Alasan Teratas Mengapa Motherboard Begitu Mahal

Rabu, 13 Maret 2024 | 16:45 WIB
0
39
Alasan Teratas Mengapa Motherboard Begitu Mahal
Motherboard

Motherboard merupakan salah satu bagian integral dari sistem komputer karena akan memungkinkan berbagai komponen lainnya agar berfungsi dengan lancar tanpa kendala. Namun, bagian ini juga rumit dan relatif mahal. Oleh karena itu, kegunaan motherboard membenarkan biayanya yang tinggi. Jika Anda ingin memahami mengapa motherboard begitu mahal, Anda datang ke tempat yang sangat tepat.

Merupakan Komponen Penting Komputer

Motherboard merupakan bagian yang sangt penting dari sistem komputer yang akan menghubungkan komponen lainnya. Inilah sebabnya mengapa Motherboard ini merupakan bagian integral dari komputer. Jika motherboard komputer rusak, perangkat tidak akan hidup, dan Anda harus mencari bantuan teknisi. Fitur-fitur ini juga menjadikan bagian ini penting dan berkontribusi terhadap biayanya. 

Pasalnya, produsen memahami pentingnya Motherboard. Selain itu, merek juga tahu bahwa konsumen tidak segan-segan membayar lebih untuk hal-hal yang diperlukan. Solusi motherboard yang rusak adalah dengan membeli yang baru. Suku cadang komputer juga umumnya lebih mahal dibandingkan alat teknis. 

Perlu Anda ingat pada sebelumnya juga bahwa harga motherboard bervariasi dari satu model ke model lainnya. Versi kelas atas akan mengharuskan Anda membayar lebih karena bahannya yang unggul. Oleh karena itu, perlu dipahami bahwa harga motherboard ini sangat dipengaruhi oleh kepentingan pasarnya.

Konektivitas Lebih Baik

Motherboard memiliki kinerja dan konektivitas yang lebih baik dibandingkan bagian komputer lainnya. Ini memiliki port PCI-Express yang sangat baik untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Komponen ini juga memiliki port SATA dan USB dalam jumlah besar. Fitur utama motherboard kelas atas adalah memiliki port berkualitas tinggi. Generasi dan kecepatan komponen-komponen ini juga mempengaruhi kinerjanya. Oleh karena itu, motherboard kelas atas ini memiliki konektivitas lebih tinggi dan lebih baik.

Fitur-fitur ini membuat motherboard menjadi mahal terlepas dari perusahaan manufakturnya. Semua fitur bermanfaat pada bagian ini memerlukan bahan konstruksi yang lebih baik, sehingga biaya produksi motherboard meningkat. Biasanya, suatu perusahaan mengenakan harga tinggi ketika biaya produksi lebih besar dari rata-rata. Hal ini untuk menutupi kesenjangan dan menghasilkan keuntungan. Anda harus mempertimbangkan fitur-fitur motherboard ini untuk memahami nilai dan harganya yang mahal.

Kekurangan Chip

Komponen penting dari motherboard adalah chip BIOS. Bagian ini memberikan instruksi yang diperlukan agar perangkat dapat bekerja dan menawarkan pengaturan untuk mem-boot komputer. Anda juga harus ingat bahwa perangkat Anda tidak akan mulai tanpa chip BIOS. Motherboard juga memiliki chip CMOS yang menjaga konfigurasi sistem komputer. Hal ini terlepas dari apakah perangkat dihidupkan ataupun dimatikan. Chip ini juga membantu Anda menyimpan banyak informasi tentang berbagai tugas.

Sayangnya, industri ini mengalami kekurangan chip selama dua tahun terakhir. Inilah mengapa sulit bagi para perusahaan untuk memproduksi motherboard sambil menjaga biaya tetap rendah. Merek harus membayar lebih untuk chip tersebut karena kekurangannya. Akibatnya, biaya yang tinggi ditanggung konsumen. Kekurangan chip adalah faktor lain yang menambah harga motherboard. Karena metode produksinya rumit dan lebih mahal, maka perusahaan menggantinya dengan mengenakan harga tinggi.

Bahan Premium

Anda juga harus ingat bahwa motherboard kelas atas pada saat ini dibuat menggunakan berbagai bahan premium. Model terbaru juga dilengkapi dengan chipset Intel yang relatif kompleks. Karena material dan chipset baru, motherboard terbaru memiliki ukuran yang lebih kecil. Inilah sebabnya mengapa prosedur pembuatannya lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak uang sehingga Anda juga dapat menikmati keandalan yang lebih tinggi ini dengan membeli motherboard yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Hasil keseluruhan dari penggunaan bahan premium adalah Anda harus mengeluarakan lebih banyak uang untuk mendapatkan suku cadang tersebut. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah motherboard menghubungkan banyak komponen. Ini berarti Anda juga harus mengganti barang-barang tersebut saat mendapatkan motherboard. Biaya keseluruhan penggantian motherboard relatif lebih tinggi karena alasan-alasan ini. Tentunya Anda mungkin menemukan beberapa pilihan motherboardmurah di pasaran.

Permintaan Tinggi

Pandemi yang terjadi beberapa tahun yang lalu tentunya berdampak pada rantai pasokan suku cadang komputer seperti motherboard. Hal ini terutama disebabkan oleh kekurangan suku cadang karena penutupan gudang dan hilangnya tenaga kerja. Namun, pandemi ini juga meningkatkan permintaan motherboard. Banyak orang menggunakan komputer kelas atas untuk bermain game dan bekerja jarak jauh. Inilah sebabnya mengapa perangkat keras komputer ini menjadi hal yang lebih populer di pasaran.

Alasan lainnya di balik tingginya permintaan motherboard adalah peningkatan mata uang kripto seperti Ethereum. Beberapa mata uang kripto yang ada pada saat ini telah mengandalkan kartu grafis kelas atas untuk menambang dengan harga yang menguntungkan. Hal ini dapat dengan mudah dicapai dengan mendapatkan motherboard yang bagus. Namun, ini telah menjadi relatif rumit karena kekurangannya. 

Hal-hal ini tentunya akan menambah permintaan akan motherboard karena para profesional dan pakar game PC memiliki permintaan yang lebih tinggi terhadap motherboard tersebut. Aturan umumnya adalah perusahaan menaikkan harga ketika permintaan suatu produk tinggi dan pasarnya juga terbatas. Sayangnya, motherboard ini termasuk dalam kedua kategori tersebut sehingga harganya sangat mahal.

Demikian ulasan tentang Alasan Teratas Mengapa Motherboard Begitu Mahal seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.