Penting Mengetahui Perbedaan Jam Analog dan Digital Berikut Ini Sebelum Membeli

Semakin maju perkembangan teknologi bahkan sekarang juga ada jam analog yang digabungkan dengan jam digital.

Minggu, 13 Februari 2022 | 11:15 WIB
0
291
Penting Mengetahui Perbedaan Jam Analog dan Digital Berikut Ini Sebelum Membeli
jam analog dan digital

Secara umum fungsi jam adalah sebagai alat untuk menunjukkan waktu, namun untuk fungsi lainnya jam juga termasuk dalam kategori fashion dalam bentuk jam tangan yang bisa memperindah tampilan ketika dipakai. Selain jam tangan bentuk model jam juga beraneka ragam seperti jam dinding yang bisa mempercantik interior ruangan.

Terdapat dua jenis jam jika dilihat dari tampilan fiturnya yaitu jam analog dan jam digital. Lantas apa yang membedakan keduanya? Berikut ulasan tentang perbedaan jam analog dan digital:

1. Desain

Jika dilihat dari desainnya, jam digital memiliki desain yang sporty, sehingga cocok dipakai untuk kegiatan diluar ruangan. Sedangkan jam analog lebih fashionable dan lebih menarik sehingga cocok dipakai di berbagai acara.

2. Harga

Untuk harga antara jam analog dan digital, fitur dan merk dari jam tersebut akan mempengaruhi harga. Namun dengan model yang mewah, jam analog biasanya dibanderol dengan harga yang mahal.

3. Daya Tahan

Ketahanan jam digital sangatlah kuat dibanding dengan jam analog, apalagi jenis jam ini memakai bahan shock resistant sehingga sangat cocok di pakai ketika dipakai di medan luar ruangan maupun berpetualang. Jam digital kebanyakan sudah dilengkapi fitur anti air jadi tidak akan mati ketika kehujanan.

Namun sekarang jam analog juga banyak yang memiliki ketahanan yang bagus, kembali lagi kepada merk produknya.

5. Fitur yang Dimiliki

Fitur jam analog secara umum hanya untuk menunjukkan waktu, sedangkan jam digital memiliki fitur yang sangat banyak. Dibeberapa jam digital dilengkapi dengan fitur penunjuk bulan dan tanggal, kalkulator bahkan bisa digunakan untuk stopwatch.

4. Setting

Sebenarnya pengaturan antara jam analog dan jam digital bisa dipelajari dengan mudah karena banyak jam yang sudah menyediakan buku panduan pemakaian. Namun karena jam digital memiliki fitur yang banyak sehingga pengaturannya lebih ribet.

6. Daya Baterai

Dengan banyaknya fitur dari jam digital maka akan memakan daya baterai yang lebih besar, maka untuk konsumsi baterai jam digital bisa dikatakan lebih boros daripada jam analog.

Dari beberapa perbedaan jam analog dan digital di atas maka bisa dijadikan referensi bagi Anda ketika ingin membeli sebuah jam.

Semakin maju perkembangan teknologi bahkan sekarang juga ada jam analog yang digabungkan dengan jam digital. Ada juga jam digital ada yang dimodifikasi untuk kebutuhan jam digital masjid dengan berbagai motif sebagai penunjuk waktu sholat sekaligus sebagai interior keindahan masjid.

***