Penyebab dan Perbaikan Saat Layar Hitam Setelah Memasang RAM Baru

Selasa, 12 Maret 2024 | 20:44 WIB
0
51
Penyebab dan Perbaikan Saat Layar Hitam Setelah Memasang RAM Baru
Laptop

Meningkatkan RAM bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja PC. Meskipun prosesnya mudah, mengganti stik RAM dapat menyebabkan masalah serius jika Anda tidak hati-hati. Dalam kasus yang seperti ini, maka menemukan akar permasalahan tidaklah sulit, namun ini bisa memakan waktu lama dan melelahkan. Panduan ini menguraikan semua kemungkinan penyebab yang akan menyebabkan layar hitam setelah peningkatan RAM dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Power Issue

Pada saat memasang stik RAM baru, maka Anda harus mencabut dan melepaskan semua kabel dan kabel. Itu sebabnya, sebelum mencari masalah yang lebih parah, sebaiknya pastikan semua kabel daya dan sambungannya berfungsi. Ada kemungkinan besar kabel daya tidak terpasang dengan benar setelah memasang stik RAM. Pastikanlah untuk memeriksa semua sambungan, termasuk kabel daya dan kabel.

Sambungan yang longgar juga dapat membuat komputer Anda tidak bisa boot dengan benar, dan Anda akan mengalami layar hitam, jadi jangan hanya memeriksa kabel dayanya saja. Periksa semua kabel internal dengan menggerakkan jari Anda di sepanjang kabel tersebut dan memeriksa sambungannya.

Pastikan CPU, PSU, dan komponen lainnya tersambung dengan kuat. Komponen terpenting yang harus diperiksa adalah GPU, karena terkait langsung dengan masalah layar. Pastikan terpasang dengan benar dan sambungannya baik-baik saja. Anda dapat memasang ulang GPU dan melihat apakah itu membantu.

Slot RAM Rusak

Jika PC Anda berfungsi dengan baik sebelum memutakhirkan RAM dan masalah layar hitam muncul setelahnya, kemungkinan RAM rusak itu rendah. Namun, apa pun bisa terjadi dan Anda perlu mempertimbangkan setiap kemungkinan. Setelah memasang yang baru, mungkin slot RAM Anda rusak, jadi lebih baik pastikan slot tersebut berfungsi. Satu-satunya cara untuk mengecek slot RAM adalah melalui trial and error. Mungkin ini membosankan, tapi inilah cara terbaik untuk menemukan pelakunya. 

Keluarkan semua stik RAM, ambil stik RAM yang Anda yakini tidak rusak, masukkan ke dalam slot RAM, dan boot PC Anda. Jika PC Anda menyala tanpa layar hitam, Anda akan mengetahui bahwa slot tersebut berfungsi, jadi sebaiknya matikan komputer, cabut semua kabelnya, dan gunakan slot yang lain. Anda harus melakukan hal yang sama pada setiap slot RAM, satu per satu, untuk mengisolasi slot yang rusak. Jika ternyata satu atau lebih slot RAM tidak berfungsi, tidak banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri.

Hal yang dapat Anda lakukan pada saat ini hanyalah dengan memeriksa slot RAM apakah ada tanda-tanda kerusakan atau membersihkannya jika Anda melihat debu dan kotoran pada stik RAM. Tingkat sinyal kecil dalam hal koneksi RAM, sehingga setiap menit kotoran dan serpihan juga dapat menghalangi koneksi. Bahkan minyak kulit ini juga dapat mencemari sambungan dan akan mempengaruhi kinerjanya.

Bersihkan sambungan dan slot RAM dengan hati-hati sambil berhati-hati agar tidak merusaknya. Jika masalah tidak teratasi setelah dibersihkan, sebaiknya bawa ke teknisi untuk mengganti slot atau seluruh motherboard. Anda juga tidak dapat mengganti sendiri slotnya karena memerlukan banyak penyolderan dan pengerjaan yang rumit, hal yang dapat merusak komponen lain jika ini dilakukan secara tidak benar.

Stik RAM Rusak

Meskipun stik RAM masih baru, namun masih ada kemungkinan besar stik tersebut tidak berfungsi, terutama jika Anda belum membelinya dari merek yang memiliki reputasi baik. Selain itu, koneksi pada modul RAM bersifat rapuh dan sensitif, yang berarti Anda dapat dengan mudah merusaknya jika Anda tidak menangani modul dengan hati-hati saat memasangnya. Untuk memeriksa kesehatan stik RAM, Anda harus melalui proses yang cukup membosankan dan panjang seperti yang telah dijelaskan di atas.

Satu-satunya perbedaan disini adalah Anda harus mengambil setiap stik RAM yang ada pada PC Anda dan memasukkannya ke dalam slot yang Anda yakini berfungsi. Nyalakan dan boot sistem dan lihat apakah sistem berjalan normal. Ulangi proses ini untuk semua stik RAM hingga bisa mengidentifikasi stik RAM yang sudah rusak. Jika ada salah satu RAM yang rusak sebaiknya diganti dengan yang masih baru.

Periksa Urutan Stik RAM

Beberapa motherboard modern yang ada pada saat ini tentunya akan memerlukan urutan stik RAM tertentu, terutama jika Anda telah menggunakan stik RAM dengan ukuran berbeda. Coba gerakkan stik RAM di sepanjang slot dan lihat apakah ada sebuah perubahan. Jika Anda ingin menggunakan multichannel properties PC Anda, Anda harus mengikuti urutan yang dinyatakan dalam manual PC Anda. 

Misalnya, jika PC memiliki empat slot dan ingin melakukan konfigurasi dual channel, maka Anda harus menempatkan modul RAM berdasarkan kode warna atau penomoran yang ditentukan oleh pabrikan. Meskipun menempatkan modul dalam urutan yang salah tidak menyebabkan layar hitam, hal ini akan menyebabkan masalah kinerja lainnya, atau Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari sistem.

Demikian ulasan tentang Penyebab dan Perbaikan Saat Layar Hitam Setelah Memasang RAM Baru seperti yang dilansir slot alexistogel, semoga bermanfaat.