Tidak Disangka! Inilah Manfaat Daging Burung Puyuh

Kamis, 30 Juni 2022 | 17:12 WIB
0
36
Tidak Disangka! Inilah Manfaat Daging Burung Puyuh
quail

Burung puyuh adalah hewan petelur yang terkenal menghasilkan telur puyuh yang memiliki banyak khasiat. Tapi, ternyata tidak hanya telurnya saja yang berkhasiat bagi kesehatan. Daging burung puyuh juga memiliki banyak manfaat yang baik.

Burung yang bertubuh kecil ini mempunyai sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, dengan olahan dagingnya yang lezat. Anda bisa mencoba mengonsumsi dagingnya setelah diolah menjadi makanan yang enak.

Baca Juga : 9 Jenis Burung Puyuh Yang Harus Anda Tahu

Manfaat Daging Burung Puyuh yang Dipenuhi dengan Nutrisi Terbaik
Sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam daging burung puyuh adalah protein dan juga kolin yang tinggi, dan sangat bagus untuk kesehatan otak. Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam daging tersebut adalah vitamin B6, vitamin D, rivoflavin, tiamin, dan sebagainya.

Berikut ini manfaat daging burung puyuh dengan kandungan nutrisinya yang lengkap:

1.    Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada daging puyuh memang tidak sebanyak vitamin A pada sayur wortel. Tapi Anda bisa menjadikan dagingnya sebagai alternatif pengganti sayur wortel yang bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.

Sama halnya dengan bagian kuning telur pada telur puyuh yang memiliki kandungan zeaksantin dan juga luthein, dan bisa menjaga kesehatan retina pada mata dengan baik. Nutrisi tersebut bisa melindungi mata dari cahaya biru yang masuk pada mata.

2.    Menjaga Kesehatan Tulang
Daging puyuh juga mengandung kalsium dengan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Kedua nutrisi tersebut juga bisa merawat kesehatan tulang dengan baik. Bahkan Anda bisa mencegah masalah tulang seperti misalnya osteoporosis, yang disebabkan oleh fosfor dan juga kalsium.

3.    Memperbaiki Jaringan Tubuh
Manfaat daging burung puyuh bagi kesehatan yang berikutnya adalah dapat memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Hal itu berasal oleh protein yang terdapat di dalam daging dan juga telur puyuh.

Kandungan protein tersebut bisa membantu meregenerasi sejumlah sel dan juga jaringan yang ada di dalam kulit, kuku, dan rambut yang juga bisa meningkatkan produksi enzim dan hormon yang ada di dalam tubuh.

4.    Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat lainnya dari daging puyuh adalah bisa menjaga kesehatan jantung, karena kandungan protein di dalamnya bisa menstabilkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Maka cobalah untuk dengan rutin mengkonsumsi daging dan juga telur puyuh untuk menjaga kesehatan jantung.

5.    Mengatasi Masalah yang Ada di Pencernaan
Sistem pencernaan juga merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang menjadi tempat dalam menyerap makanan. Makanan tersebut diikat oleh darah kemudian dibawa ke seluruh bagian tubuh.

Pada saat sistemnya terganggu maka hal itu bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, karena proses penyerapan pada makanannya pun akan terganggu. Dengan konsumsi daging puyuh maka sistem pencernaan akan menjadi lancar kembali.

6.    Menjaga Kesehatan Kulit
Khasiat berikutnya dari daging burung puyuh adalah menjaga kesehatan kulit. Terdapat kandungan vitamin E juga di dalam daging tersebut yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

Bahkan kandungan vitamin E tersebut juga bisa menjadi regenerasi kulit sehingga kulit akan terawat dengan baik.

7.    Meringankan Gejala Pernapasan
Masalah kesehatan lainnya yang bisa diatasi dengan konsumsi daging puyuh adalah gejala pernapasan. Daging puyuh juga bisa mengatasi masalah pernapasan seperti asma, disttrofi vascular vegetative, dan juga TBC.

Baca Juga : Mau Mulai Ternak Burung Puyuh Rumahan? Begini Caranya

Menghasilkan Daging Burung Puyuh Terbaik
Dari sejumlah manfaat pada daging burung puyuh di atas, bisa disimpulkan bahwa daging puyuh memang berkhasiat baik untuk kesehatan. Anda bisa mencoba ternak burung puyuh untuk menghasilkan telur dan daging puyuh secara mandiri. Untuk bisa memiliki peternakan yang baik, diperlukan bibit puyuh yang berkualitas. Bibit puyuh yang sehat dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, sehingga Anda terhindar dari kerugian.

PT Putra Perkasa Genetika merupakan pembibit unggas yang bersaing dalam skala internasional maupun nasional. PPG mengombinasikan teknologi modern dan keahlian pembibit berpengalaman. Segera kunjungi halaman produk PPG untuk medapat informasi produk peternakan selengkapnya!