primitif peradabannya. Jadi jangan takut harga-harga kripto multiverse dan saham game akan ketinggalan. Valuasi mereka saat ini masih rendah langkah terbaik kita adalah mengakumulasi secara bertahap sampai menuju kematangan alam multiverse.

Anton DH Nugrahanto

***