Tutorial PepNews: Tayang Langsung atau Lewat Moderasi

Selasa, 12 Maret 2019 | 09:06 WIB
4
928
Tutorial PepNews: Tayang Langsung atau Lewat Moderasi
Tutorial PepNews

Dalam berkarya di dunia digital, saya selalu ingin menampilkan kebaruan (novelty) dari yang sudah ada sebelumnya. Benchmarking itu menjadi sangat biasa di zona ini, bahkan dituntut atas nama inovasi.

Saya pernah membangun Kompasiana dan menjadi milestone hidup saya di dunia digital. Ia berbeda dengan blog-blog private dan blog sosial yang sudah ada saat itu (blogger.com dan ohmynews.com) yang dimoderasi ketat oleh editornya.

Semula Kompasiana menerapkan moderasi, tetapi melihat nature medsos seperti Facebook dan Twitter yang langsung tayang saat di "publish", toh Kompasiana menerapkan post moderasi; tayang langsung tetapi admin langsung bekerja.

Dengan PepNews.com yang perlahan-lahan saya bangun dengan mengandalkan Riki Kurniadi dan tim kecil, saya ingin membuat perbedaan, diferensiasi, bahkan soal moderasi, post moderasi dan tanpa moderasi. Caranya sederhana; menjadikannya pilihan!

Jika temen-temen berpepnews dan punya akun, maka tulisan bisa langsung tayang (publish) dengan persyaratan tertentu, misal panjang tulisan minimal 125 kata dan foto ukuran minimal 780.

Tetapi saya menyadari, apa yang saya lakukan ini juga atas pengalaman praktis. Ada sementara penulis yang "gaptek" dan tidak mau dipusingkan dengan persyaratan foto (apalagi harus ada ukuran khusus), pokoknya nulis ya nulis saja, lalu kirim. Terserah admin saja nantinya.

Mengakomodir para penulis yang memang tidak mau berpusing-pusing dengan foto, maka saya minta tim IT untuk membuat pilihan untuk artikel yang dikirim; tayang langsung atau melalui moderasi di tangan admin.

Tayang langsung artinya artikel plus fotonya sesuai ukuran standar yang diminta bisa langsung tayang di aliran TERKINI. Tetapi yang melalui moderasi, artikel terkirim ke CMS Admin PepNews.

Admin segera bekerja memenuhi standar misalnya melampirkan foto, memberi excerp, teaser, kutipan, menyisipkan Video, Twitter dan Instagram yang sudah menjadi standar PepNews. Barulah setelah itu ditayangkan. Ada jeda dan penulis diminta kesabarannya menunggu.

Semua itu pilihan belaka untuk mengakomodir segenap prilaku dan kebiasaan para penulis. PepNews mencoba untuk memfasilitasinya.

Salam....

PEPIH NUGRAHA 
Owner

***