Kolaborasi Dosen Anatomi Fisiologi dan Spesialis Medikal Bedah dalam Penelitian Multidisiplin

Dosen Spesialis Anatomi fisiologi “Gatot Suparmanto” menyampaikan di Coffe Mestakung bahwa beliau akan melakukan penelitian multidisiplin dalam dua lingkup

Minggu, 6 Maret 2022 | 09:18 WIB
0
100
Kolaborasi Dosen Anatomi Fisiologi dan Spesialis Medikal Bedah dalam Penelitian Multidisiplin
Dosen Anatomi Fisiologi

Kolaborasi dosen antar perguruan tinggi saat ini sangat diperlukan untuk bisa mendapatkan penelitian – penelitian temuan terbaru dalam ilmu pengetahuan. Tidak hanya dalam satu bidang ilmu pengetahuan saja, tetapi kerja sama dalam bidang penelitian Multidsiplin dapat dilakukan lebih dari satu bidang yang berbeda dikarena hasil dari penelitian Multisiplin sangat dibutuhkan untuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang bermanfaat bagi antar bidang pengetahuan.

Untuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang bisa bermanfaat bagi berbagai ilmu maka Dosen Spesialis Anatomi Fisiologi “Gatot Suparmanto,S.Kep.,Ns.,MSc” bekerja sama dengan Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” melakukan penelitian kerja sama penelitian multidisplin dimana penelitian tersebut menggabungkan antara ilmu pengetahuan dalam bidang Spesialis Medikal Bedah dan Anatomi Fisiologi.

Dalam pertemuan rapat confrence yang berlangsung di Mistakung Coffe mendapatkan hasil cpnfremce bahwa penelitian Multisiplin sangat diperlukan untuk mendapatkan manfaat penelitian yang bisa diaplikasikan dalam berbagai lini bidang, contohnya dalam ilmu pengetahuan Medikal Bedah dan Anatomi Fisiologi.

Kita ketahui “Gatot Suparmanto” merupakan salah satu dosen Anatomi Fisiologi lulusan S2 UGM Yogyakarta yang juga pernah menemukan alat darurat emergency tas serba guna yang tayang dalam acara “Kick Andy” beberapa tahun yang lalu. Kali ini “Gatot Suparmanto” akan bekerja sama dengan dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” untuk bekerja sama melakukan penelitian multidisplin.

Kita ketahui keperawatan Medikal bedah merupakan  pelayanan profesional yang berdasarkan pada ilmu keperawatan medikal bedah dan teknik keperawatan medikal bedah berbentuk pelayanan Bio-psiko-sosio-spiritual yang komphrehensif ditujukan pada orang dewasa yang mengalami berbagai perubahan fisiologis.

Sedangkan ilmu anatomi fisiologi adalah ilmu yang mempelajari urai tubuh beserta fungsinya. Sebagai pun calon tenaga kesehatan sudah menjadi keharusan bahwa setiap pelayanan kesehatan yang dilakukan harus mengerti terhadap keilmuan dasar.

Dalam penelitian Multidisplin ini kedua dosen tersebut akan melakukan penelitian tentang anatomi fisiologi dalam lingkup Medikal Bedah yang bertujuan untuk mendapatkan hasil temuan ilmu terbaru yang bisa diaplikasikan pada pasien Dewasa di Rumah Sakit.

Dosen Spesialis Anatomi fisiologi “Gatot Suparmanto” menyampaikan di Coffe Mestakung bahwa beliau akan melakukan penelitian multidisiplin dalam dua lingkup yaitu lingkup Anatomi Fisiologi yang akan diaplikasikan pada Keperawatan medikal Bedah. Selain itu dalam penelitian multisiplin tersebut akan menghasilkan inovasi yang kemudian akan dilakukan HAKI atau hak cipta dalam hasil inovasi tersebut, Ucap Gatot Suparmanto kepada wartawan media online.

***