Ini Dia Jenis Kursi Kantor Yang Wajib Anda Ketahui

Senin, 12 Februari 2024 | 20:14 WIB
0
16
Ini Dia Jenis Kursi Kantor Yang Wajib Anda Ketahui
Jenis Kursi Kantor

Kursi merupakan salah satu barang yang penting ketika bekerja di suatu perusahaan atau kantor. Ada berbagai Jenis Kursi Kantor yang bisa Anda temukan di setiap perusahaan. Masing-masing kursi mempunyai peran yang berbeda-beda sesuai dengan tugas dan pekerjaan yang dijalani masing-masing pegawai.

Jenis-Jenis Kursi Kantor

Kursi Besar Dan Tinggi

Kursi kantor yang besar dan tinggi biasanya memiliki berat sekitar 250 lbs. Terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh, kursi ini biasanya diperuntukkan bagi orang yang memiliki beban ekstra.

Selain itu, kursi ini juga dipilih dengan tujuan agar dapat digunakan dalam jangka panjang, sehingga lebih awet dan tidak mudah rusak. Anda juga bisa memilih kursi yang berukuran besar dan tinggi, jika pekerjaan yang Anda lakukan membutuhkan ruang lebih dan tugas yang berat.

Kursi Komputer

Seperti namanya, kursi komputer didesain khusus untuk digunakan di depan komputer. Bahkan, kursi jenis ini biasanya dipadukan dengan meja komputer. Kursi komputer memiliki berbagai fitur yang dapat disesuaikan penggunanya untuk menyesuaikan kenyamanan. Pengguna kursi ini juga memiliki mobilitas yang baik, sehingga pengguna dapat bergerak dengan mudah dan nyaman di lingkungan kerja.

Kursi 24 Jam

Kursi jenis ini biasanya dipilih untuk pekerjaan-pekerjaan yang mengharuskan penggunanya bekerja terus-menerus. Misalnya saja pekerjaan call center. Bekerja sebagai call center mengharuskan seseorang untuk terus bekerja di kursi.

Bahan yang digunakan kursi ini cukup tebal dengan sandaran yang empuk. Hal ini untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman. Padahal, bahan pada kusen merupakan bahan yang awet dan tahan lama.

Kursi Ergonomis

Kursi ergonomis merupakan kursi yang memiliki penyesuaian dan fitur yang lengkap. Desain kursi ini diciptakan untuk membuat penggunanya merasa nyaman. Setiap pengguna dapat mengatur kursi ini sesuai dengan postur dan kenyamanan tempat duduknya masing-masing.

Penggunaan kursi ergonomis merupakan yang paling populer dari jenis kursi kantor yang ada. Berbagai fitur seperti kedalaman tempat duduk, ketinggian kursi, dan penyangga pinggang membuat setiap penggunanya merasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat bekerja.

Kursi Eksekutif

Sesuai dengan namanya, kursi ini mempunyai kesan mewah dan tinggi. Kursi ini bisa Anda temukan di ruangan direksi atau atasan di sebuah perusahaan. Model eksekutif biasanya memiliki punggung yang cukup tinggi dengan bantalan yang lebar. Oleh karena itu, harga kursi eksekutif juga jauh lebih mahal dibandingkan kursi kantor jenis lainnya.

Kursi Konferensi

Kursi konferensi atau kursi rapat adalah kursi yang dibuat untuk rapat dan diskusi. Bentuk kursinya condong ke depan, sehingga saat menghadiri rapat setiap penggunanya bisa terlihat. Berbeda dengan beberapa jenis kursi sebelumnya, kursi ini hanya memiliki sedikit penyesuaian atau bahkan tidak ada sama sekali. Pasalnya, penggunaan kursi ini tidak bersifat permanen dan hanya sebentar saja yaitu pada saat rapat atau konferensi.

Kursi Lipat

Kursi lipat biasa juga disebut dengan kursi acara. Pasalnya, kursi jenis ini biasanya hanya digunakan untuk acara-acara tertentu saja. Karena seperti namanya, kursi ini sangat mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. 

Desainnya yang ringan dan mudah dipindahkan membuat kursi ini menjadi pilihan kursi kantor karena mudah dipasang dan disimpan. Meski bisa dilipat dan ringan, kursi lipat juga nyaman karena memiliki bantalan pada sandaran dan dudukannya.

Kursi Dengan Sandaran Kaki

Kursi kantor dengan sandaran kaki jenis ini sepertinya menjadi salah satu yang terbaik dari segi kenyamanan. Bagi para pekerja yang lebih banyak bekerja di kantor, kursi ini akan membuat mereka bisa beristirahat dengan nyaman saat bekerja. 

Pasalnya, terlalu lama duduk di kursi juga akan membuat tubuh cepat lelah, sehingga pekerjaan menjadi tidak produktif. Selain itu, bantalan empuk dan fitur ergonomis pada kursi jenis ini tentunya akan lebih baik.

Kursi Tamu Stainless Steel

Jenis kursi kantor selanjutnya adalah kursi tamu berbahan stainless steel. Kursi ini bisa Anda temukan di berbagai ruang tunggu perusahaan. Berbeda dengan kursi kantor lainnya yang didesain untuk memaksimalkan kenyamanan saat bekerja, kursi ini tidak dibuat dengan fitur tersebut.

Terbuat dari bahan stainless steel, kursi ini cocok untuk penggunaan jangka pendek, seperti di ruang tunggu. Biasanya kursi ini berbentuk memanjang dengan banyak area tempat duduk yang saling terhubung.

Kursi Petite

Kursi petite biasanya dipadukan dengan meja tinggi atau meja berdiri. Terdapat fitur yang berguna untuk mengatur ketinggian kursi ini, sehingga pengguna dapat mengatur ketinggian yang tepat.

Mengapa Kursi Kantor Itu Penting?

Menjaga Mobilitas

Bekerja di kantor tentu akan membuat seorang karyawan harus fokus terhadap pekerjaan yang dilakukan. Penggunaan kursi kantor yang tepat akan membuat karyawan lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaannya. Pasalnya, tidak jarang keterbatasan mobilitas saat bekerja mengakibatkan pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Selain itu terlalu banyak berpindah tempat juga tidak efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.

Meningkatkan Produktivitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan kursi kantor yang tepat akan membuat pekerja semakin nyaman. Misalnya, memberikan kursi dengan sandaran tangan dan kepala kepada karyawan yang bekerja di depan komputer akan membantu meningkatkan rasa nyaman. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah akibat duduk terlalu lama padahal kursi yang digunakan kurang nyaman.

Demikian ulasan tentang Ini Dia Jenis Kursi Kantor Yang Wajib Anda Ketahui seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat.