Manfaat Habbatussauda Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dimasa Pandemi Covid-19

Kamis, 10 Februari 2022 | 12:35 WIB
0
128
Manfaat Habbatussauda Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dimasa Pandemi Covid-19
Dosen Spesialis Medikal Bedah

Solo – Habbatussauda atau yang dikenal dengan jintan hitam atau dengan istilah latin Nigella Sativa merupakan salah satu obat herbal sunah rasulullah SAW yang sudah banyak sekali dikenal dikalangan bagi kalangan bangsa Timur Tengah. Jintan hitam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman Jintan hitam ini sendiri merupakan tanaman yang berasal dari daerah Sub Timur tengah tetapi juga banyak ditemukan di benua Asia salah satunya dinegara Indonesia. Di negara Indonesia produk Habbatusauda ini bisa dijumpai disetiap toko – toko Herbal.

            Didalam dunia kesehatan tanaman jintan hitam banyak digunakan untuk kesehatan dalam mengobati berbagai penyakit. Sedangkan didalam dunia Perdapuran tanaman Jintan hitam ini digunakan untuk resep bumbu dapur. Tanaman Jintan hitam bisa meningkatkan cita rasa kelezatan suatu makanan serta menambah kelezatan makanan. Selain itu penambahan Jintan hitam ke dalam makanan akan menambah banyak nilai gizi suatu makanan.

            Jintan hitam sendiri memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain memiliki sembilan asam amino esensial, arginine, serat kasar, protein, besi, kalsium, magnesium, niasin, potasium, selenium, seng, minyak atsiri, interferon, Omega 3, Omega 6, Omega 9, sapion, saponin (antiracun), sterol (sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon), Nigellone, multivitamin, seperti vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu Habbatusauda juga memiliki kandungan beragam nutrisi, mulai dari protein, serat, zat besi, zinc, fosfor, kalsium, aneka vitamin, hingga berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol.

            Dari beberapa penelitian ilmiah yang sudah dilakukan ternyata Habbatussauda memiliki kandungan thymoquinone dan flavonoid yang sangat tinggi sehingga mampu memperkuat respon sistem imun tubuh dalam melawan serangan penyakit ataupun virus apapun termasuk virus Covid-19. Dimasa pandemi Covid-19 ini Habbatussauda bisa digunakan sebagai salah satu senjata untuk tameng dalam menghadapi serangan Virus Covid-19.

            Selain itu kandungan didalam Jintan Hitam yang mengandung Anti Oksidan yang tinggi mampu melawan kanker, meredakan peradangan, penyakit degeneratif serta mengoptimalkan sistem pertahanan tubuh. Selain itu manfaat Habbatusauda yang lain bagi kesehatan tubuh bisa menghilangkan pusing, melancarkan pencernaan, meredakan gejala asma, menjaga tekanan darah tinggi, mengatasi kolesterol jahat dan mengontrol kadar gula darah yang tinggi.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan meskipun Habbatusauda bisa meningkatkan sistem imun tubuh secara optimal dimasa pandemi Covid-19 tetapi juga harus didukung dengan konsumsi makanan Bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, mengurangi stres, refreshing liburan, mengutamakan supaya selalu senang bahagia dan selalu menjaga protokoler kesehatan dengan ketat supaya bisa terhindar dari Virus Covid-19 terutama varian Omicron yang belakangan ini sangat menular lebih cepat. *Red