3 Tips agar Kolam Ikan Tidak Bocor

Senin, 9 Januari 2023 | 14:19 WIB
0
78
3 Tips agar Kolam Ikan Tidak Bocor
Sumber: Canva.com | Kolam Ikan

Memiliki kolam yang diisi dengan berbagai jenis ikan memang sangat menyenangkan untuk meredakan stres. Apalagi kolam-kolam yang didesain khusus sehingga memberikan kesan indah dan juga menyegarkan untuk dilihat. Sayangnya, kendala yang paling sering terjadi yaitu adanya kebocoran dan hal ini jelas membuat Anda menjadi repot. Hal ini karena Anda harus melakukan perbaikan bahkan kadang tidak diketahui penyebabnya sehingga kerja dua kali. 

Menggunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor sangat penting karena kolam seperti itu memang rawan terjadi kebocoran. Jika dibiarkan maka air akan habis dengan sendirinya dan ikan-ikan Anda menjadi mati. Agar hal ini tidak terjadi, Anda dapat menggunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor. Namun masih ada beberapa tips lainnya yang dapat Anda pelajari demi meminimalkan risiko bocor.

Baca Juga: Pelapis Kolam Ikan Agar Tidak Bocor? Ini 3 Tipsnya!

Memiliki kolam yang penuh dengan berbagai jenis ikan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Apalagi kolam renangnya dirancang khusus untuk memberikan kesan yang indah dan juga sangat menyegarkan untuk dilihat. Sayangnya kendala yang paling sering terjadi adalah kebocoran yang tentunya menjadi masalah bagi Anda. Karena harus diperbaiki, terkadang tidak diketahui penyebabnya, sehingga hanya berfungsi dua kali.

Menggunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor sangat penting karena kolam seperti ini rawan bocor. Jika dibiarkan, air akan mengalir dengan sendirinya dan ikan Anda akan mati. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor. Namun masih ada trik lain yang bisa Anda pelajari untuk meminimalisir resiko kebocoran.

3 Tips agar Kolam Ikan Terhindar dari Kebocoran

Jika Anda ingin membuat akuarium sendiri di rumah tanpa mempekerjakan tenaga profesional untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Menerapkan setidaknya 3 tips berikut ini dijamin sangat membantu meminimalisir kebocoran. 

1. Menggunakan Teknik Pengacian yang Tepat

Penyebab utama kolam renang bocor sebenarnya adalah awal dari proses pengacian yang tidak benar. Apabila tahap pengacian dilakukan sendiri dan tidak menggunakan tenaga profesional, maka kolam akan rentan bocor.

Penting untuk mempelajari cara mencampur mortar yang tepat untuk membuat kolam jika Anda tidak menggunakan tenaga profesional. 

2. Mengaplikasikan Teknik Mengecat yang Tepat

Setelah memastikan pasta benar-benar kering, sepertinya tidak ada embun lagi. Kemudian Anda bisa melanjutkan ke proses pengecatan area dasar, tetapi hindari asal-asalan dan tetap menggunakan teknik khusus. Langkah pertama, perhatikan bahwa seluruh dinding bersih dan bebas dari debu. Sebaiknya gunakan cat dengan sifat waterproof atau anti bocor agar tidak bocor untuk meminimalisir kebocoran.

Tipsnya, kamu bisa menggunakan cat khusus untuk mendapatkan warna yang tajam dan mengkilap. Selain itu, memiliki ketahanan air yang baik sehingga tidak beracun karena akan melekat pada ikan. Selanjutnya diamkan cat selama 5 hari, dan lanjutkan mengecat lapisan kedua. 

3. Gunakan Produk Cat Anti Bocor yang Berkualitas

Selain kedua tips di atas, hal terpenting dalam proses pembuatannya adalah menggunakan produk yang berkualitas. Produk cat anti bocor memiliki daya rekat yang sangat kuat dan tahan air, sehingga dapat mencegah air merembes masuk dan bocor keluar.

Baca Juga: Ini Perbedaan Acian dan Plester yang Perlu Anda Tahu

Setelah mengetahui cara menghindari kebocoran pada kolam ikan di atas, segera praktekkan pada kolam Anda. Cegah kebocoran sedini mungkin agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat.