Pentingnya Cyber Security di Era Modern

Dengan memperkuat Cyber Security kita bisa mengurangi kerugian yang di sebabkan oleh Cyber Crime.

Jumat, 7 Oktober 2022 | 09:56 WIB
0
68
Pentingnya Cyber Security di Era Modern
Security system (Foto: KJ Security System)

Makin majunya teknologi makin bergantung orang orang membutuhkannya, dari komunikasi ke transaksi. Karena semua dilakukan melalui internet ini membuka jalur baru untuk kriminal melakukan kejahatan dengan menggunakan internet.

Kejahatan yang dilakukan di internet dipanggil cyber crime, cyber crime bisa di artikan berbagai macam akses ilegal terhadap suatu transmisi data. Dengan kata lain, cyber crime merupakan aktivitas yang tidak sah pada suatu sistem komputer atau masuk dalam kategori tindak kejahatan di dunia maya.

Ada banyak jenis cyber crime yang bisa dilakukan di dunia maya salah satunya adalah Identity Theft atau pencurian identitas. Pada umumnya, para pelaku akan meretas dan mengakses server website untuk mengambil informasi pribadi yang tersimpan. Informasi yang dicuri tersebut dapat digunakan untuk tindak kejahatan, misalnya telepon penipuan dan penyalahgunaan data. Informasi pribadi juga dapat dijual di pasar gelap untuk tujuan kejahatan, seperti penipuan pinjaman online.

Selain pencurian identitas ada juga Phising, Phising bertujuan untuk menipu selalunya dilakukan menerusi e-mail untuk mencuri data peribadi seseorang. E-mail Phishing biasanya muncul seperti ianya daripada organisasi yang sangat dikenali dan meminta data peribadi anda seperti nomor kartu kredit , nomor akun atau nama-nama login dan password. Menurut Ponemon Institute (2011) Phising adalah lima besar cyber crime termahal pada tahun finansial 2010 dan 2011.

Spesifik Indonesia, mengutip Microsoft, berdasarkan studi Frost & Sullivan yang dilakukan pada tahun 2018, potensi kerugian ekonomi di Indonesia yang di akibatkan oleh cyber attack lumayan besar, cyber attack yang berhasil bisa membuat kerugian mencapai US$34,2 miliar. Besarnya nilai kerugian tersebut adalah lebih dari 3% PDB Indonesia pada tahun 2018.

Oleh karena itu, pada masa modern ini Cyber Security sangat penting. Dengan memperkuat Cyber Security kita bisa mengurangi kerugian yang di sebabkan oleh Cyber Crime. sekarang tersedia banyak standar cyber security. Tujuannya adalah untuk mencegah cyber attack dan mitigasi cyber attack yang berhasil. Organisasi yang mengadopsi suatu standar cyber security wajar berharap bisa meminimalkan cyber security risk atau risiko keamanan siber; meminimalkan ancaman terhadap cyber security, kerentanan sehubungan cyber security, dan dampak apabila suatu cyber attack berhasil. Beberapa dari standar cyber security yang sering digunakan adalah ISO/IEC 27001, NIST Cybersecurity Framework, dan PCI DSS.

***