Borneopedia App, Jendela Menuju Ibukota Negara Baru

Borneopedia adalah aplikasi socio buatan anak bangsa sendiri yang kini tersedia di PlayStore maupu Appstore, aplikasi berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan pintu masuk Borneo sebagai IKN.

Senin, 22 November 2021 | 19:32 WIB
0
54
Borneopedia App, Jendela Menuju Ibukota Negara Baru
Borneopedia (Foto: Pepih Nugraha)

Kehadiran platform baru bernama Borneopedia merupakan media sosial dan piranti komunikasi publik yang momentum kehadirannya sangat tepat seiring dengan rencana Pemerintah Republik Indonesia untuk memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kalimantan Timur dalam waktu dekat ini.

Borneopedia merupakan wahana dan platform komunikasi sosial yang bersifat interaktif dan semi-real time information dimana para pengguna aplikasi bisa menuangkan ide, diskursus, perspektif, pengetahuan, pengalaman dan sebagainya melalui fitur yang diberi judul "neoblog".

Selanjutnya Borneopedia juga menawarkan penggunanya untuk memanfaatkan fitur "Q&A" untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban langsung dari pemakai aplikasi yang lainnya secara interaktif.

Fitur lainya yang ditawarkan adalah "News" dimana para pemakai platform bisa mendapatkan berita terkini tentang Borneo atau Indonesia yang terafiliasi dengan news blogs atau tautan berita lainnya yang berkualitas.

Terakhir fitur yang disediakan Borneopedia adalah ruang "Neodata" dimana para penikmat Borneopedia bisa memperoleh informasi terkait tokoh-tokoh Borneo dari berbagai ragam dan latar belakang profesi, keahlian, pendidikan dan lain-lainnya.

Karena itu kehadiran Borneopedia dapat menjadi jendela informasi yang tepat khususnya untuk memperoleh dan sharing informasi terkait rencana Pemerintah memindahkan IKN ke Provinsi Kalimantan Timur, termasuk juga via fitur Neoblog dan Q&A pengguna Borneopedia dapat memberikan masukan dan saran konstruktif bagi Pemerintah terkait berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, budaya, lingkungan hidup dan lain-lain perihal rencana IKN tersebut.

Apalagi visi dan misi Pemerintah Indonesia untuk membangun IKN baru dengan konsep forest, smart and sustainability city, tentu masukan dan pandangan para pihak (stakeholders) sangat diperlukan guna perwujudan visi dan mini Ibu Kota Negara tersebut.

Mari ber-Borneopedia untuk mewujudkan IKN yang bertutupan hutan rindang, pinter dan berkelanjutan.

Salam 3S (Semangat, Sehat & Sukses)

***