Ini Perbedaan Acian dan Plester yang Perlu Anda Tahu

Membangun rumah tidak hanya cantik di luar, tetapi juga kuat di dalam. Dengan mengetahui cara membedakan plesteran dan acian, diharapkan Anda dapat memilih bahan terbaik sebelum mulai membangun. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kamis, 7 April 2022 | 11:20 WIB
0
198
Ini Perbedaan Acian dan Plester yang Perlu Anda Tahu
Sumber: Data Internal Penulis

Dalam bidang konstruksi khususnya dalam pembangunan rumah, terdapat perbedaan antara acian dan plesteran.

Kedua bahan tersebut diaplikasikan pada dinding untuk menghaluskan permukaan dan mencegah dinding bocor. Penting untuk mengetahui perbedaan antara acian dan plester agar dapat mengaplikasikannya pada kebutuhan yang tepat.

Baca Juga: Ternyata Begini Perbedaan Acian dan Plester

Proses Plesteran pada Dinding

Plesteran dinding melibatkan pencampuran semen, pasir, serta air untuk menciptakan permukaan yang lebih halus. 

Untuk melihat perbedaan antara acian dan plester adalah bahwa plesteran dilakukan sebelum acian juga dilakukan dan biasanya diaplikasikan pada dinding bata.

Selain itu, jika Anda menggunakan plesteran instan, tidak perlu menambahkan pasir ke dalamnya. Cukup gabungkan bahan dengan air. 

Proses pencampuran yang mudah, cocok untuk berbagai area bangunan interior dan eksterior, baik kering maupun basah. 

Proses Acian pada Dinding

Proses pelapisan acian dilakukan setelah plester telah teraplikasikan di permukaan dinding yang rata. Proses ini dilakukan secara bertahap untuk membuat eksterior bangunan lebih indah dan tahan lama.

Namun untuk proses acian ini cukup dengan mencampurkan air lalu ditambahkan dengan semen. Bahannya sederhana, tetapi hasil akhir permukaan dinding akan halus dan rata. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih saat Pandemi 

Kini, membangun rumah tidak hanya cantik di luar, tetapi juga kuat di dalam. Dengan mengetahui cara membedakan plesteran dan acian, diharapkan Anda dapat memilih bahan terbaik sebelum mulai membangun. Semoga artikel ini bermanfaat.

***