Apakah Era Notasi Kertas Akan Segera Berakhir?

Clono juga dapat mengirim langsung data PGN ke server siarannya sendiri dan ke situs web pihak ketiga.

Sabtu, 19 Februari 2022 | 16:49 WIB
0
231
Apakah Era Notasi Kertas Akan Segera Berakhir?
Pertandingan catur menggunakan aplikasi Clono (Foto: clono.no)

Dalam pertandingan resmi, khususnya dalam format catur klasik, setiap pecatur wajib menulis notasi langkah mereka pada secarik kertas yang ditandatangani oleh wasit. Langkah dirinya maupun langkah lawan sama-sama dicatat di atas notasi kertas tersebut. 

Melalui notasi langkah catur yang tertulis ini maka permainan catur telah dicatatkan dan notasi itu akan bermanfaat sebagai sejarah penting pertandingan catur yang bisa dimainkan ulang kapan saja berdasarkan notasi tersebut.

Beberapa waktu lalu FIDE mulai memperkenalkan penggunaan lembar skor elektronik bekerja sama dengan Clono untuk mencatat sekaligus merekam langkah-langkah pemain di turnamen catur resmi menggantikan lembar skor tradisional berbasis kertas. 

Aplikasi lembar skor Clono berjalan di tablet, dan input dilakukan pada papan catur grafis di mana lembar skor disajikan dalam format aljabar standar. 

Sistem ini menawarkan integrasi yang akan berjalan mulus dengan peralatan elektronik lainnya. Misalnya, secara otomatis dapat membuat profil turnamen yang berisi info tentang skedul, format, kontrol waktu dan jumlah peserta.

Clono juga dapat mengirim langsung data PGN ke server siarannya sendiri dan ke situs web pihak ketiga. 

FIDE dan Clono telah sepakat untuk bekerja sama untuk tujuan pengembangan dan digitalisasi catur dalam kerangka kerja proyek Chess-ID. Apakah era kertas notasi akan berakhir?

***